Lainnya

Sosial Media Itu Diperlukan Untuk Siapa Saja, Karyawan Juga?

Sosial Media Itu Diperlukan Untuk Siapa Saja, Karyawan Juga? – Perkembangan teknologi yang semakin pesat nyatanya membawa pergeseran gaya hidup dan berdampak besar di berbagai bidang.  Sosial media selain menjadi media berbagi berita dan status seseorang juga mampu dijadikan alat penggerak dimasyarakat. Tak heran bila pamornya tak meredup hingga bertahun – tahun sebut saja seperti facebook dan twitter yang lebih dulu ada dibanding media sosial lainnya.

Media sosial ini juga dimiliki oleh berbagai kalangan masyarakat dengan latar belakang yang berbeda – beda mulai dari masyarakat biasa hingga selebritis dan tokoh penting seperti presiden. Bagi anda yang bekerja di perusahaan tentunya juga memiliki media sosial dong namun apakah memiliki media sosial bagi karyawan ini baik? Pasalnya informasi rahasia dari perusahaan bisa saja tersebar melalui jejaring sosial karyawan, bukan?

Selain alasan negative di atas ternyata karyawan juga perlu memiliki sosial media karena faktor – faktor berikut ini :

Media pemasaran yang ampuh

Tak bisa dipungkiri bila media sosial memiliki peranan penting dalam hal pemasaran produk. selain dinilai lebih murah promosi melalui sosial media juga dinilai lebih cepat ketimbang surat kabar maupun radio. Terlebih berpromosi lewat media sosial tidak dibatasi akan waktu layaknya iklan di televisi maupun radio.

Bayangkan saja bila satu karyawan anda memiliki 1000 teman di facebook dan mengshare produk anda di jejaring sosialnya tersebut maka akan ada 1000 orang yang memperhatikan. Belum lagi jika ditambah karyawan lain yang memiliki ratusan follower di instagram mereka tentu saja dampaknya aka besar untuk peningkatan penjualan produk.

Media komunikasi paling praktis

Memiliki sosial media ternyata sangat bermanfaat untuk menyebarkan informasi atau berita yang penting yang ada di perusahaan. Anda bisa membuat grub karyawan di sosial media anda sehingga ketika ada informasi yang perlu disebarluaskan ke karyawan anda tidak akan kerepotan. Adanya sosial media juga mampu mendekatkan anda dengan konsumen secara tidak langsung.

Media relaksasinya karyawan

Karyawan anda bukanlah robot yang tidak memiliki rasa letih dan perasaan mereka juga manusia biasa yang butuh relaksasi. Adanya sosial media mampu membantu mereka untuk sejenak santai dan bergaul dengan teman – teman yang sulit ditemui karena urusan pekerjaan. Dari sosial media karyawan anda juga bisa mengamati karakter mereka.

Personal branding

Sosial media juga merupakan personal branding bagi perusahaan. Dalam sosial media tak jarang ada karyawan yang mencantumkan perusahaan dimana ia bekerja. Disinilah  reputasi perusahaan anda dapat ditingkatkan. Jika karyawan anda merasa puas akan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan dimana ia bernaung tak jarang karyawan tersebut akan mengshare di akun sosial media mereka.

Tentu saja ada batasan – batasan tertentu agar peran media sosial ini tak lantas menjadi jalan karyawan untuk merugikan perusahaan. Misalnya saja dilarang untuk memposting bukti transaksi atau segala informasi yang bersifatnya rahasia di sosial media.  Dilarang untuk menyebarkan berita – berita bohong yang merugikan perusahaan baik secara materiil maupun non materiil.

Sosial media bisa saja menjadi salah satu alat untuk menjaring komunikasi dan membangun kerja sama dengan para professional bila digunakan dengan baik. Sosial media seperti Linkedln misalnya sangat bermanfaat untuk mengenal para professional dibidangnya yang mungkin saja bisa anda ajak kerja sama untuk kepentingan perusahaan. Terlebih bagi perusahaan start up yang mengutamakan jasa peran sosial media tentu memiliki porsi besar dalam penjualan jasa mereka.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: