StartUp dan UKM

Startup Anda Ingin Dapat Kucuran Dana dari Investor? Lakukan 5 Langkah Ini

investor-startup

Pendanaan memang akan sangat membantu sebuah bisnis, termasuk startup jadi lebih berkembang. Seperti kita ketahui bersama startup yang merupakan bisnis rintisan akan sangat membutuhkan dana segar untuk membuatnya tumbuh lebih besar. Untungnya dengan besarnya peluang industri bisnis startup saat ini membuat muncul beberapa investor yang berani menanamkan dananya ke startup. Tapi meski demikian untuk bisa menarik investor untuk mau menanamkan dananya tidak semudah dibayangkan. Ini dikarenakan investor pastinya akan melakukan seleksi pada startup yang mumpuni dan memiliki masa depan cerah untuk dimodali. Nah dari sini maka Anda yang sedang mengembangkan startup dan ingin mendapatkan pendanaan dari investor harus membuat startup Anda memiliki nilai jual lebih. Nah untuk membantu Anda mendapatkan investor, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  1. Hadirkan Sebuah Model Bisnis yang Memikat

Pertama, langkah yang harus Anda lakukan untuk menarik investor agar menanamkan modalnya adalah dengan menghadirkan model bisnis yang memikat. Jangan hanya menyodorkan ide bisnis yang tidak terkosep menyeluruh, tapi berikan model bisnis yang bersifat komprehensif. Model bisnis memang lebih membuat pemilik modal (investor) lebih tertarik dari pada ide bisnis. Ini karena dari model bisnis investor bisa melihat harapan dan masa depan startup. Investor memang tidak mau main-main dengan pendanaan yang diberikannya. Jadi para investor ini akan lebih tertarik dan memilih startup yang memilih model bisnis yang jelas dan memberikan prospek menguntungkan di masa depan.

  1. Rumuskan Visi-Misi dan Strategi Bisnis Sebaik Mungkin

Berikutnya, langkah yang harus Anda lakukan agar mampu menarik investor startup adalah dengan merumuskan visi-misi serta strategi bisnis sebaik mungkin. Bisnis startup yang Anda rintis memang seharusnya memiliki visi dan misi jelas. Dari visi dan misi yang jelas ini maka arah bisnis startup akan bisa terlihat dengan jelas. Selain menetapkan visi dan misi bisnis yang jelas, Anda juga harus punya rencana startegi bisnis yang juga terarah. Nah visi-misi dan strategi bisnis ini kemudian harus Anda tersampaikan ke investor. Dari penjelasan dan penyampaian Anda terkait visi-misi dan strategi bisnis startup yang jelas dan terperinci tersebut maka Anda akan berpeluang besar menarik investor.

  1. Tunjukkan Cash Flow Perusahaan yang Stabil

Jangan berharap pada pendanaan dari investor bila kas atau cash flow perusahaan Anda masih belum stabil. Meski model bisnis dan visi-misi serta strategi bisnis Anda sudah mumpuni, tapi bila finansial bisnis startup masih berantakan maka akan susah bagi Anda untuk mendapatkan pendanaan. Para investor memang hanya mau mendanai startup yang sudah stabil, bukan yang merangkak. Sebab bila startup masih dalam tahap awal dengan kas yang belum stabil dapat membuat investor ragu karena masih harus menggerakan roda usaha. Tapi bila cash flow perusahaan sudah baik maka investor akan yakin untuk memberikan dananya pada Anda.

  1. Ketahui Kebutuhan dan Keinginan Anda

Jika Anda sudah menghadirkan model bisnis, visi-misi, strategi dan cash flow yang baik serta riset maka saatnya Anda mengutarakan kebutuhan dan keinginan Anda. Ketika sudah ada investor yang tertarik dengan startup Anda maka cobalah untuk mengutarakan kebutuhan Anda untuk mengembangkan startup. Jelaskan secara serici dan sedetail mungkin apa hal dari bisnis startup Anda yang membutuhkan dana. Apakah pada bagian marketing, SDM atau software dan hardware yang memang sedang membutuhkan dana dari investor. Dari penjelasan perincian kebutuhan dana tersebut maka investor akan punya gambaran yang jelas untuk yakin mencairkan pendanaan pada startup Anda.

  1. Jaga Hubungan Baik dengan Investor

Terakhir, langkah yang bisa Anda lakukan untuk selalu mendapatkan pendanaan dari investor adalah dengan manjaga hubungan baik. Investor yang juga manusia memang memiliki beragam sifat dan karakter seperti pada umumnya manusia. Nah dari sini Anda sebagai orang ingin terus mendapatkan pendanaan harus dapat mengetahui karakter apa yang ada pada investor yang sedang Anda incar. Setelah mengetahui karakternya selanjutnya Anda juga harus mendekatinya dengan baik. Jangan lupa juga jalin selalu hubungan yang baik dengan investor agar mereka benar-benar yakin untuk terus mendanai startup Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top