Lainnya

Staycation, Strategi Bisnis Baru Bagi Para Pemilik Bisnis Hotel, Seperti Apa Itu?

Berlibur (vacation) memang akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun seiring perkembangan muncul staycation yang merupakan kegiatan berlibur di dalam ruangan. Jadi dengan menjalankan staycation ini, seseorang tidak lagi perlu berlibur ke luar. Meski terasa sedikit agak aneh, tapi toh kenyataannya staycation mulai menjadi tren yang digemari. Bahkan begitu unik dan menariknya konsep ini, beberapa hotel menerapkannya sebagai strategi bisnis. Tentu bukan hal yang sembarangan bila kemudian pihak hotel menggunakan staycation ini sebagai strategi usaha. Lalu seperti apa strategi bisnis staycation yang dijalankan oleh bisnis hotel? Yuk ikuti ulasannya dalam penjelasan di bawah ini.

Hadirkan Suasana yang Menarik

Karena strategi staycation ini berwujud liburan dalam ruangan maka untuk menerapkannya maka para pemilik hotel tentu harus bisa membuat pengunjungnya betah berada di hotel. Untuk bisa membuat betah pengunjung maka pengelola hotel harus bisa menghadirkan suasana yang nyaman dan menarik di hotel agar setiap yang datang merasa betah. Ukuran penilaian dari sukses tidaknya staycation dalam bisnis hotel ini adakah seberapa lama betah pengunjung berada di hotel. Salah satu usaha yang bisa dilakukan pengelola hotel untuk mensukseskan strategi staycation adalah dengan menghadirkan suasana menarik atau juga berkonsep. Seperti contoh misalnya memberikan nuansa heritage tempoe doeloe atau juga nuansa masa depan yang futuristik.

Hadirkan Spot Foto yang Menarik

Strategi staycation ini juga bisa Anda terapkan dengan cara membuat spot-spot foto menarik di hotel. Tren fotografi dan selfie yang semakin digemari publik memang membuat Anda harus tanggap dengan hal ini. Bila tempat-tempat wisata menghadirkan spot foto selfie, tentu Anda yang sedang menerapkan staycation ini juga perlu menghadirkan spot foto yang menarik dibeberapa sudut hotel. Dengan adanya spot foto menarik ini maka pengunjung hotel akan merasa senang dan akan lebih betah tinggal di hotel.

Hadirkan Games atau Permainan

Agar semakin betah berada di hotel, Anda bisa menghadirkan games (permainan). Games atau permainan ini memang tidak ada salahnya dilakukan di hotel selama tidak mengganggu kenyamanan pengguna lain. Beberapa games yang bisa Anda hadirkan dalam rangka penerapan strategi staycation adalah games memecahkan misteri, games posting foto terbaik dan lain sebagainya.

Hadirkan Kesan Ekslusif

Menginap di hotel saat ini juga sangat menjadi kebanggaan beberapa orang. Saat mereka menginap di hotel maka seringkali publik mendokumentasikan dan mempostingnya ke halaman media sosial. Dengan kesan glamor, mereka yang menginap di hotel akan sangat bangga dan senang untuk mendokumentasikan dan membaginya ke jejaring sosial. Nah dari kebiasaan ini maka Anda sebagai pemilik hotel harus bisa menampungnya sebagai usaha mensukseskan strategi staycation. Caranya, Anda bisa menghadirkan kesan yang ekskusif pada hotel Anda. Pastikan juga kesan ekslusif ini tampil di setiap ruangan atau kamar.

Hadirkan Kesan Bersahabat

Keramahan adalah hal yang sangat didamba oleh setiap pegunjung hotel. Ketika para pengunjung hotel ini merasakan keramahan dari setiap karyawan hotel maka meraka akan merasa nyaman dan betah. Maka dari itu Anda sebagai pemilik hotel yang ingin strategi staycation sukses maka Anda harus membuat setiap karyawan bisa menghadirkan kesan bersahabat dan ramah pada setiap pengunjung hotel yang datang.

Pelayanan Prima

Selajutnya, hal yang akan mampu membuat strategi staycation ini sukses adalah pelayanan yang prima dari pihak hotel. Dalam setiap layanan atau service yang Anda terapkan cobalah untuk menciptakan hal yang dapat memuaskan para pengunjung. Pelayanan yang prima dan berkualitas menjadi salah satu cara bagaimana Anda akan bisa membuat pengunjung betah dan strategi staycation ini berjalan dengan sukses.

Hadirkan Kenyamanan

Salah satu point penting supaya strategi staycation ini berhasil adalah bagaimana hotel bisa membuat pengunjungnya merasa nyaman. Kenyamanan memang menjadi faktor utama dan krusial bagaimana orang-orang yang datang merasa nyaman dan betah. Bila pun semua unsur sebelumnya Anda penuhi, namun jika kenyamanan hotel tidak terpenuhi maka hal ini akan sia-sia saja. Pasalnya ketika pengunjung merasa tidak nyaman maka akan sulit bagi mereka untuk bisa bertahan atau tinggal lebih lama di hotel. Ketika mereka tidak betah tinggal di hotel maka hal ini membuat strategi staycation yang dijalankan gagal total.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top