Bisnis Online

Teknis dalam Menjual Produk di Internet

Tehnik dalam menjual produk di internet dan dunia nyata memiliki tingkat interaksi yang berbeda. Di dunia nyata seperti mall, toko, dan di kaki lima, para calon pembeli dapat melihat langsung, menyentuh, meraba dan merasakan tekstur barang yang mereka inginkan, dan mereka dapat bertanya langsung kepada penjual jika ada sesuatu hal yang ingin mereka tanyakan. Di internet, calon pembeli hanya melihat gambar, video, dan sekilas deskripsi barang berupa deretan tesk. Sebagai penjual yang baik, kamu harus memberikan gambaran sedetail mungkin. Calon pembeli harus bisa melihat dan mendengar dari deskripsi tersebut.Buatlah kalimat penawaran yang menarik, agar pembeli melirik produk tersebut dan pada akhirnya mereka tertarik untuk membelinya.

Berikut ini adalah 5 aspek yang untuk menarik perhatian netizen, yaitu.

1. Menarik Perhatian Netizen
Internet adalah perpustakaan raksasa yang berisi informasi yang sangat besar, apapun yang kamu cari ada di internet. Bagaimana caranya agar netizen membaca apa yang kita tawarkan? Buatlah judul dan subjudul yang menarik, rebut 10 detit netizen dengan judul yang menarik.

2. Menarik Minat Netizen
Jika kamu sudah berhasil menarik perhatian netizen dengan judul yang menarik, selanjutnya kamu dapat menarik minat mereka terhadap produk yang kamu tawarkan. Jelaskan bagaimana produk terebut dapat menyelesaikan masalah mereka, melebihi ari nominal yang mereka harus bayarkan. Gunakan juga testimoni dari para pembeli sebelumnya atas keungulan produk yang kamu tawarkan.

3. Menarik Hasrat Netizen
Langkah ketiga adalah menubah minat netizen menjadi hasrat yang mengebu-gebu untuk membeli produk yang kita tawarkan. Jelaskan pada paragraf kedua, fitur, manfaat dan kelebihan jika mereka membeli produk yang kita tawarkan. Ciptakan kebutuhan mereka agar mereka berhasrat membeli.

4. Menarik Tindakan Netizen
Setelah netizen berubah menjadi calon pembeli yang potensial, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana membuat netizen tersebut melakukan pemesanan. Buatlah alur pemesanan produk yang semudah mungkin. Cerdas itu simple, sederhana.

5. Memberikan Penutupan yang Baik
Pada bagian paragraf terakhir ini, ada baiknya kamu memberikan jaminan, atau garansi terhadap produk/jasa yang kamu tawarkan. Kamu juga perlu mencantumkan no. WhatApps dan alamat e-mailmu agar mereka mudah menghubungimu jika produk atu jasa yang mreka terima tidak sesuai dengan harapan mereka. Garansi, tau jaminan serta nomor kontak pribadi yang kamu cantumkan, membuat calon pembeli merasa aman.

Setelah 5 aspek untuk menarik perhatian netizen, lakukan 3 cara ini sebagai pelengkap, yaitu.

Kemasan Produk yang Menarik
Jika kamu sudah menuliskan judul yang menarik, menarik minat, dan hasrat netizen, dan mengarahkan netizen untuk membeli, dan membeikan garansi jaminan serta mencantumkan nomor kontakmu, hal lain yang harus kamu lakukan adalah membuat kemasan produk menjadi menarik. Kamu dapat mengunakan jasa freelance, atau pihak ketiga untuk membuat kemasan produkmu menjadi menarik.

Keunggulan yang Dimiliki Produk
Semakin detail dan bagus bahasamu dalam surat penawaran atau deskripsi produk, semakin besar produkmu dibeli netizen. Selalu lakukan update mengenai keungula produkmu, netizen biasanya akan menilai apakah produk yang kamu tawarkan, dikembangkan terus menerus atau diabaikan dan tidak berinovasi.

Keamanan Transaksi saat Membeli Produk
Sistem pembayaran di internet berbeda dengan dunia nyata, Jika di dunia nyata kamu membayar secara tunai, sedangkan di internet pembayaran biasanya dilakukan dengan sistem transfer antar bank. Pembayaran elektrinik yang populer dan aman digunakan di Indonesia dan belahan dunia lain adalah pay pal (paypal.com), sedangkan bank yang populer dan sering digunakan adalah Bank BCA. Happy selling, salam sukses.

Sumber Gambar:

http://www.dewaseo.com/wp-content/uploads/2015/10/20.cara-jualan-online.jpg

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: