Lainnya

Tahukah Anda Apa yang Diharapkan Pelanggan dari Sebuah Bisnis? Mari Cari Tahu Di Sini

yang-diharapkan-pelanggan

Dalam menjalankan bisnis, seorang pengusaha memang tak bisa seenaknya sendiri. Alih-alih seenaknya sendiri, seorang entrepreneur harus memperhatikan dengan baik apa yang diinginkan atau diharapkan oleh para konsumen atau pelangganya. Karena bisnis Anda bergantung pada penjualan atau pembelian dari konsumen dan pelanggan, maka Anda memang tidak bisa egois dan hanya mementingkan diri sendiri. Karena itulah Anda yang ingin menumbuhkan bisnis haruslah mencari tahu apa yang diinginkan atau diharapkan konsumen atau pelanggan Anda. Tapi apa saja sih yang diinginkan pelanggan dari sebuah bisnis? Berikut ulasannya.

  1. Pelanggan Butuh Pelayanan yang “BAIK” Lebih dari Sekedar “CEPAT”

Pertama, hal yang diharapkan oleh pelanggan dari sebuah bisnis adalah pelayanan yang baik. Banyak yang salah sangka bahwa pelayanan yang cepat adalah hal yang dapat membuat pelanggan senang. Memang benar adanya pelayanan yang cepat dapat membuat pelanggan puas. Tapi ternyata lebih dari itu pelanggan lebih menyukai pelayanan yang baik. Jadi sebelum menghadirkan pelayanan cepat, pastikan dulu Anda memastikan pelayanan yang baik. Ini karena pelayanan yang baik adalah dasar dari konsep pelayanan yang memuaskan. Pelayanan yang baik sendiri yaitu pelayanan yang tulus dan dari hati. Dengan pelayanan yang baik saja maka bisnis Anda akan mendapatkan nilai plus tersendiri. Dan bukan tidak mungkin bisnis Anda akan direkomendasikan ke orang lain.

  1. Pelanggan Lebih Suka Pelayanan “Personal”

Tahukah Anda bahwa ada layanan seperti Mandiri Prioritas, XL Prioritas dan lainnya? Layanan prioritas sendiri adalah layanan bisnis yang dikhususkan pada seorang pelanggan. Nah dengan layanan khusus atau personal ini maka pelanggan akan lebih dipuaskan. Ini karena layanan yang bersifat personal atau khusus ini memang akan berbeda dengan layanan umum. Jika layanan umum pebisnis harus membagi prioritasnya pada beberapa orang, maka layanan personal akan menghadirkan eksklusifitas. Dari layanan ekslusifitas inilah maka pelanggan akan bisa terpuaskan dengan maksimal. Jadi bila Anda ingin menjadikan bisnis lebih berkembang dan bertumbuh, maka pastikan Anda membuat layanan yang bersifat personal atau khusus. Atau opsi lain bila Anda memang tidak punya sumber daya untuk melayani semua pelanggan dengan layanan khusus, maka Anda bisa memberikan pilihan pada para pelanggan untuk memilih layanan umum atau layanan personal dengan harga yang lebih tinggi.

  1. Ingat Selalu Nama Pelanggan Anda Agar Mereka Mengingat Kita

Sebagai pelanggan bisnis memang sudah sewajarnya Anda mengetahui nama mereka. Bahkan bukan hanya nama, sebagai pebisnis profesional seharusnya Anda mengetahui karakteristik mereka secara mendalam. Seorang pebisnis yang paham dan selalu mengingat nama konsumen dan pelanggannya saat memanggil atau menyebutnya maka itu artinya mereka akan berpeluang meraih hatinya dengan baik. Saat pebisnis sudah mampu mengambil hati para konsumen dan pelanggannya, maka itu artinya mereka bisa berpeluang untuk membuat bisnisnya lebih bertumbuh dan lebih berkembang. Ini karena pebisnis yang mampu mengingat nama pelanggannya adalah harapan bagi setiap kepuasan konsumen.

  1. Pelanggan Suka dengan Kejutan

Siapa sih orang yang tidak suka dikasi kejutan. Setiap orang, termasuk konsumen atau pelanggan memang akan suka kejutan. Nah karena pelanggan ini suka kejutan, maka kenapa Anda sebagai pebisnis tidak memberikannya, benar kan? Kejutan untuk pelanggan sendiri tidak harus sebuah hal yang harus mewah. Tapi memberikan kejutan ucapan ulang tahun saja akan membuat konsumen atau pelanggan senang. Apalagi bila Anda mampu memberikan kejutan berupa hadiah dalam wujud bonus, voucher atau lainnya, maka akan semakin senang lah konsumen atau pelanggan.

  1. Dilibatkan dalam Rencana Bisnis

Terakhir, yang diharapkan dari pelanggan dari sebuah bisnis adalah dijadikannya mereka sebagai sumber inovasi dalam bisnis. Ketika para pelanggan dilibatkan dalam rencana sebuah bisnis memang mereka akan merasa tersanjung. Ini karena saat mereka yakni para pelanggan dilibatkan, maka mereka merasa diakui sebagai seseorang yang penting dalam sebuah bisnis. Jadi dari sini Anda yang ingin membuat pelanggan merasa senang maka cobalah libatkan mereka dalam setiap rencana bisnis Anda. Minimal Anda bisa meminta pendapat mereka ketika Anda akan merencanakan sesuatu.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top