Bisnis Online

Tak Mau Pelanggan Melirik Toko Online Sebelah? Lakukan Trik Berikut

toko-online-sebelah

Toko online saat ini memang menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk berbelanja. Dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan, memang membuat belanja online saat ini semakin digemari. Pangsa pasar belanja online yang terus meningkat dan bertumbuh setiap waktunya ternyata memicu juga perkembangan toko online. Perkembangan toko online ini dikarenakan semakin banyaknya pebisnis yang sadar bahwa dunia online sudah tak bisa dibendung lagi. Bahkan begitu besarnya pertumbuhan toko online membuat tingkat persaingan pada bisnis daring sekarang ini begitu ketat. Dari sini pun banyak pebisnis online yang khawatir bila ada pelanggannya yang berpindah ke toko online lainnya. Pasalnya, dengan kemudahan akses yang dihadirkan bisnis online memang membuat pelanggan bisa saja kemudian berpindah ke toko online lain. Dari sinilah para pebisnis online wajib ekstra wasapada dan menjaga para pelanggannya untuk selalu membeli dari tokonya. Tapi bagaimana cara untuk membuat pelanggan agar tidak berpaling ke toko online sebelah?> Berikut beberapa cara dan trik yang bisa diterapkan.

  1. Jangan Hanya Sekadar Jualan

Cara dan trik pertama yang bisa Anda jalankan untuk membuat pelanggan tidak melirik toko online sebelah adalah dengan tidak hanya sekedar jualan. Lalu apa yang bisa dilakukan selain berjualan? Toh namanya toko online pasti kegiatannya jualan kan? Memang kegiatan utama pada toko online ini adalah jualan. Tapi dengan adanya fitur blog yang dihadirkan beberapa platform untuk toko online membuat Anda juga bisa menghadirkan informasi yang bermanfaat untuk para pengunjung toko online Anda. Tapi apa manfaatnya membuat blog? Tentu saja banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari blog. Selain akan membuat toko online Anda lebih bernilai karena banyaknya informasi bermanfaat yang dihadirkan, blog juga bisa dijadikan ajang promosi atau marketing. Konten yang Anda hadirkan pada blog memang bisa membuat mesin pencari dapat melacak toko online Anda dengan lebih mudah. Dari sini maka bila ada konsumen yang sedang memanfaatkan mesin pencari dalam pencarian produknya, maka toko online Anda akan berpeluang untuk dikunjungi.

  1. Tidak Ribet dan Mudah

Toko online yang ribet memang akan membuat konsumen jadi malas untuk kemudian melakukan transaksi. Toko online memang mengharuskan menawarkan banyak kemudahan untuk para pengunjungnya. Selain navigasi yang tidak memusingkan, cara belanja juga tidak boleh membuat binggung dan ribet. Pasalnya bila navigasi dan juga cara belanja ribet dan membuat binggung maka orang atau pelanggan akan malas belanja. Dan jika orang sudah malas belanja di tempat Anda maka peluang mereka berpaling ke toko online lain jadi semakin besar. Selain navigasi dan cara belanja yang tidak ribet, Anda juga perlu membuat toko online yang memiliki fitur-fitur yang mudah digunakan.

  1. Jangan Buat Pelanggan Menunggu Lama Karena Toko Online yangLemot”

Berikutnya, trik untuk membuat pelanggan tidak melirik toko online sebelah adalah dengan membuat akses ke toko online Anda tidak lemot. Toko online memang sudah seharusnya mudah dan cepat diakses. Bila toko online mudah diakses maka akan membuat pengunjung toko online Anda akan lebih senang. Namun sebaliknya, bila akses ke toko online Anda lemot maka akan membuat pelanggan jadi kesal dan jengkel. Pengunjung toko online dan pelanggan memang sengaja memilih belanja online karena mudah. Nah dari sini bila akses toko online Anda lemot tentu sangat bertentangan dengan keinginan dan harapan konsumen saat berbelanja online.

  1. Bangun Trust atau Kepercayaan

Terakhir, trik untuk membuat pelanggan tidak melirik dan berpaling ke toko online sebelah adalah dengan membangun kepercayaan. Bisnis online memang belum sepenuhnya diterima oleh masyarakat atau konsumen. Pasalnya masih maraknya penipuan yang terjadi di dunia daring membuat bisnis online belum diterima oleh banyak orang. Nah, Anda yang ingin membuat konsumen dan pelanggan memiliki keyakinan dan kepercayaan belanja di toko online maka pastikan Anda membangun trust. Membangun trust ini bisa Anda lakukan dengan meningkatkan kredibilitas toko online. Pastikan bahwa ada jaminan atau garansi keamanan saat belanja di toko online Anda. Bila Anda mampu menghadirkan trust atau kepercayaan maka konsumen atau pelanggan akan lebih memilih toko online Anda dibanding toko online lain.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top