Lainnya

Strategi Agar Tak Tertipu Saat Beli Mobil Lelang, Yuk Terapkan!

strategi-ikuti-lelang-mobil

Membeli mobil secara lelang memang bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan kendaraan impian dengan harga yang lebih murah. Dengan kepentingan untuk segera dijual dari pihak penyelenggara lelang maka seringkali seseorang bisa mendapatkan mobil dengan harga di bawah pasaran. Dari konsep lelang dengan tawar-menawar di bawah harga pasar, maka tak jarang banyak orang yang datang mengikuti lelang. Namun meski terlihat menguntungkan, tapi bila Anda tak cermat, membeli mobil secara lelang bisa membuat buntung. Pasalnya, dalam lelang bisa saja seseorang tertipu pada produk yang dibelinya. Nah berikut ini ada beberapa strategi yang bisa Anda jalankan untuk menghindari penipuan ketika membeli mobil dari pelelangan.

  1. Ikutlah di Waktu yang Tepat

Strategi pertama untuk menghindari penipuan saat membeli mobil dari lelang adalah dengan mengikuti lelang di waktu yang tepat. Untuk mendapatkan mobil terbaik maka cobalah untuk mengikuti lelang pada dua sampai tiga bulan setelah Hari Raya Idul Fitri. Mengapa? Pasalnya pada waktu itu akan banyak mobil yang dilelang. Seperti kita tahu Hari Raya Idul Fitri memang permintaan mobil dari publik meningkat untuk keperluan pulang kampung. Namun sayangnya karena nasabah yang mulai tersendat dalam melakukan pembayaran angsuran, maka mobil pun harus diambil lagi oleh dealer untuk dilelang. Waktu lain ketika mobil terbaik banyak dilelang adalah saat banyak pejabat yang tertangkap KPK karena kasus korupsi.

  1. Perhatikan Tempat Pelelangan

Untuk mendapatkan mobil terbaik dan menghindari penipuan, pastikan Anda juga mengikuti lelang di tempat yang seharusnya yakni balai lelang. Meski balai lelang ini bisa kita temui di beberapa kota, namun supaya Anda mendapatkan banyak kesempatan dan pilihan mobil impian maka disarankan Anda menuju ke balali lelang di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. Nah di kota-kota besar inilah kita bisa berpeluang mendapatkan mobil impian karena di sanalah pusat kantor cabang besar produsen mobil berada. Peluang lebih besar lagi Anda bisa dapatkan di kota Jakarta karena di sana KPK sering kali melelang mobil dari para pelaku tindak korupsi.

  1. Jeli Saat Memilih

Berikutnya, strategi agar tidak tertipu saat membeli mobil lelang adalah dengan jeli dan cermat saat memilihnya. Meski lelang dilakukan oleh pihak-pihak yang kredibel, tapi sebagai pembeli Anda layak untuk memilih. Proses memilih dengan melihat mobil yang akan dilelang sendiri bisanya dilakukan pada 3-5 hari sebelum hari-H pelelangan. Nah saat hari melihat mobil lelang inilah Anda harus jeli dan cermat saat memilih mobil. Jika memang mobil yang Anda lihat kualitasnya buruk, maka tidak mengikuti lelang adalah pilihan terbaik. Namun bila dalam satu lelang ada beberapa mobil lain yang Anda nilai baik, maka ikuti saja saat mobil yang Anda dambakan itu mulai dilelang.

  1. Cari dan Bandingkan Harga mobil di Pasaran

Untuk mengetahui bahwa harga mobil lelang itu akan menguntungkan Anda atau tidak maka Anda harus bisa membandingkannya dengan harga pasar. Jadi sebelum mengikuti lelang, terlebih dahulu lakukan riset atau survey pasar. Cari tahu harga mobil di pasaran untuk kemudian bisa Anda jadikan data pembanding ketika akan melakukan pembelian lelang. Dari adanya data pembanding harga inilah maka Anda akan bisa mendapatkan harga terbaik yang menguntungkan saat membeli mobil dari pelelangan.

  1. Wait and See (Perhatikan Penawar Lainnya) dan Jangan Terbawa Nafsu

Dalam sebuah pelelangan, akan ada proses tawar-menawar harga dari calon pembeli. Dan nantinya proses tawaran tertinggilah yang akan diambil oleh pihak pelelang. Nah dalam waktu yang dihitung mundur dalam pelelangan ini maka akan muncul beberapa tawaran harga dari para peserta lelang. Nah dari sini maka Anda sebagai peserta lelang yang ingin mendapatkan produk tersebut harus tetap sabar dan jangan terbawa nafsu untuk terus menaikkan harga. Tunggu dan lihat terlebih dahulu proses penawaran dari para peserta. Jika sudah saatnya angka yang Anda tunggu tiba maka cobalah melakukan penawaran. Tawar hingga standar atau batas angka tertinggi dari Anda. Dalam lelang memang tak jarang ada oknum-oknum tertentu yang dimasukkan dalam acara lelang untuk menghancurkan harga. Dari sini jika Anda merasa ada oknum tersebut datang maka lebih baik untuk meningkatkan kewaspadaan dalam proses lelang tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top