Tips

Simak 5 Strategi Jitu Ini, Jika Ingin Bisnis Jualan Hewan Kurban Anda Untung dan Laris Manis

Hari raya idul adha sebentar lagi, salah satu perayaan idul adha atau hari raya kurban bagi umat muslim adalah penyembelihan hewan kurban. Biasanya hewan yang dikurbankan pada hari raya idul adha yaitu sapi, kerbau dan kambing. Jika Anda seorang peternak hewan kurban, tentu saja tidak ingin ketinggalan moment yang sangat ditunggu-tunggu ini bukan. Selain moment penting, Anda sebagai peternak hewan kurban juga bisa meraup keuntungan yang cukup besar. Karena, bukan hanya permintaan pasar yang melonjak, tapi harga jual hewan kurban akan ikut naik juga. Meskipun terbilang bisnis musiman, namun bukan berarti Anda tidak bisa melanjutkan bisnis jual beli hewan kurban di luar idul adha. Karena bisnis ini juga dapat Anda jalankan pada waktu-waktu lain seperti acara aqiqah anak, pernikahan dan acara besar lainnya. Bagi Anda yang berminat menjalankan bisnis hewan kurban, simak 5 strategi jitu berikut ini agar bisnis jualan hewan kurban Anda untung dan laris manis.

  1. Memahami Seluk Beluk Hewan Kurban

Strategi pertama yang harus diperhatikan, sebelum Anda memulai bisnis hewan kurban adalah memahami produk atau seluk beluk hewan kurban. Selain itu, pastikan Anda memahami secara detail mengenai ketentuan dan aturan yang berlaku terkait jual beli hewan kurban. Contohnya dari sisi kesehatan hewan, pastikanlah bahwa hewan kurban yang Anda beli tersebut adalah hewan yang sehat secara fisik dan juga memenuhi syarat sebagai hewan kurban. Dengan cara seperti ini, maka akan memudahkan Anda dalam berjualan dan meminimalisir adanya hewan kurban yang tidak layak untuk dikurbankan.

  1. Menentukan Modal dan Jenis Hewan

Setelah Anda memahami dan memilih hewan kurban yang baik, strategi selanjutnya adalah menentukan modal dan jenis hewan kurban. Hal ini dikarenakan, jenis hewan yang akan Anda beli tentu berkaitan erat dengan jumlah modal usaha yang Anda siapkan. Selain menentukan modal, lakukan juga riset sederhana di lokasi Anda berjualan seperti lokasi yang strategis atau jenis hewan tersebut sedang banyak diminati atau tidak. Dengan demikian, usaha Anda dapat berjalan secara lancar dan laris manis.

  1. Mempersiapkan Modal, Tempat, Pakan dan Perawatan

Berikutnya, persiapkan modal. Modal tersebut nantinya akan digunakan untuk pembelian hewan, tempat penampungan hewan, pakan serta perawatan hewan kurban. Oleh karena itu, lakukan perhitungan modal dengan sebaik mungkin agar Anda tidak salah mengelola keuangan dalam berbisnis. Selain itu, pastikan juga memiliki tenaga dan persediaan pakan yang tepat bagi hewan kurban. Rawatlah hewan kurban Anda dengan baik dan pastikan hewan yang Anda beli tersebut dalam keadaan sehat serta mendapatkan pakan yang layak. Sehingga, hewan-hewan tersebut sehat dan siap untuk disembelih saat kurban nanti.

  1. Melakukan Teknik Berjualan Secara Langsung

Salah satu hal yang paling menentukan keberhasilan dalam berbisnis adalah teknik berjualan. Bagi pemula, hal ini memang terasa sedikit sulit. Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan beberapa pendekatan efektif yang bisa dilakukan untuk menjual hewan-hewan kurban Anda secara langsung. Contohnya berjualan secara langsung kepada saudara, teman, keluarga, tetangga dan pihak-pihak lainnya yang berpotensi untuk membeli hewan kurban Anda.

  1. Memaksimalkan Promosi Online

Strategi jitu yang terakhir, agar bisnis jualan hewan kurban Anda laris manis adalah promosi. Dengan promosi yang tepat, maka ini akan sangat membantu Anda untuk sukses berjualan dalam berbisnis hewan kurban. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk memulai sebuah promosi sebagai langkah awal dalam penjualan yang bisa mendukung Anda memaksimalkan sejumlah keuntungan. Caranya, Anda dapat melakukan penjualan atau promosi melalui online maupun offline. Jika secara online, Anda dapat mempromosikannya melalui media sosial seperti facebook, instagram dan media sosial lainnya. Namun jika promosi secara offline, Anda dapat membuat dan membagi selebaran yang dibagikan atau ditempelkan pada tempat-tempat yang layak seperti papan pengumuman di masjid, papan pengumuman di pos ronda serta tempat lainnya yang berpotensi untuk mendukung penjualan hewan kurban Anda.

Demikian 5 strategi jitu agar bisnis jualan hewan kurban Anda untung dan laris manis. Supaya Anda dapat memaksimalkan keuntungan dengan baik, maka sebaiknya pahami seluk beluk bisnis ini dengan baik juga. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: