Lainnya

Temukan 5 Hal Aneh Ini Saat Dapatkan Tawaran Kerja? Pikir Dulu Sebelum Menerimanya

penawaran-kerja

Bagi seorang pencari kerja, berita penawaran kerja merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu. Adanya berita penawaran kerja ini memang menjadi tanda bahwa dirinya akan segera bisa bisa bekerja di perusahaan. Tapi dalam dunia rekrutmen kerja, terdapat banyak hal yang biasanya disembunyikan oleh pihak perusahaan dari pencari kerja. Salah satunya ketika proses penawaran pekerjaan yang diberikan. Maka dari itu bila Anda adalah salah satu orang yang sedang mencari dan mendapatkan penawaran kerja, pastikan Anda berhati-hati. Apalagi bila Anda mendapati beberapa hal aneh dalam proses rekrutmen dan penawaran kerja tersebut. Lebih baik pikirkan dulu matang-matang daripada terjerumus dalam pekerjaan atau perusahaan yang tak prospektif. Berikut beberapa hal aneh dalam penawaran kerja yang sudah seharusnya Anda cermati dengan seksama sebelum menerimanya.

  1. Berhati-hati Jika Penawaran Gaji Terlalu Tinggi

Pertama, hal yang perlu Anda waspadai saat mendapatkan penawaran kerja adalah gaji yang terlalu tinggi. Siapa sih yang tidak mau mendapatkan penawaran gaji tinggi yang melebihi ekspektasi. Tapi ternyata dalam beberapa kasus yang ada, penawaran gaji tinggi sebenarnya perlu diwaspadai. Mengapa? Sebab, gaji tinggi yang ditawarkan pihak perusahaan bisa menjadi tanda bahwa posisi yang Anda lamar, lama tidak diisi orang. Dan orang-orang yang pernah mengisinya bisa jadi banyak yang tidak betah bekerja. Penawaran gaji yang tinggi ini juga bisa menjadi tanda akan banyaknya pekerjaan dan tanggung jawab yang harus Anda pikul. Maka dari itu saat mendapatkan gaji yang besar, jangan langsung menerimanya. Tapi pastikan dulu Anda melakukan semacam penyelidikan pada posisi pekerjaan dan perusahaan tersebut. Hal lain yang bisa Anda lakukan yaitu bertanya kepada pihak HRD atau owner, tentang job description yang akan Anda kerjakan dengan gaji yang didapat tersebut.

  1. Memberikan Janji-janji Tapi Tidak Secara Tertulis

Tidak jarang dalam sebuah rekrutmen, ada beberapa janji-jani manis yang diberikan pihak perusahaan untuk para rekrutmen. Mungkin janji-janji ini terdengar begitu menyenangkan. Tapi sebagai pekerja yang baik, Anda tidak boleh langsung terlena dengan janji-janji tersebut. Alih-alih langsung senang dan menerima pekerjaan, Anda seharusnya meminta pihak perusahaan untuk menuliskan secara hitam putih apa-apa yang dijanjikan tersebut. Sebab bila Anda hanya mendapat janji-janji tadi sebatas ucapan, maka hal ini akan sulit untuk dipertanggungjawabkan nantinya bila tidak dipenuhi perusahaan. Tapi bila Anda meminta janji-janji tadi ditulis di sebuah kontrak kerja, maka Anda akan bisa menagih secara sah dan legal bila perusahaan tidak memenuhinya.

  1. Diterima Kerja, Tapi Pelamar Diminta Aktif Menghubungi Perusahaan

Selanjutnya, hal aneh dari penawaran kerja yang seharusnya Anda cermati dan pikiran lagi adalah permintaan perusahaan agar Anda aktif menghubungi perusahaan. Bila Anda mendapatkan berita diterimanya Anda untuk bekerja, maka sudah seharusnya pihak perusahaan yang aktif memberikan pesan atau informasi. Misalnya kapan waktu pertemuan pembicaraan kontrak kerja, kapan masuk kerja dan lainnya, seharusnya diinformasikan oleh pihak perusahaan. Bila Anda mendapati hal aneh seperti ini maka Anda harus waspada karena bisa jadi perusahaan tersebut tidak terorganisir dengan baik.

  1. Perusahaan Terlalu Bersemangat Memberikan Tawaran Kerja

Hal aneh berikutnya yang perlu diwaspadai saat mendapatkan penawaran kerja adalah perusahaan yang terlalu bersemangat memberikan penawaran tersebut. Hal ini sebenarnya mirip dengan poin kedua sebelumnya dimana perusahaan memberikan gaji yang begitu besar. Nah bila Anda mendapati perusahaan yang terlalu bersemangat memberikan tawaran jangan malah senang. Alih-alih senang dan langsung menerimanya, Anda seharusnya menaruh curiga. Apalagi bila tawaran ini muncul tanpa ada proses seleksi yang normal, maka Anda harus semakin curiga. Pasalnya, tawaran seperti ini bisa menandakan bahwa perusahaan memang sudah lama tidak mendapatkan karyawan di posisi yang Anda lamar tersebut. Dan dari sini bisa terungkap banyak arti lain yang janggal, mengapa perusahaan tidak kunjung mendapatkan karyawan di posisi yang Anda lamar itu.

  1. Saat Proses Rekrutmen, Perusahaan Meminta Banyak Data Diri yang Tidak Ada Kaitannya dengan Pekeerjaan

Terakhir, hal aneh yang perlu Anda cermati lebih dalam dalam penawaran kerja adalah adanya permintaan perusahaan yang meminta banyak data diri, bahkan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Bila hal ini Anda dapati langsung saja taruh curiga. Pasalnya, data-data yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan sebenarnya tidak perlu diberikan. Jika ada perusahaan yang semacam ini, bisa jadi ini adalah salah satu upaya penipuan yang sedang dijalankan dengan kedok rekrutmen pekerjaan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top