Bisnis Online

Tantangan Menjadi Reseller Online

Tantangan Menjadi Reseller Online – Bagi sebagian orang berbisnis merupakan suatu kegiatan yang mengasikkan. Bagaimana tidak, dengan memiliki bisnis sendiri, seseorang akan bebas mengatur waktu, keuangan, serta segala sesuatu yang berhubungan dengan kemajuan bisnis tersebut. Meskipun begitu, memulai bisnis pastinya membutuhkan persiapan yang matang dari berbagai hal, baik dalam permodalan, strategi penjualan, menentukan jenis bisnis yang dijalankan, dan masih banyak lainnya.

Salah satu bisnis yang sekarang ini mulai tenar, dan banyak digeluti oleh para perempuan adalah dengan menjadi reseller. Reseller merupakan sistem penjualan yang dilakukan dengan menjualkan barang milik orang lain yang telah anda beli dengan harga lebih murah. Secara umum, tugas seorang reseller hanyalah mencari pembeli, menawarkan produk, mencatat nama pembeli serta alamat jelas, dan melunasi pembayaran. Selain itu, pengepakan dan pengiriman biasanya dilakukan oleh penjual tempat anda mengambil produk tersebut.

Bagi seorang mahasiswa, karyawan, ataupun ibu rumah tangga, reseller merupakan salah satu bisnis sampingan yang paling mudah dilakukan. Kegiatan ini tidak terlalu memakan tenaga serta waktu yang berarti. Anda bisa melakukannya kapan saja, dan dimana saja. Bahkan bisnis ini bisa anda lakukan untuk mengisi waktu kosong saat istirahat. Meskipun begitu, ketika menjalankan bisnis ini anda pun tetap harus memaksimalkan waktu kerja utama anda. Caranya yakni dengan menetapkan waktu pemesanan setiap harinya, supaya anda juga tetap bisa fokus dengan pekerjaan lainnya.

Sama seperti pekerjaan lainnya, menjadi reseller ternyata memiliki tantangan tersendiri. Terlebih lagi dengan sistem online, pastinya akan banyak tantangan yang akan dialami. Tantangan apa saja itu ? berikut penjelasannya,

  1. Persaingan Yang Semakin Ketat

Anda tentu sudah tahu jika jumlah reseller baik yang mengambil produk dari agen yang sama atau agen lainnya sangatlah banyak. Itu artinya, anda pun harus siap dihadapakan pada persaingan dagang dengan reseller lama ataupun reseller baru. Biasanya, mereka yang lebih dulu memulai bisnis ini akan memiliki strategi yang lebih matang. Oleh sebab itu, untuk menghindari kalah saing, anda dituntut untuk bisa menggunakan strategi penjualan yang ampuh.

  1. Tidak Paham Dengan Produk Yang Dijual

Jenis produk yang dijual secara online oleh para reseller jenis dan jumlahnya sangat banyak. Mulai dari makanan, pakaian, mainan, alat elektronik, alat kesehatan, alat kecantikan, dan masih banyak lainnya. Apapun produk yang anda pilih untuk membangun bisnis, pastinya anda benar-benar mengetahui bagaimana produk tersebut. hal ini karena, orang akan lebih tertarik membeli barang dari pedagang yang memiliki banyak pengetahuan dari produk yang dijual.

  1. Kurang Mengerti Internet Marketing

Selanjutnya ada kendala tentang internet marketing. Jika anda sudah memutuskan untuk memulai bisnis secara online, pastinya anda akan berupaya memahami apa itu internet marketing. Internet marketing merupakan suatu strategi atau cara yang tepat dalam memasarkan produk secara online. Terlebih lagi dengan banyaknya jenis media social yang digunakan masyarakat, tentunya anda pun juga harus pro aktif menggunakan berbagai media social tersebut sebagai media dagang yang tepat.

  1. Kesalahan Dalam Mematok Komisi

Terakhir adalah permasalah dalam mematok komisi. Seperti yang telah dijelaskan diatas jika jumlah pesaing dalam bisnis online sangatlah banyak. Oleh sebab itu, untuk bisa tetap bertahan atau tidak kalah saing anda dituntut untuk berani mematok harga yang bersaing. Jika anda salah mematok harga serta komisi terlalu tinggi, pelanggan pun akan lebih memilih membeli produk pada reseller lain.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: