Lainnya

Sudah Tahu Belum Anda Generasi Yang Mana? X,Y atau Z

Dunia yang semakin canggih membawa pengaruh besar pada  pola pikir dan bersosialisasi masyarakat saat ini. Hal ini juga berdampak pada karakter  tiap individu karena perbedaan usia dan bagaimana mereka dididik. Bagi generasi yang lahir di era 1980an tentu memiliki pola pikir yang berbeda dengan mereka yang lahir di tahun 2000an. Kesenjangan ini memunculkan beberapa istilah bagi tiap generasi tersebut. Kini mulai bermunculan istilah generasi X, millennial hingga generasi Z. kira-kira anda termasuk dalam generasi apa ya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini biar gak keliru menyebutkan generasimu.

Baby Boomers

Generasi baby boomers merupakan mereka yang lahir pada 1946-1964. Pada tahun tersebut perang dunia masih terjadi dan kesetaraan gender sulit untuk diperjuangkan seperti saat ini. kebebasan berpendapat juga dibatasi dan sukar untuk dikritik serta gila kerja. Generasi ini umumnya tidak suka dengan konflik lebih cinta damai serta lebih suka berbicara empat mata. Rutinitas pagi bagi baby boomers juga jauh lebih sehat karena terbiasa membaca berita di pagi hari dan tidak terlalu menyibukkan diri di kala pagi.

Generasi X

Generasi X ialah mereka yang lahir pada 1965-1980 yang mana hidup saat perang dunia sudah berakhir. Generasi ini mulai akrab dengan kebebasan untuk melakukan apa yang mereka mau wala teknologi belum terlalu berpengaruh seperti saat ini. pada tahun tersebut ponsel juga belum ada sehingga aktivitas fisik lebih banyak dilakukan.  Generasi X dikenal mampu menerima perubahan, mandiri serta sangat loyal. Hal ini dikarenakan orang tua mereka yaitu baby boomers selalu gila kerja karena kesulitan hidup di masa perang sehingga memicu generasi X menjadi pribadi pekerja keras. Generasi X umumnya akan bekerja 10 tahun pada sebuah perusahaan barulah ia memutuskan untuk pindah. Generasi X menjunjung tinggi kemapanan dan mengutamakan asset yang dimilikinya.

Generasi Millenial

Generasi millennial ialah mereka yang lahir pada tahun 1981-1994 dimana teknologi mulai diperkenalkan. Pada tahun ini aktivitas fisik masih dirasakan begitu pula peralihan teknologi melalui munculnya handphone hingga pengenalan internet.  Generasi milenial cenderung ambisius dan tidak hanya mengutamakan uang sebagai tolak ukur pekerjaannya. Generasi milenial juga mematok factor passion untuk pekerjaan yang ingin digelutinya. Tak heran jika generasi ini cenderung sukar sekali loyal pada perusahaan. Mereka biasa berpindah kerja rata-rata 2-4 tahun sekali. Biarpun begitu kemampuan adaptasi mereka patut diancungi jempol dan mementingkan prestasi kerja.

Generasi Z

Generasi Z ialah mereka yang lahir pada tahun 1995-2010 yang hidupnya ditemani oleh teknologi yang sudah sangat canggih.  Mayoritas generasi Z selalu terhubung dengan internet dan menonton TV diakhir pekan.  Mereka sangat bergantung dengan teknologi dan media social yang dimilikinya. Jika generasi millennial cenderung menghabiskan waktu 6 jam untuk media social maka generasi Z malah setiap jam ia akan memeriksa media social yang dimilikinya. Generasi ini suka dengan hasil yang instan, keras kepala dan terburu-buru. Generasi Z lebih kreatif dan realistis ketimbang generasi milenial.

Generasi  Alpha

Mereka yang lahir pada tahun 2011 sampai sekarang disebut dengan generasi alpha.  Sejak dini generasi ini akan mengenal gadget dan sangat familiar menggunakan teknologi canggih lainnya walau umur mereka masih terbilang sangat muda.  Generasi alpha merupakan generasi dengan pertumbuhan tertinggi ketimbang generasi lainnya.  Setiap minggunya ada 2.5 juta anak dilahirkan di dunia. Generasi ini merupakan generasi paling terdidik dan sejahtera

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top