Keuangan

Strategi Memulai Investasi Bagi Pasangan Muda yang Baru Saja Menikah

Bagi pasangan muda yang baru menikah, merencanakan investasi keuangan memang terbilang tidak mudah. Apalagi banyaknya biaya yang telah dikeluarkan setelah resepsi pernikahan membuat pasangan muda ini seringkali kebingungan untuk merencanakan investasi. Padahal investasi ini adalah hal yang penting untuk siapapun termasuk para pasangan muda yang baru menikah. Karena investasi ini baik maka sebaiknya harus segera dimulai sejak baru membangun rumah tangga. Sebagai pasangan baru mungkin bisa jadi Anda binggung untuk memulai investasi. Nah bagi Anda yang mengalami kebingungan, berikut adalah penjelasan mengenai strategi yang bisa dilakukan untuk memulai investasi.

  1. Bayar dan Hapus Hutang

Pertama, strategi yang bisa Anda para pasangan muda jalankan investasi adalah menghapus hutang. Hutang memang harus dibayar dan wajib diprioritaskan di atas apapun. Sebab dengan masih adanya hutang, Anda tidak akan leluasa bahkan menghambat untuk melakukan investasi. Dengan adanya hutang juga bisa membuat keungan atau finansial keluarga jadi tidak stabil. Maka dari itu pastikan untuk terlebih dahulu membayar lunas hutang-hutang yang ada. Bila tidak ada hutang maka itu lebih baik dan Anda bisa melanjutkan ke strategi kedua dan seterusnya.

  1. Buat Tujuan Investasi

Strategi kedua bila Anda tidak punya hutang atau setelah hutang lunas adalah dengan membuat tujuan investasi. Investasi sendiri memang ada banyak dan bermacam-macam. Bahkan ada juga investasi fiktif atau sering disebut sebagai investasi bodong. Nah dari sinilah Anda harus menentukan invetasi yang akan Anda jalankan. Bicarakan dan diskusikan investasi yang akan Anda pilih bersama pasangan Anda. Ketika memilih sebuah investasi maka pastikan Anda memiliki pandangan dan tujuan ke depan dengan jelas. Misalnya Anda ingin memiliki rumah dan mobil atau Anda ingin mengkuliahkan semua anak-anak Anda atau mungkin juga Anda ingin punya usaha. Nah dari tujuan-tujuan ini maka Anda dan pasangan akan mampu menentukan pilihan investasi yang tepat.

  1. Gunakan Hadiah Pernikahan Anda

Setelah mengadakan resepsi tentu akan ada hadiah baik itu berupa barang atau uang yang Anda dapatkan dari orang-orang yang datang. Nah dari hadiah pernikahan inilah Anda dan pasangan bisa menggunakannya untuk berinvestasi. Namun sebelum menggunakannya, pastikan bahwa hadiah ini sudah memang berhak Anda dan pasangan miliki. Sebab beberapa pernikahan yang menggunakan uang orang tua tentu Anda tak bisa tiba-tiba memutuskan untuk menggunakannya. Bila memang ada keterlibatan dana dari orang tua maka diskusikan bagaimana baiknya.

  1. Investasi Rumah dengan Mengambil KPR

Sebagin besar pasangan baru masih belum memiliki rumah sendiri. Nah dari sinilah Anda dan pasangan bisa memutuskan untuk mengambil investasi rumah KPR. KPR sendiri Kredit Kepemilikan Rumah yang biasanya diadakan oleh pihak perbankan. Nah dengan berinvestasi pada hal ini maka Anda dan pasangan akan memiliki masa depan yang lebih cerah. Sebab dari pada uang digunakan untuk menyewa atau mengontrak rumah, maka lebih baik Anda mencicilnya untuk rumah sendiri. Untuk mengawali investasi KPR ini Anda bisa memanfaatkan hadiah dari pernikahan sebagai DP (uang muka). Nah setelah itu Anda bisa mencicil pembayaran per bulan dengan menggunakan gaji dari pekerjaan Anda. Tentu dengan adanya rumah sendiri maka rumah tangga dan keluarga bisa lebih leluasa dan lebih sempurna.

  1. Investasi Kesehatan dan Pendidikan

Bukan hanya investasi yang berupa wujud benda atau melipatgandakan uang yang bisa Anda investasikan, tapi kesehatan dan pendidikan juga sangat penting untuk Anda pikirkan. Kesehatan memang bukan sesuatu yang bisa diremehkan begitu saja. Sebab tanpa kesehatan Anda tak akan bisa melakukan apapun meski Anda memiliki uang yang banyak. Pun dengan pendidikan, terutama pendidikan anak-anak Anda nantinya, Anda juga bisa berinvestasi di sana. Saat ini sudah banyak jenis invetastasi kesehatan dan pendidikan yang bisa Anda pilih. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget untuk membayar cicilan atau premi setiap bulannya.

Inilah beberapa strategi bagi para pasangan yang baru menikah untuk melakukan investasi. Dengan adanya strategi ini tentu meski Anda terbilang baru untuk memulai bahtera rumah tangga bukan menjadi alasan Anda dan pasangan tidak bisa berinvestasi. Jadi mulailah berinvestasi secepat mungkin. Semakin cepat Anda memulainya maka akan semakin baik pula untuk masa depan Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: