Tips

Ssst….! Ini Dia Cara Merebut Hati Klien Anda

Ssst….! Ini Dia Cara Merebut Hati Klien Anda – Dunia bisnis merupakan bidang yang mampu menempa anda menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam bisnis anda dituntut untuk bertemu dengan banyak orang yang memiliki karakter berbeda satu dengan lainnya.  Jika biasanya anda dilayani kini anda akan tahu bagaimana sulitnya melayani pelanggan atau klien anda.

Bersikap ramah saja tentu dirasa kurang terlebih jika klien anda seorang yang bawel. Pelanggan ialah tambang penghasilan anda maka tak heran jika komunikasi memiliki peran yang cukup besar dalam bisnis. Kini anda tak perlu cemas sebab ada kok trik untuk merebut hati pelanggan baik dengan komunikasi langsung maupun tidak langsung.

Terapkan kata – kata ajaib

Menggunakan kata – kata persuasive mampu menarik calong pelanggan melirik barang dagangan anda. Beberapa kata ajaib itu ialah asli, esklusif, bonus, promo, garansi dan lain sebagainya.  Bila anda memasangnya jangan lupa gunakan warna yang menonjol seperti warna merah.

Slow respon kadang dibutuhkan

Slow respon tentu dihindari agar konsumen merasa dilayani namun pada saat tertentu slow respon justru dibutuhkan. Pada saat klien atau pembeli anda sedang memberikan keluhan terlebih tersulut emosi jangan merespon terlalu cepat. Beri mereka waku yang cukup untuk berbicara dan meluapkan emosinya.

Dengarkan dan ucapkan maaf

Sebuah penelitian dari university of Missouri menyebutkan bahwa manusia menghabiskan 70-80 % hidupnya untuk berkomunikasi dan 45% dari prosentase tersebut diketahui digunakan untuk mendengarkan.  Mendengar juga merupakan salah satu strategi untuk merebut hati klien anda.

Mendengarkan merupakan jalan untuk memahami kemauan klien anda dan cara untuk menemukan solusi yang tepat.  Jangan lupa untuk berempati dengan mengucapkan kata maaf sebagai salah satu tanda penyesalan anda atas ketidaknyamanan yang diterima konsumen.

Negosiasi

Dalam merebut hati pelanggan tentu akan mengalami kondisi dimana anda akan terlibat negoisasi. Negoisasi amatlah penting sebab mampu mempengaruhi kesepakatan yang hendak diraih. Dalam negoisasi dibutuhkan strategi untuk menghadapi permintaan yang terduga dari klien.

Tak jarang klien akan melakukan perbandingan dan menyatakannya secara langsung terkait produk anda dengan competitor. Disinilah pengetahuan akan produk anda mulai diuji. anda perlu menekankan kelebihan produk anda dan perbedaanya dengan produsen lain.

Manajemen dan respon bijaksana

Dalam mencapai kesepakatan terkadang membutuhkan waktu berhari – hari.  Disela waktu ini anda bisa menggunakan untuk merencanakan tindakan selanjutnya dan penanggulangan atas resiko ditolaknya kesepakatan.gunakan waktu ini untuk mengenal calon klien anda agar ketika kesepakatan diraih tidak ada kecanggungan.

Tak jarang pula calon klien akan mengajukan pertanyaan kembali untuk memperkua keputusan mereka. responlah dengan bijaksana dan jika kesepakatan tak diraih tetaplah menjaga hubungan dengan baik sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk tender dilain waktu.

Presentasi dan aksesbilitas

Presentasi kerap dilakukan untuk memberikan informasi yang jelas kepada konsumen. Presentasi yang dikemas dengan packaging menarik tentu akan diminati banyak orang. Bagaimana membuat packaging yang menariklah yang selalu menjadi pertanyaan.

Presentasi yang baik tak harus memerlukan banyak tulisan terkadang perkataan saja bisa diterima dengan baik. Disertai catalogue yang berisikan gambar beserta informasi produk anda tentu akan membuat konsumen anda mudah mengenali produk yang ditawarkan. Selain presentasi tentu aksesbilitas juga menjadi poin penting.

Aksesbilitas ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menemukan dan menggunakan produk anda. Percuma juga bila produknya berkualitas namun tidak bisa digunakan dengan mudah oleh konsumen. Pastinya konsumen anda akan mudah beralih ke produk lain.

 

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: