Lainnya

Mau Kredit Rumah? Ini Dia Syaratnya

Mau Kredit Rumah? Ini Dia Syaratnya – Bagi seseorang yang sudah berumah tangga, rumah merupakan satu kebutuhan yang wajib untuk dimiliki. Tidak mungkin kan anda akan terus-terusan numpang dengan orang tua jika sudah memiliki keluarga? Apalagi jika saudara, mertua, dan teman sudah sering tanya, kapan punya rumah? Pasti keinginan anda untuk memiliki rumah akan semakin besar.

Memiliki rumah bagus dan nyaman adalah idaman setiap orang, namun ternyata memiliki rumah tidak bisa begitu saja diwujudkan. Apalagi jika mengingat harga bahan-bahan bangunan semakin hari semakin mahal. Anda tentu akan memerlukan kerja keras dan waktu yang lama untuk bisa mewujudkannya. Akan tetapi anda tidak perlu kawatir, sebab sekarang sudah ada banyak sekali cara untuk memiliki rumah secara cepat, salah satunya dengan sistem kredit. Dengan sistem ini anda tidak perlu menunggu lama untuk memiliki rumah. Akan tetapi dalam membeli rumah secara kredit, anda tetap harus memperhatikan beberapa syarat-syarat tertentu yang harus anda penuhi, seperti foto copy ktp suami istri, kartu keluarga, npwp, dan beberapa syarat penting lain yang menjadi penunjang, seperti

kpr-kredit-pakai-riba-178

  • Persiapkan Surat Keterangan Kerja

Syarat utama seseorang yang akan membeli rumah kredit adalah telah memiliki pekerjaan tetap, baik sebagai wiraswasta ataupun pekerja kantor. Tentunya syarat ini diberikan supaya bank penjamin memiliki jaminan biaya dari gaji bulanan yang anda terima. Bahkan anda juga dapat menambah bisnis, dengan begitu pengajuan anda akan lebih mudah diterima.

  • Persiapkan Sumber Keuangan/Slip Gaji

Sumber keuangan mencakup segala sumber dana yang anda miliki. Semakin banyak bisnis dan pekerjaan anda, akan semakin banyak pula sumber keuangan atau slip gaji yang anda miliki. Semakin banyaknya sumber keuangan, biasanya akan mempermudah bank penjamin untuk meloloskan pengajuan kredit.

  • Rekening Koran

Rekening Koran merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh bank dimana gaji atau pendapatan anda disetorkan disini. Fungsinya adalah, supaya bank perkreditan dapat melakukan pengecekan terhadap slip gaji yang anda berikan, sudah sesuai atau belum.

  • Konsultasi Dengan Pihak Bank

Berkonsultasi dengan pihak bank penjamin adalah salah satu langkah awal yang sangat penting supaya anda mendapat informasi secara lengkap. anda dapat megungkapkan segala keinginan, dan pertanyaan mengenai segala  yang berkaitan dengan sistem kredit. Tanyakan juga berbagai fasilitas dan kemudahan yang mungkin akan diberikan kepada anda.

  • Investasikan uang untuk biaya awal

Untuk mempermudah kredit rumah, anda bisa memulainya dengan menginvestasikan uang anda. Dengan begitu, anda uang anda akan berlipat secara lebih cepat. Bahkan anda dapat membeli rumah secara tunai. Biasanya seseorang akan menginvestasikan uangnya di saham dalam jangka 5 tahun. Setelah 5 tahun, hasil investasi sudah cukup digunakan untuk membeli rumah. Sedangkan jika uang hanya ditabung selama 5 tahun, maka hasil kerja keras anda tidak akan berbuah, sebab bungan yang diperoleh tidak akan dapat menutupi biaya untuk membeli rumah yang semakin tahun semakin tinggi.

  • Pilih KPR yang sesuai

Ada beberapa jenis KPR yang sering ditawarkan, yakni KPR bersubsidi, KPR komersil, dan KPR syariah. Setiap jenis KPR tersebut memberikan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tidak hanya itu saja, setiap KPR memiliki syarat tertentu untuk dapat memilihnya. Salah satu contoh KPR yang paling menguntungkan adalah KPR bersubsidi. KPR bersubsidi merupakan program yang diberikan pemerintah untuk membantu masyarakat membeli rumah, sehingga KPR jenis ini paling banyak diminati, namut tidak semua orang bisa mendapatkannya.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: