Bisnis Online

Teknik Manfaatkan WhatsApp untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis

manfaatkan-whatsapp-untuk-bisnis

Seiring meningkatnya pertumbuhan pengguna WhatsApp, membuat aplikasi pesan instan ciptaan Jan Koum ini semakin banyak dilirik oleh pebisnis. Dengan memanfaatkan beragam fitur di WhatsApp, maka para pebisnis memang bisa mendapatkan banyak kemudahan untuk mengurus beberapa hal dalam bisnisnya. Tidak hanya itu, dengan banyaknya klien dan konsumen yang menggunakan WhatsApp menjadikan pebisnis akan mampu untuk menjalin relasi yang baik dengan klien dan konsumen/pelanggan. Namun agar bisa membuat WhatsApp ini bekerja dengan baik dalam membantu Anda perlu berusaha menerapkan beberapa teknik. Nah berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa jalankan saat memanfaatkan aplikasi WhatsApp dalam tujuan memajukan usaha atau bisnis.

  1. Buat Nomor WhatsApp Khusus Binsis

Pertama, teknik yang bisa Anda jalankan untuk memaksimalkan WhatApp sebagai aplikasi chat untuk mengembangkan bisnis adalah dengan membuat nomor khusus. Jadi cobalah jadi lebih profesional dengan membuat nomor WhatsApp khusus untuk bisnis Anda. Jadi Anda harus membuat dan membedakan nomor WhatsApp pribadi dan nomor WhatsApp bisnis. Dengan membuat nomor WhatsApp khusus bisnis ini maka Anda akan terhindari dari beberapa kegiatan yang bisa membuat nama baik perusahaan jadi buruk. Ketika menggabungkan nomor WhatsApp pribadi dan bisnis memang ada kemungkinan bisnis Anda terlihat kurang profesional. Ini karena cerita dan keluh kesah Anda di WhatsApp dapat membuat customer ilfeel. Jadi saat Anda menggunakan WhatsApp dan mulai melakukan update status pribadi Anda sehari-hari, maka ketika itu pula bisnis Anda menunjukkan tanda tak profesional.

  1. Fokuskan Pada Target Market Bisnis Anda

Setiap bisnis memang sudah harus memiliki target pasarnya. Menentukan target pasar ini memang sangat penting bagi setiap entrepreneur agar ia bisa lebih fokus dalam membuat strategi usaha. Salah satu strategi usaha dengan memanfaatkan target pasar yang dapat membantu para pebisnis adalah ketika menerapkan penggunaan WhatsApp. Ketika menggunakan nomor WhatsApp khusus bisnis, Anda memang dapat dengan bebas memasukkan kontak untuk keperluan komunikasi bisnis. Tapi bila Anda ingin bisnis mengalami pertumbuhan yang baik maka memilih beberapa kontak target pasar, termasuk para konsumen serta pelanggan, akan membuat Anda lebih fokus. Dari fokus pada para customer maka Anda akan mampu menjadikan beberapa fitur di WhatApp berkerja lebih optimal untuk bisnis.

  1. Gunakan Fitur Grup dan one to one chat

Berikutnya, teknik mengoptimalkan WhatApp untuk mendukung pertumbuhan bisnis adalah dengan memanfaatkan fitur grup dan one to one chat. Dengan beberapa pelanggan yang sudah Anda miliki maka tak ada salahnya untuk membentuk grup. Namun pastikan dulu Anda mendapatkan izin dari pelanggan Anda untuk dimasukkan ke dalam grup. Dengan adanya grup ini Anda akan lebih mudah untuk melakukan strategi penjualan atau juga strategi promosi lainnya. Selain membuat grup, Anda juga dapat memanfaatkan fitur chat personal atau one to one chat pada pelanggan atau konsumen dengan misi khusus. Sekedar bertanya kabar kepada para customer melalui fitur chat personal juga sangat efektif dilakukan agar mereka semakin suka dan senang dengan bisnis Anda.

  1. Gunakan Fitur Stories untuk Promosi

Fitur terbaru yang dimiliki WhatsApp yang bernama stories juga dapat Anda gunakan untuk mendukung petumbuhan bisnis. Fitur stories sendiri adalah fitur WhatsApp yang membuat Anda bisa membagikan cerita ke orang-orang yang ada di kontak bisnis Anda. Nah supaya tujuan Anda yakni mengembangkan bisnis ini tercapai, maka fitur stories ini tidak boleh asal Anda gunakan. Jadi hanya cerita yang berhubungan dengan bisnis Anda saja yang seharusnya Anda bagikan kepada orang lain. Beberapa hal yang bisa Anda bagi dalam fitur stories di WhatsApp adalah promosi produk, informasi berkaitan dengan kegiatan bisnis Anda dan lain sebagainya. Hindari membagi cerita pribadi Anda di stories WhatsApp bisnis Anda. Hal ini karena akan membuat customer menganggap Anda kurang profesional.

  1. Berpromosilah dengan Bijak

Terakhir, teknik memanfaatkan WhatsApp guna mendukung kegiatan bisnis Anda adalah dengan berpromosi secara bijak. Tak jarang memang banyak pengusaha menganggap WhatsApp sebagai media pribadi yang bebas untuk melakukan promosi. Memang secara aturan di WhatsApp hal ini tidak dilarang. Namun secara etika bisnis, promosi secara berlebihan justru akan membuat blunder bagi pengusaha. Mengapa demikian? Sebab promosi yang dilakukan secara berlebihan dapat membuat para customer jadi ilfeel atau hilang rasa pada Anda. Nah untuk mengindari hal tersebut maka Anda harus bijak dalam berpromosi di WhatsApp.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top