Tips

Siapa Bilang Seorang Karyawan Biasa Tidak Bisa Merintis Usaha Sendiri? Terapkan Saja 6 Rahasia Ini!

Sekarang ini, profesi entrepreneur semakin banyak diminati oleh masyarakat luas. Bahkan, banyak orang yang kemudian lebih memilih berhenti atau resign dari posisinya sebagai karyawan di perusahaan demi untuk memulai usaha sendiri. Namun, apakah mungkin jika mereka bisa tetap bekerja sebagai karyawan sambil merintis bisnis sendiri? Jawabannya, tentu saja bisa. Salah satu pendiri aplikasi jejaring sosial Avelist bernama Jody Porowski, dia memulai bisnisnya  sendiri ketika masih bekerja di perusahaan SAS lho. Meskipun dia memulai bisnis sendiri sambil bekerja di perusahaan, dia tenyata bisa melakukannya dengan baik asalkan harus pintar-pintar mengatur waktu agar bisa mengerjakan keduanya dengan baik. Misalnya ia bekerja di perusahaan SAS pada pukul 08.30-17.00, selanjutnya dia menghabiskan waktu pada malam hari untuk mengelola bisnisnya tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin merintis usaha sendiri sembari menjadi karyawan di perusahaan. Sebaiknya simaklah 6 rahasianya berikut ini.

  1. Cintailah Pekerjaan Anda

Bekerja di perusahaan besar sambil merintis bisnis sendiri, ternyata menjadi kunci sukses untuk entrepreneur lho. Meskipun rasanya begitu melelahkan, namun saat Anda mencintai pekerjaan sendiri dan punya semangat tinggi untuk merintis bisnis tersebut maka keduanya sangat mungkin dikerjakan secara bersamaan. Jadi, agar keduanya dapat dilakukan dengan baik sebaiknya cintailah pekerjaan tersebut sembari pelan-pelan menjalankannya.

  1. Berpenghasilan Tetap Agar Tidak Mudah Stres Saat Melakukan Kedua Profesi

Saat masih punya jaminan gaji tetap, maka akan lebih menyenangkan untuk belajar dasar-dasar membangun perusahaan. Karena, membangun usaha sendiri tentu akan membutuhkan dana yang tidak sedikit apalagi Anda akan membutuhkan waktu sampai usaha sendiri benar-benar bisa menghasilkan keuntungan.

  1. Jujurlah Kepada Atasan Anda

Anda juga harus jujur dan berbicara terlebih dahulu dengan atasan, baik itu di bagian hukum maupun SDM. Pastikan, bahwa Anda memang diijinkan untuk mempunyai proyek sampingan sekaligus menjalankan tugas sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Biasanya, atasan akan mengijinkan karyawannya menjalankan bisnis sendiri selama bisnis sampingan yang Anda rintis bukan kompetitor bagi perusahaan. Nah, jika Anda ingin memulai bisnis sembari bekerja di perusahaan. Sebaiknya periksa kembali kontrak kerja Anda di perusahaan tempat Anda bekerja, jangan sampai terjadi suatu masalah dan hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

  1. Atur Ritme Kerja Anda

Tipe pekerja manakah Anda, produktif di malam hari atau siang hari? Ataukah menyukai tidur di waktu kerja dan mengerjakan bisnis sampingan di akhir pekan? Mengenai hal ini, tentu tergantung bagaimana Anda yang menjalaninya. Namun pastikan bahwa Anda tetap memikirkan gaya hidup sehat, jangan sampai Anda jadi stres karena kurang tidur. Tidak hanya mengganggu daya konsentrasi Anda, namun hal ini juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda jatuh sakit. Oleh karena itu, atur ritme kerja Anda dengan baik tanpa harus menguras seluruh tenaga Anda. Perhatikan juga pola makan yang teratur, istirahat yang cukup dan olahraga rutin.

  1. Jangan Lupakan Kehidupan Sosial dan Waktu Liburan Anda

Sebagai makhluk sosial, maka jangan pernah lupakan kehidupan sosial Anda termasuk berkumpul dengan keluarga. Meskipun Anda tidak begitu mempunyai banyak waktu untuk selalu bersosialisasi dengan lingkungan, namun sebaiknya sisakan waktu luang Anda untuk bertemu dengan keluarga dan teman-teman dekat. Selain itu, Anda juga perlu berlibur seperti pergi ke pantai terdekat untuk merefreshkan pikiran. Bukankah bekerja terus menerus tidak baik untuk perkembangan otak Anda?

  1. Terus Belajar

Apa yang Anda kerjakan saat menjadi karyawan bisa menjadi bekal untuk menjalankan bisnis Anda di kemudian hari. Sebelum Anda melakukan resign dari perusahaan, sebaiknya pelajari bagaimana caranya menjadi bos atau manager yang baik dan bisa menciptakan sistem kerja yang tepat. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan waktu Anda untuk bertanya ketika bertemu dengan orang-orang pintar dan professional di bidang ini.

Itulah dia 6 rahasia bekerja menjadi karyawan sambil merintis bisnis sendiri yang bisa diterapkan ke dalam kiat-kiat untuk sukses menjalankan kedua profesi secara bersamaan. Jika Anda berhasil menjalankan kedua profesi tersebut secara bersamaan, maka Anda harus siap menjawab tantangan yang lebih besar dalam membangun bisnis sendiri. Semoga Anda berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top