Keuangan

Sudah Siap Menikah? Terapkan Cara Jitu Menabung dan Menghemat Jelang Pernikahan Ini Yuk!

Hampir semua orang ingin melangsungkan pernikahan yang sakral dan berkesan. Namun, sebagian orang menemui kesulitan dalam menyediakan dana pernikahannya. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah keuangan. Ada alasan yang mengatakan bahwa penghasilannya selalu habis, sedangkan biaya pernikahan selalu naik. Nah, untuk mewujudkan keinginan Anda agar bisa melangsungkan pernikahan adalah menabung. Menabung, tentu harus Anda lakukan secara rutin setiap mendapatkan gaji. Anda dan pasangan harus mau mengencangkan ikat pinggang selama beberapa waktu, jangan banyak dulu keinginan di luar perencanaan. Bagi Anda yang membutuhkan panduan menabung, simaklah kiat menabung dan cara menghemat kebutuhan pernikahan berikut ini.

  1. Menabung Melalui Tabungan Berjangka (Taka)

Agar perencanaan tabungan Anda cepat terwujud, maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas tabungan berjangka di berbagai bank. Dengan cara ini, Anda akan lebih disiplin hingga memiliki target pengumpulan dana yang jelas. Hal ini dikarenakan, uang tabungan tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu sampai jangka waktu tabungan Anda selesai. Jika ini dilakukan, tentu akan mencegah Anda dari pencairan tabungan. Tidak hanya itu, dana tabungan ini akan didebet secara otomatis oleh banknya lho. Bagusnya lagi, dana yang terkumpul tidak akan terkena biaya administrasi yang besar. Namun sebaliknya, malah akan diberikan bunga yang hampir setara dengan deposito.

  1. Menabung dalam Jumlah Tabungan yang Tepat

Selain menabung melalui tabungan berjangka, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya agar perencanaan tabungan cepat terwujud adalah menabung dalam jumlah yang tepat. Contohnya, Anda dan pasangan menyisihkan 30% dari gaji untuk kebutuhan pernikahan nanti. Meskipun hanya 30% dari gaji, asal dilakukan secara rutin bersama pasangan maka nilainya akan cukup kok. Apabila Anda dan pasangan mempunyai gaji sebesar Rp. 3 juta, maka dalam satu tahun pun bisa mendapatkan tabungan sebesar Rp. 21.600.000 lho. Jika dalam dua tahun, berarti akan mendapatkan Rp. 43.200.000. Nah, nilai ini tentu cukup besar bukan?

  1. Buatlah Resepsi Pernikahan yang Sederhana Namun Berkesan

Pernikahan yang sempurna, tidaklah di lihat dari kemewahan atau kemegahannya. Melainkan, pernikahan yang sempurna adalah pernikahan yang berlangsung secara sakral dan berkesan bagi pengantin ataupun keluarga. Oleh karena itu, buatlah pernikahan yang sederhana saja serta lupakan pernikahan megah ala artis dengan harga selangit. Untuk membuat kesan yang indah di hari pernikahan, Anda bisa melangsungkan resepsi di taman atau halaman rumah yang dihiasi dekorasi unik. Lalu, bagaimana dengan kebutuhan lainnya? Simak beberapa kiat untuk menekan penghematan berikut ini:

  1. Menyewa Baju Pengantin dan Seragam untuk Keluarga

Untuk menghindari biaya yang berlebihan, maka Anda bisa menyewa baju pengantin untuk digunakan di hari resepsi nanti. Selain itu, Anda juga bisa menyewa seragam yang akan dikenakan oleh keluarga.

  1. Foto Pre-Wedding yang Unik Namun Sederhana

Buatlah foto pre-wedding yang berkesan, dibandingkan harus menggunakan foto pre-wedding ala artis. Anda bisa menceritakan perjalanan cinta Anda bersama pasangan di dalamnya, misalnya cerita cinta masa bertemu hingga terjadinya lamaran.

  1. Memanfaatkan Keahlian Teman

Anda atau pasangan, mungkin memiliki teman dan kenalan yang mempunyai keahlian dalam bidang memotret. Nah, mintalah bantuan teman tersebut untuk menjadi fotografer di pernikahan nanti. Jika kalian juga memiliki teman yang ahli dalam bidang desain grafis, maka mintalah juga untuk membuatkan desain undangan. Kemudian, cari kenalan yang mempunyai usaha percetakan. Mungkin Anda juga memiliki teman yang suka bermusik? Ajaklah dia untuk mengisi acara di pernikahan nanti. Dengan cara seperti ini, tentu Anda akan menerima harga khusus daripada menyewa jasa profesional yang harganya lumayan besar.

  1. Mengatur Pernikahan Sendiri

Menggunakan jasa pre-wedding memang cenderung mahal. Namun, Anda bisa menyiasati ini dengan cara meminta bantuan teman atau keluarga dekat untuk mengatur jalannya pernikahan Anda. Selain bisa menekan biaya, hal ini tentu akan membuat kedekatan dan persahabatan menjadi sangat erat bukan?

  1. Menghemat Budget Catering

Anda juga bisa memanfaatkan penjual makanan atau jajanan favorit, sebagai konsumsi spesial di acara pernikahan nanti. Namun, sebaiknya Anda harus menemukan selera masakan yang tepat untuk tamu undangan. Agar bisa menekan biaya, maka pilihlah paket harga yang sesuai dengan budget Anda.

Demikian artikel tentang cara jitu menabung dan menghemat biaya jelang pernikahan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top