StartUp dan UKM

Solusi untuk Anda yang Ingin Berbisnis dengan Modal Minim, Inilah 6 Daftar UKM yang Sangat Menjanjikan

Belakangan ini, bisnis menjadi sesuatu yang sangat digemari masyarakat. Namun, untuk menjalankannya seringkali terbentur dengan modal yang tidak sedikit. Ada solusi untuk Anda yang ingin membuka bisnis, khususnya Anda yang tidak memiliki banyak modal. Salah satu bisnis yang bisa dijalankan tanpa memiliki banyak modal adalah bisnis UKM atau Usaha Kecil Menengah. Lalu, apa saja UKM menjanjikan yang bisa Anda jalankan? Berikut 6 daftar usaha kecil menengah yang sangat menjanjikan, solusi untuk Anda yang ingin berbisnis dengan modal minim.

  1. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bidang Kuliner

Daftar usaha kecil menengah yang pertama adalah UKM di bidang kuliner. Bisnis dibidang kuliner yang berkaitan dengan makanan memang selalu di cari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Oleh karena itu bisnis UKM di bidang kuliner tidak akan pernah mati jika Anda mampu menjalankannya dengan baik. Bisnis UKM di bidang kuliner memiliki banyak macam diantaranya makanan, minuman, hingga cemilan. Dari semua kategori UKM di bidang kuliner tersebut sama-sama memiliki prospek yang baik untuk Anda jalankan sebagai usaha skala kecil ataupun usaha skala besar.

  1. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bidang Fashion

Selain UKM di bidang kuliner, usaha di bidang fashion juga memiliki peluang yang besar untuk sukses. Hal ini dikarenakan pakaian merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu dicari. Apalagi saat ini pakaian terus mengalami perkembangan mode. Hal ini berimbas pada dunia fashion yang akan selalu berkembang. Bisnis fashion sendiri memiliki banyak jenis, sebut saja kategori pakaian muslim, pakaian pria atau wanita, fashion pakaian model korea dan masih banyak lagi jenisnya.

  1. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bidang Pendidikan

Jika Anda memiliki bakat dan minat dalam bidang pendidikan, maka Anda bisa membuka bisnis UKM di bidang pendidikan. Apalagi pendidikan semakin tahun semakin menuntut keseriusan serta menjadi kebutuhan guna menyongsong masa depan yang lebih cerah. Dari sini, banyak masyarakat yang berminat untuk bisa mendapatkan pendidikan yang baik. Namun untuk skala kecil, bisa jadi Anda akan kesulitan untuk membuka sekolah ataupun universitas yang tentunya membutuhkan dana yang besar. Tapi jangan kuatir, ada solusi lain yang bisa Anda jalankan yaitu membuka tempat bimbingan belajar atau kursus dan lembaga pendidikan non formal lainnya. Dengan membuka lembaga-lembaga non formal, maka Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan dana yang besar untuk memulai bisnis.

  1. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bidang Agrobisnis

Indonesia memang memiliki tanah yang subur. Hal ini tentu merupakan modal yang bagus untuk Anda kembangkan dengan membuka UKM di bidang agrobisnis. Agrobisnis sendiri merupakan usaha di bidang peternakan, perkebunan dan pertanian. Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, maka Anda bisa memanfaatknya sebagai lahan bisnis. Selanjutnya, Anda tinggal membeli bibit tanaman dan hewan yang kualitasnya bagus. Dari sini Anda bisa mulai menanam dan memeliharanya dengan baik hingga akhirnya dapat menghasilkan keuntungan saat panen. Beberapa hasil dari UKM agrobisnis adalah sayur-sayuran, padi, buah-buahan, hingga peternakan seperti telur, susu, daging dan lain-lain. UKM di bidang agrobisnis ini sangat menguntungkan mengingat masyarakat yang banyak membutuhkan untuk kebutuhan pangannya setiap hari.

  1. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bidang Otomotif

Jika Anda mempunyai hobi di dunia otomotif, kenapa tidak membuka bisnis UKM di bidang otomotif saja? Dari kegemaran yang Anda miliki, maka Anda bisa membuat bisnis otomotif ini menjadi sukses dan berhasil. Apalagi pertumbuhan dan perkembangan bidang otomotif di Indonesia semakin tahun semakin meningkat. Untuk itu Anda bisa memulainya dari skala kecil dahulu. Setelah bisnis Anda berjalan dengan baik dan maju barulah membuka usaha dengan skala yang lebih besar.

  1. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bidang Teknologi Internet

Terakhir, usaha kecil menengah (UKM) yang sangat menjanjikan adalah UKM di bidang teknologi internet. Zaman sudah semakin canggih, maka UKM bisa menyasar bisnis digital berbasis teknologi internet dengan menggunakan istilah start-up. Selain itu dengan kebutuhan akan informasi, hiburan dan layanan yang semakin besar dari publik menjadikan bisnis startup semakin menguntungkan. Untuk menjalankan bisnis di bidang teknologi internet, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Namun, Anda hanya cukup menyediakan sebuah situs atau aplikasi dengan memanfaatkan server yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: