Keuangan

Sudah Lama Berbisnis Tapi Tidak Kunjung Kaya? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya

tak-kunjung-kaya

Berbisnis adalah salah satu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan derajat hidupnya. Salah satu tujuan meningkatkan taraf atau derajat hidup yang bisa dicapai dari bisnis yakni menjadi kaya. Beberapa pebisnis yang telah sukses memang telah terbukti mereka mampu meraih kekayaan dan juga peningkatan taraf hidup. Tapi beberapa diantara para pengusaha ada juga yang belum bisa meraih kekayaan dan taraf hidup yang lebih baik meski telah berbisnis dalam waktu lama. Bila ada pebisnis yang mengalami hal seperti ini tentu ada yang salah pada cara atau mekanisme bisnis yang dijalankan. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab pengusaha yang tak kunjung kaya meski telah berbisnis lama.

  1. Besar Pasak daripada Tiang

Penyebab pertama yang membuat pengusaha tidak kunjung meraih kekayaan meski telah lama berbisnis adalah besar pasak daripada tiang. Sepesat apapun perusahaan dan sebesar apapun omset yang diraih, semua memang akan percuma bila pendapatan yang didapat tidak bisa mengimbangi pengeluaran. Dari sini maka peribahasa besar pasak daripada tiang menjadi sesuatu yang bisa menggambarkan bisnis yang sulit meraih kekayaan ini. Bagaimana bisa meraih kekayaan bila keuntungan usaha selalu habis untuk pengeluaran. Alih-alih menabung atau menambah modal, keuntungan usaha yang habis untuk pengeluaran akan membuat bisnis tidak maju atau bahkan bangkrut. Dari sini selama apapun seseorang menjalankan bisnis dengan fenomena besar pasak daripada tiang ini tidak akan membuat impian Anda meraih kekayaan akan tercapai.

  1. Banyak Berutang

Bila kekurangan modal, maka untuk bisa menggerakkan roda usaha maka Anda sebagai pebisnis memang bisa meminjam dana atau berhutang. Tapi bila berhutang ini menjadi sebuah kebiasaan yang Anda maklumi maka hal ini bisa mengancam perusahaan Anda. Tidak hanya akan memupus impian Anda meraih kekayaan, tapi banyak atau senang berhutang akan membuat bisnis Anda kolaps. Berhutang memang akan membuat tanggungan atau beban keuangan perusahaan semakin berat. Sebab dalam berhutang Anda memang diwajibkan untuk membayarnya meski dengan sistem cicilan setiap bulannya. Nah karena beratnya beban hutang maka sebisa mungkin Anda sebagai pebisnis menghindari hutang. Kalau memang Anda bisa bertahan dengan keadaan usaha, cobalah untuk menekuninya terlebih dahulu, Nah baru saat ada keuntungan demi keuntungan yang diperoleh, Anda bisa menjadikannya untuk modal mengembangkan usaha.

  1. Bisnis yang Tidak Berkembang

Berikutnya, penyebab yang bisa membuat entrepreneur tidak kunjung kaya walau telah lama menjalankan bisnis adalah usaha yang tidak berkembang. Bisnis yang tidak kunjung bertumbuh atau berkembang memang akan membuat Anda tidak mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Mungkin Anda masih bisa menggerakkan roda usaha, tapi dengan omset dan keuntungan yang tidak besar, Anda hanya berkuatat di zona yang sama. Bisa jadi alih-alih mengumpulkan kekayaan, keadaan bisnis yang tidak berkembang membuat Anda harus bersusah payah hanya untuk mempertahankan bisnis.

  1. Tidak Berani untuk Berinvestasi

Sebagai pebisnis, Anda seharusnya mengerti pentingnya investasi untuk membuat keuntungan dari bisnis Anda menjadi lebih besar. Tapi sayangnya tidak semua pebisnis memahami hal ini. Mereka lebih mengutamakan untuk menabung atau memenuhi keinginan daripada berinvestasi. Nah dari sinilah maka pengusaha seringkali tidak kunjung kaya meski lama menjalankan bisnis. Padahal bila menilik keuntungan dari investasi ini cukup besar dan mampu membuat seseorang meraih impiannya menjadi kaya. Memang tidak semua investasi mampu menghadirkan keuntungan yang berlibat dan besar. Sebab beberapa diantara jenis investasi yang ada terbilang tidak terlalu menguntungkan bahkan ada yang terkategori bodong atau menipu. Tapi kita tentu bisa mengantisipasi jenis-jenis investasi seperti itu dengan cara menganalisis sebelum memilih dan menjalankan investasi.

  1. Tidak Punya Tujuan Finansial

Terakhir, penyebab seorang pengusaha tidak kunjung kaya meski telah berbisnis lama adalah tidak punya tujuan finansial. Bagaimana mungkin seseorang bisa meraih kekayaan bila tujuan finansial saja tidak punya. Tujuan finansial sendiri merupakan target yang memang harus dimiliki setiap pebisnis untuk terus membuat usahanya bergerak maju. Dengan adanya tujuan finansial yang ditarget inilah pebisnis bisa terus bersemangat untuk meraih pundi-pundi kekayaan yang lebih besar. Dari pentingnya tujuan finansial tersebut maka wajar bila pebisnis yang tidak memilikinya sulit meraih kekayaan meski telah menjalankan usahanya dalam waktu yang lama.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top