Tips

Sudah Pernah Berkunjung Ke Pinterest? Beriklan Disini Tak Ada Ruginya Lo!

Sudah Pernah Berkunjung Ke Pinterest? Beriklan Disini Tak Ada Ruginya Lo! – Pada tahun 2016 yang lalu tepatnya bulan Agustus salah satu jejaring media social terbesar di dunia Pinterest meluncurkan fitur iklan terbarunya. Sebelum fitur iklan terbaru ini diluncurkan beberapa brand bisa beriklan melalui media berbentuk gambar, namun saat ini Pinterest mencoba peruntungan dengan menggunakan konsep periklanan berbentuk video. Pesaing kuat Instagram ini mengambil sebuah langkah yang sebenarnya sudah diprediksi oleh para pengamat. Pertumbuhan konten video yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat Pinterest tertarik untuk mengikuti arus beriklan menggunakan video.

  • Mengapa Pinterest Memilih Fitur Iklan Berbentuk Video?

Pertama, konten video memiliki efektivitas yang tinggi untuk bidang periklanan. Selain itu, sepertiga dari aktivitas online yang dilakukan saat ini adalah menonton video. Ini dapat kita lihat dari beberapa jejaring media social yang terlihat mengistimewakan konten berbentuk video.  YouTube juga memberikan pengaruh yang besar pada hal ini, terbukti YouTube menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google.

Kedua, menurut sebuah studi yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa 90% pengguna internet atau netizen yang melihat video tentang ulasan sebuah produk mengatakan sangat terbantu untuk memilih produk mana yang akan dibeli. Studi yang lain menyebutkan bahwa netizen atau pengguna internet yang melihat review atau ulasan sebuah produk memiliki tingkat kemungkinan 1,8 kali lebih besar untuk melakukan pembelian terhadap produk yang dia tonton daripada netizen yang hanya melihat gambar produk saja.

  • Sistem Periklanan Video Yang Diterapkan Oleh Pinterest

Layanan promosi video hanya bekerja untuk perangkat mobile pada platform online untuk berbagi foto ini. Fitur iklan terbaru ini akan muncul dalam bentuk Cinematic Pin yang merupakan konten gambar gerak / GIF yang kemudian akan menampilkan sejumlah cuplikan dari iklan video yang telah dibuat. Hal ini merupakan faktor utama yang membedakan konsep video iklan dari Pinterest dengan periklanan video yang serupa seperti yang ditawarkan oleh Facebook maupun Twitter. Cinematic Pin menjadi faktor terpenting untuk dapat menarik perhatian pengguna sebelum menyaksikan video secara menyeluruh.

  • Video Untuk Iklan

Iklan yang telah dibuat oleh pemilik brand bisa dilihat dalam bentuk vertical, horizontal maupun persegi. Durasi video yang diperbolehkan oleh Pinterest maksimal 5 menit. Pemilik iklan juga dapat memilih 6 pins dari akun yang telah dimiliki yang dirasa mampu mendukung konten video sebagai media utama untuk periklanan. Pinterest juga melengkapi fitur ini dengan sistem yang memungkinkan pemilik iklan melihat berapa kali iklan tersebut dilihat, berapa jumlah klik yang didapatkan, berapa jumlah klik untuk featured pin yang telah dipasang dan yang terakhir pemilik iklan bisa melihat berapa persen dari jumlah netizen yang melanjutkan untuk melihat video secara keseluruhan.

  • Pembayaran

Pinterest menerapkan sistem pembayaran untuk setiap 1000 tampilan dari konten GIF yang dipasang oleh pemilik iklan. Ini berarti jika tidak ada pengguna yang melihat iklan video ini maka pihak pemilik iklan tetap harus membayar kepada Pinterest.  Pemilik iklan minimal harus berinvestasi sebesar US$ 5000 untuk dapat beriklan di Pinterest. Faktor yang harus diperhatikan oleh para pemilik iklan adalah pemilihan cuplikan video untuk konten gambar gerak atau GIF. Jika pemilik iklan tidak mengambil cuplikan video yang tepat maka dapat dipastikan pengguna tidak akan meneruskan untuk melihat video tersebut. Pemilik iklan dapat melakukan pembatasan untuk berapa kali setiap pengguna dapat melihat konten gambar GIF, karena jika tidak melakukan ini maka pemilik iklan akan mengeluarkan biaya yang sangat banyak saat pengguna terus menerus melihat konten gambar bergerak atau GIF.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top