Lainnya

Tanpa Gelar Sarjana, 6 Miliarder Ini Telah Membuktikan Kesuksesannya, Siapa Saja Mereka?

miliarder-mark-zuckerberg

Menjadi seorang kaya raya atau miliarder memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Karena merupakan sesuatu yang sangat diimpikan, maka tidak jarang orang melakukan berbagai cara untuk bisa meraihnya. Salah satu cara yang dilakukan adalah menjalani pendidikan perguruan tinggi. Sayangnya harapan untuk jadi miliarder dengan menempuh pendidikan sampai setinggi-tingginya ini tidak selalu sesuai keinginan. Dan ternyata dalam kenyataannya memang ada banyak faktor yang bisa mendukung seseorang menjadi miliarder. Setidaknya beberapa miliarder berikut telah membuktikan bahwa pencapaiannya bisa diraih meski tanpa gelar sarjana.

  1. Michael Dell

Miliarder pertama yang telah membuktikan bahwa pencapaian suksesnya tanpa gelar sarjana adalah Michael Dell. Founder perusahaan komputer Dell, Inc ini adalah miliarder dengan kekayaan mencapai USD 26,9 miliar (Rp 409 triliun). Tapi tahukah Anda bagaimana Michael Dell meraih kekayaannya? Dia meraih kekayaannya dengan cara bekerja keras. Ini karena dirinya tidak punya ijazah sarjana. Sebenarnya Michael Dell sempat kuliah di Universitas Texas. Tapi pada usia 19 tahun dirinya tidak lagi melanjutkan kuliahnya karena memutuskan untuk keluar dari universitas.

  1. Mark Zuckerberg

Siapa sih yang tak kenal dengan Mark Zuckerberg. Pendiri dari Facebook ini memang sangat populer di kalangan milenial. Dengan popularitas perusahaannya, membuat Mark Zuckerberg saat ini mampu meraih pundi-pundi kekayaan yang mengantarkannya menjadi miliarder sukses. Kekayaan Mark Zuckerberg sendiri telah mencapai USD 56,7 miliar (Rp 862,2 triliun). Tapi tahukah Anda bahwa semua yang dicapai Mark Zuckerberg saat ini berasal dari kerja kerasnya yang dimulai sejak di asrama Harvard. Meski sempat kuliah di Universitas Havard, Mark tidak lagi melanjutkan kuliahnya, karena dirinya merasa bahwa ada hal yang lebih menarik di luar studi yang dijalankan.

  1. Jack Dorsey

Tidak hanya fouder dari Facebook yakni Mark Zuckerberg yang berhasil membuktikan kesuksesannya tanpa gelar sarjana. Tapi ada juga founder social media Twitter yakni Jack Dorsey yang sukses menjadi miliarder tanpa gelar sarjana. Sempat menjadi mahasiswa di Missouri University of Science and Technology, Jack pun pindah ke New York University. Nah di sini Jack membuat Twitter. Karena keayikan membuat Twitter, Jack sendiri kemudian tak fokus lagi kuliah sehingga dirinya dikeluarkan dari universitas. Meski di DO dari bangku kuliah, Jack tak kehilangan semangat. Dengan kesungguhannya, Jack berhasil membuktikan dirinya bisa sukses dan menjadi miliarder dengan kekayaan mencapai USD 5,4 miliar (Rp 68,4 triliun).

  1. Gabe Newell

Bersama-sama dengan rekannya yakni Mike Harrington, Gabe Newell  pada tahun 1996 mendirikan ValveC orporation. Salah satu perusahaan pengembang video game ini sendiri kini telah membuat Gabe Newell mampu meraih pundi-pundi kekayaan mencapai USD 3,9 miliar Rp 59,3 triliun (USD 1 = Rp 15.206). Gabe Neweill sendiri sempat menjadi mahasiswa di Harvard University. Tapi karena merasa tidak mendapat apa-apa dibangku kuliah, Gabe pun memutuskan keluar dari kampus. Namun dari kesungguhannya, Gabe berhasil menjadi miliarder meski tanpa gelar sarjana.

  1. Steven Spielberg

Bagi Anda pecinta film Jurrasic Park maka nama Steven Spielberg tentu sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Pria yang berprofesi sebagai sutradara ini memang telah menjadi tokoh besar dalam industri film. Dengan semua film-film populer yang telah disutradainya, Steven pun saat ini tercatat telah menjadi miliarder dengan kekayaan mencapai USD 3,7 miliar (Rp 56,2 triliun). Namun tahukah Anda bahwa pencapaian Steven Spielberg ini tidak melibatkan gelar sarjana? Ya, Steven Spielberg memang pernah mengenyam pendidikan tinggi di California State University. Tapi karena kemudian dirinya di kontrak 7 tahun oleh Universal Studios maka ia pun kemudian dikeluarkan oleh kampus. Namun demikian ia tetap sukses meski tanpa pendidikan tinggi.

  1. Sean Parker

Terakhir, miliarder yang mampu membuktikan dirinya bisa sukses tanpa gelar sarjana adalah Sean Parker. Kecintaannya pada dunia coding membuat Sean Parker sudah sering mencuri waktu dan meminta izin pada gurunya di sekolah untuk bermain komputer di lab. komputer. Dari bangku sekolah, kecintaan Sean Parker pada dunia coding ini semakin tinggi sehingga membuat dirinya enggan masuk ke perguruan tinggi. Namun meski dirinya tak meneruskan pendidikannya hingga perguruan tinggi, Sean mampu membuktikan dirinya sukses dengan perusahaan yang dirintisnya bernama Napster. Dari perusahaan yang bergerak di layanan berbagi file ini, Sean mampu meraih kekayaan mencapai USD2.7 miliar (Rp 41 triliun).

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top