StartUp dan UKM

Tak Perlu Ragu Berbisnis Sendiri Tanpa Partner, Sebab Anda Banyak Keuntungan yang Bisa Anda Peroleh

keuntungan-bisnis-sendiri

Untuk menjalankan bisnis memang ada dua pilihan yang bisa dilakukan yaitu berbisnis sendiri atau berbisnis dengan partner. Semua pilihan ini sendiri ada kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Namun banyak anggapan dari pebisnis yang mengatakan  bahwa berbisnis dengan partner adalah pilihan terbaik. Menurut mereka berbisnis bersama partner akan membuat banyak tantangan yang bisa dihadapi bersama. Itu memang benar adanya. Namun mengatakan bahwa berbisnis sendiri tidak ada kelebihannya tentu juga bukan hal yang tepat. Pasalnya menjalankan bisnis secara sendiri tanpa partner ternyata memiliki beberapa keunggulan atau keuntungan. Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan menjalankan bisnis sendiri tanpa partner.

  1. Mewujudkan Mimpi Sendiri

Pertama, keuntungan menjalankan bisnis sendiri tanpa partner adalah mampu mewujudkan mimpi sendiri. Bila Anda berbisnis dengan partner tentu bisa saja ada perbedaaan impian diantara Anda dan partner Anda. Nah dari sini bukan tidak mungkin Anda bisa berselisih dengan partner ketika bisnis sudah bertumbuh dan ingin mengarahkan perusahaan lebih jauh. Dan bukan tidak mungkin karena Anda kalah peran dari partner bisnis Anda maka Anda harus rela mengubur impian dan harus mengejar impian orang lain yaitu partner bisnis Anda. Tapi bila Anda menjalankan bisnis sendiri maka Anda bisa dengan leluasa mengatur arah perusahaan sesuai dengan impian Anda. Dari sini maka dalam hal menujudkan impian, berbisnis sendiri punya kelebihan tersendiri.

  1. Melatih Kepemimpinan Bisnis

Berikutnya, keuntungan yang bisa didapatkan dari berbisnis sendiri tanpa partner adalah melatih kepemimpinan bisnis. Jika Anda menjalankan bisnis dengan partner maka ada dua kepemimpinan yang bias dan bisa menjadikan kebingungan. Selain itu dengan adanya dua kepemimpinan antara Anda dan partner maka Anda tidak akan leluasa untuk memimpin perusahaan. Karena ada kewenangan memimpin yang ada pada partner Anda maka Anda pun akan sulit menjadi pemimpin sejati. Ini karena dalam bisnis bersama partner maka Anda tidak bisa melatih kepemimpinan bisnis secara utuh. Namun bila Anda menjalankan bisnis sendirian maka Anda akan bisa melatih kepemimpinan bisnis Anda dengan optimal. Ini karena kewenangan memimpin bisnis hanya ada di tangan Anda.

  1. Bebas Melakukan Apapun

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa berbisnis dengan partner membuat kewenangan Anda di perusahaan tidaklah penuh. Ini karena ada kewenangan lain yang dimiliki oleh partner. Dari sinilah maka berbisnis dengan partner membuat Anda tidak akan bebas melakukan apapun dalam bisnis dan perusahaan. Seperti misalanya, Anda ingin menerapkan strategi bisnis tertentu, Anda tidak bisa memutuskan langsung, namun Anda harus mendiskusikan dulu dengan partner And. Tapi bila Anda menjalankan bisnis sendiri tanpa partner maka Anda akan bisa dengan bebas melakukan apapun untuk perusahaan. Ini karena kewenangan sebagai pemimpin secara utuh Anda miliki sendiri.

  1. Semua Keuntungan Jadi Milik Anda

Selanjutnya, keuntungan menjalankan bisnis sendiri tanpa partner adalah semua keuntungan bisa menjadi milik Anda seluruhnya. Karena Anda memiliki semua saham yang ada dalam perusahaan maka tentu keuntungan yang ada akan bisa masuk kantong Anda seluruhnya. Tapi berbeda bila Anda berbisnis bersama partner, maka keuntungan yang ada tidak bisa Anda miliki sendiri. Hal ini disebabkan ada partner Anda yang juga memiliki hak atas keuntungan yang didapatkan perusahaan. Jadi ketika Anda berbisnis bersama partner maka keuntungan yang ada harus dibagi dengan partner. Semakin banyak partner yang membangun bisnis bersama Anda maka akan semakin banyak pembagian keuntungan yang harus dilakukan.

  1. Lebih Puas Merasakan Pencapaian

Terakhir, keuntungan berbisnis sendiri tanpa partner adalah lebih puas merasakan pencapaian. Saat Anda mencapai sukses, maka perasaan puas akan lebih terasa bila Anda berbisnis sendiri tanpa partner. Sebab bila Anda berbisnis dengan partner maka kepuasannya tidak akan maksimal karena bisnis sukses yang diraih, diperjuangkan bersama-sama dengan partner. Namun bila Anda berbisnis sendiri tanpa partner maka hasil perjuangan dan kerja keras yang Anda lakukan sendiri dapat membuahkan kepuasan yang optimal. Jadi saat meraih sukses, Anda bisa dengan bangga dengan pencapaian yang Anda raih. Dari sinilah kemudian kepuasan akan bisa Anda rasakan dengan maksimal tanpa harus membagi perasaan tersebut dengan orang lain.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top