Keuangan

Strategi Berhemat yang Bisa Dilakukan Keluarga dengan Pendapatan Minim

Kehidupan di dalam keluarga memang tak ada yang sama dan serupa. Hal ini bisa terjadi karena faktor pekerjaan dan penghasilan yang kerap kali menjadi sebuah pembeda antara satu keluarga dengan keluarga lainnya, khususnya dalam kebutuhan hidup. Meskipun demikian, setiap keluarga pastinya akan selalu berusaha untuk meningkatkan penghasilannya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup yang setiap tahunnya akan selalu meningkat.

Bagi keluarga yang memiliki penghasilan tinggi, mungkin akan lebih mudah dan leluasa untuk mendapatkan apapun yang diinginkan. Namun, bagaimana dengan keluarga yang penghasilannya kurang atau minim? Tentunya kebutuhan keluarga yang penghasilannya minim akan lebih terbatas dibandingkan keluarga yang penghasilannya tinggi. Oleh karena itu, sebesar apapun penghasilan tanpa adanya manajemen keuangan yang baik tentu hidup akan terus merasa kekurangan. Selain manajemen keuangan yang baik, Anda yang merupakan keluarga dengan penghasilan minim juga perlu trik dan strategi agar finansial serta kebutuhan keluarga Anda selalu tercukupi. Lalu, bagaimana cara berhemat untuk keluarga penghasilan minim? Berikut ulasannya.

  1. Buat Sebuah Rencana Keuangan agar Seimbang dengan Pengeluaran

Untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan, maka dalam hal ini membuat sebuah perencanaan keuangan adalah tips jitu untuk merencanakan keuangan keluarga Anda tetap stabil dengan pengeluaran dan kebutuhan. Buatlah rencana keuangan tersebut dengan realistis agar tetap bersikap objektif mengenai pengeluaran yang akan direncanakan. Dari sini maka keluarga Anda akan terhindar dari pengeluaran yang berlebihan alias boros.

  1. Dahulukan Kebutuhan yang Lebih Penting daripada Sebuah Keinginan

Keinginan manusia memang tidak akan ada habis-habisnya. Namun jika sebuah keinginan itu bisa ditunda karena tidak terlalu penting, maka prioritaskanlah kebutuhan yang dianggap lebih penting. Bagi keluarga Anda yang memiliki pendapatan minim, tentu harus menghindari hal tersebut yang berdasarkan keinginan. Mulailah untuk lebih memprioritaskan pada kebutuhan yang benar-benar harus dipenuhi saja. Dengan ini, maka keuangan dalam kehidupan keluarga Anda dapat berjalan dengan normal dan lancar.

  1. Hindari Hutang yang Dapat Merugikan

Meminjam uang atau menghutang memang terlihat mudah dan menyenangkan. Namun bagaimana jika Anda sedang berada di dalam krisis ekonomi, sehingga tidak bisa mengembalikan uang atau hutang tersebut ke pemiliknya? Maka dari itu, bila penghasilan keluarga Anda tergolong minim sebaiknya hindari menghutang. Karena dengan berhutang, Anda justru akan semakin terpuruk karena sulitnya ekonomi. Sedangkan bagi Anda yang berniat meminjam uang untuk keperluan usaha atau modal. Usahakan Anda mencermati lebih dalam tentang usaha yang akan Anda lakukan sebelum benar-benar meminjam uang untuk tujuan usaha tersebut. Hal ini karena bisnis atau usaha merupakan sesuatu yang belum pasti, jadi jangan sampai perhitungan Anda meleset hingga membuat Anda terlilit hutang yang akan memperparah keadaan ekonomi keluarga Anda. Daripada Anda harus meminjam uang atau menghutang, akan lebih baik Anda sendiri merintis usaha dari kecil hingga bertahap. Dengan demikian, keuangan Anda tidak akan terbebani oleh hutang.

  1. Hindari Sifat Konsumtif yang Berlebihan

Bagi Anda yang merupakan keluarga berpenghasilan pas-pasan, hindarilah sifat konsumtif yang berlebihan seperti nongkrong di kafe bersama teman-teman. Jangan pernah tergiur dengan sesuatu yang belum tentu Anda butuhkan apalagi tidak ada manfaat yang baik untuk Anda. Kebanyakan sifat konsumtif ini muncul dari sebuah keinginan yang tentunya akan membuat keuangan keluarga Anda menjadi tidak stabil dan menjadi rugi.

  1. Menabung untuk Masa Depan yang Gemilang

Menabung adalah sesuatu yang baik dan sangat bermanfaat untuk siapapun, terutama untuk Anda yang merupakan keluarga penghasilan minim. Jika Anda mempunyai niat untuk menyisihkan sebagian uang Anda untuk ditabung, tentu saja semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Jika Anda sudah berniat untuk menabung, maka lakukanlah secepat mungkin agar rencana keuangan keluarga Anda dapat terkelola dengan baik dan terhindar dari hal-hal yang tidak direncanakan. Dengan menabung, maka Anda akan bisa menangkal segala kebutuhan yang tidak terduga. Selain itu, dengan menabung Anda juga bisa membuat rencana keuangan yang lebih hemat.

Demikian cara berhemat untuk keluarga berpenghasilan minim yang bisa Anda lakukan mulai saat ini agar keuangan keluarga Anda tetap stabil. Dengan disertai niat maka keuangan keluarga Anda bisa terkelola dengan baik dan terhindar dari hal-hal yang akan merugikan keluarga Anda dikemudian hari.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: