Lainnya

Tahun Politik, Sebagai Pebisnis, Anda Harus Mewaspadai 4 Hal Ini

bisnis-di-tahun-politik

Tahun 2019 adalah tahun politik di negeri ini karena akan diadakannya agenda lima tahunan yakni pemilu. Dengan riuh rendahnya berita politik setiap harinya yang semakin memanas, membuat Anda sebagai pebisnis patut berhati-hati. Kenapa harus berhati-hati? Sebab, dalam tahun politik ini sensifitas orang sangatlah besar. Bahkan begitu besarnya sensifitas orang pada dunia politik saat ini membuat bisnis Anda bisa mendadak akan terjungkir bila tak berhati-hati. Lalu hal apa sajakah yang perlu dicermati dan diwaspadai oleh seorang pebisnis saat menghadapi tahun politik. Berikut ulasannya.

  1. Hati-Hati dalam Berinvestasi

Pertama, hal yang harus Anda waspadai sebagai seorang pebisnis di tahun politik ini adalah investasi. Keadaan politik di suatu negara sedikit banyak memang memiliki pengaruh terhadap perekonomian. Nah karena punya pengaruh yang cukup kuat terhadap perekonomian negara maka Anda yang ingin berinvestasi di tahun politik ini harus berhati-hati saat akan melakukannya. Apalagi bila Anda berencana melakukan investasi di pasar saham, maka Anda harus lebih ekstra waspada. Ini karena pasar saham sangat dinamis dan sangat terpengaruh dengan keadaan politik di sebuah negara. Pengaruh politik ini sendiri akan semakin besar saat setelah dilakukan pemilu dan didapatkan presiden untuk periode 2019-2024. Hal ini disebabkan, adanya kebijakan pemerintah yang terpilih bisa saja mengubah beberapa regulasi dibidang ekonomi yang berubah. Ketika ada beberapa regulasi dibidang bisnis dan ekonimi yang berubah maka bisa saja hal tersebut akan mempengaruhi investasi yang Anda lakukan. Maka dari itu maka saat akan merencanakan investasi maka Anda harus mencermati keadaan politik yang sedang berlangsung. Pastikan Anda berinvestasi di waktu yang tepat dan menguntungkan.

  1. Mendebatkan Politik di Lingkungan Bisnis

Berikutnya, hal yang perlu para pebisnis waspadai di tahun politik sekarang ini adalah mendebat politik di lingkungan bisnis. Dalam situasi politik yang terus memanas di negeri ini memang membuat siapa pun jadi terpancing untuk berbicara dan mendebat berita politik. Nah Anda sebagai pebisnis pun tak akan luput dari keadaan ini. Tapi sebagai pebisnis sejati, tentu Anda harus pandai mengendalikan diri. Jangan sampai Anda terpancing untuk berbicara dan mendebat persoalan politik. Terutama bila Anda berada di lingkungan bisnis, maka Anda harus lebih bisa mengendalikan diri. Karena bila Anda sampai terpancing mendebat berita politik di lingkungan bisnis maka hal ini bisa saja membuat Anda tidak lagi dipercaya oleh beberapa mitra atau kolega. Sebab jika Anda sudah mulai bicara politik dan terlebih mendebatnya, maka hal ini akan membuat Anda terlihat kecenderungan pada kubu politik tertentu. Dan bila kecenderungan Anda pada satu kubu tertentu ini sudah terlihat maka Anda akan bisa saja kehilangan kepercayaan dari salah satu atau beberapa kolega yang mungkin berbeda pilihan dengan Anda. Bila Anda sudah kehilangan kepercayaan dari kolega tentu hal ini akan membuat bisnis Anda bisa terganggu bahkan kacau. Maka dari itu agar bisnis Anda bisa tetap eksis dan berjalan dengan baik, usahakan Anda tak terpancing dengan pembicaraan atau berita politik yang sedang berlangsung di lingkungan bisnis.

  1. Mengomentari Berita Politik di Media Sosial

Anda pebisnis yang suka bermain media sosial, maka berhati-hatilah saat berkomentar di tahun politik ini. Sebab, media sosial di tahun politik ini akan sangat dipenuhi dengan postingan politik yang bisa menggelitik siapa pun berkomentar. Sama seperti perbincangan di dunia nyata, berkomentar di media sosial mengenai situasi politik sekarang ini juga akan bisa tergelincir. Pasalnya saat Anda berkomentar mengenai berita politik di media sosial bisa membuat kolega-kolega yang berbeda pilihan dengan Anda tidak lagi respect pada Anda. Dari sini maka saat bermain media sosial maka Anda jangan sampai terpancing untuk berkomentar bila ingin bisnis Anda tetap eksis didukung oleh para kolega Anda.

  1. Melakukan Kampanye Hitam

Terakhir, hal yang harus Anda waspadai sebagai pebisnis di tahun politik sekarang adalah melakukan kampanye hitam. Tentu tindakan yang satu ini memag sudah kelewat batas. Karena meskipun Anda tim pendukung atau tim pemenangan seorang capres maka kampanye hitam adalah sesuatu yang dilarang dan tidak diperbolehkan dalam aturan pemilu. Bukan hanya akan membuat Anda ditinggal oleh para kolega, tapi melakukan kampanye hitam bisa membuat Anda terancam hukuman atau pidana.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top