Tips

Terapkan 6 Resep Berikut untuk Sukses Jadi Reseller Dropshipper, Tertarik?

sukses-jadi-dropshipper

Semakin massifnya perkembangan internet membuat muncul beberapa celah atau peluang mendapatkan uang dari dunia online. Salah satu peluang mendapatkan pundi-pundi uang dari internet adalah dengan menjadi reseller dropship (dropshipper). Reseller dropship adalah seseorang yang bekerja menjual kembali barang dari pemilik bisnis secara langsung kepada pembeli tanpa harus menyetok produk. Dari sini maka menjadi dropshipper membuat seseorang hampir tidak membutuhkan modal. Ini karena stock barang dan pengiriman semuanya dilakukan oleh pihak pemilik bisnis. Meski terbilang mudah dan menyenangkan, menjadi reseller dropship tidak semudah dibayangkan. Untuk sukses menjadi dropshipper dibutuhkan skill dan juga resep atau kiat khusus. Nah berikut ini beberapa resep dan kiat khusus untuk bisa sukses menjadi reseller dropsipper.

  1. Kecakapan Menjual

Resep sukses pertama dan paling utama untuk menjadi seorang dropshipper adalah kecakapan atau keahlian menjual. Sebagai seorang reseller, dropshipper memang memiliki tugas pokok untuk menjual barang dari pemilik bisnis sebanyak-banyaknya. Jadi ukuran paling nyata dari kinerja seorang dropshipper adalah kemampuannya untuk menjual. Semakin baik dan banyak produk yang bisa dijual dropshipper maka semakin besar pula peluangnya untuk bisa meraih sukses. Untuk bisa memiliki kecakapan menjual dengan baik tersebut, seorang dropshipper harus selalu belajar dan menimba pengalaman.

  1. Cari Pemilik Bisnis yang Tepat

Dalam menjalankan pekerjaan sebagai reseller dropshipper maka Anda akan menjalin kemitraan dengan pemilik bisnis yang memiliki barang atau produk. Walau untuk mendapatkan pemilik bisnis yang mempercayai kita sebagai dropshipper ini tidak mudah, tapi bukan berarti kita sembarang memilih. Sebab dengan pemilik bisnis yang profesional maka apa yang Anda usahakan untuk konsumen juga akan optimal. Misalnya saja dalam urusan pengiriman barang. Bila Anda bekerjasama dengan pemilik bisnis yang buruk dalam hal pengiriman barang ke konsumen, maka hal ini akan mempengaruhi reputasi Anda sebagai reseller terhadap konsumen.

  1. Lakukan Selalu Komunikasi yang Baik dengan Pemilik Bisnis

Ketika Anda sudah mendapatkan pemilik bisnis yang tepat dan profesional maka resep sukses berikutnya adalah menjalin komunikasi yang baik. Pemilik bisnis yang empunya produk memang punya kuasa penuh atas produk yang akan dipasarkan dropshipper. Jadi supaya tidak terjadi salah paham, usahakan untuk selalu berkomunikasi yang baik dengan pemilik bisnis. Dari komunikasi yang baik maka bukan hanya akan melancarkan proses reseller Anda, tapi akan membuat tingkat kepercayaan pemilik bisnis semakin besar.

  1. Pastikan Untuk Selalu Fast Respon Pada Konsumen

Untuk melakukan fast respon seharusnya bagi seorang dropshipper tidak ada masalah. Sebab Anda sebagai dropshipper tidak punya kesibukan lain dalam hal pekerjaan selain menjual. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa tugas dropshipper di sini hanya menjual saja. Selebihnya, urusan stock barang, pengemasan dan pengiriman barang menjadi tanggung jawab dari pemilik bisnis. Nah dari sini terlihat bahwa dropshipper hanya memiliki tugas utama menjual saja, itu pun biasanya bisa dilakukan dari jarak jauh melalui telepon atau chat. Nah dari sini maka keharusan seorang droshipper untuk selalu fast respon pada konsumen selayaknya bisa dilakukan dengan baik. Dengan Anda selalu fast respon terhadap konsumen maka akan semakin terbuka peluang untuk sukses menjadi dropshipper.

  1. Berikan Rasa Kepuasan Berbelanja Pada Konsumen

Selanjutnya, resep khusus untuk bisa menjadi dropshipper suskes adalah selalu berusaha membuat konsumen puas. Konsumen yang membeli produk memang harus Anda layani sebaik mungkin. Seperti pepatah yang menyatakan pembeli adalah raja, maka seorang dropshipper dengan keterbatasannya harus juga memperlakukan konsumennya layaknya raja. Jadi supaya puas, layani saja konsumen Anda dengan semaksimal mungkin meski Anda tidak bisa memastikan keadaan dan pengiriman barang. Semakin puas apa yang Anda hadirkan untuk konsumen dalam penjualan barang secara reseller maka akan semakin terbuka lebar peluang sukses menjadi dropshipper. Jangan sungkan juga untuk meminta maaf pada konsumen bila keadaan dan pengiriman barang tidak memuaskan, meski itu bukan tanggung jawab Anda sebagai dropshipper.

  1. Jalin Retensi yang Baik dengan Konsumen

Terakhir, resep untuk sukses menjadi dropshipper adalah dengan selalu menjalin retensi baik dengan konsumen. Retensi konsumen adalah menjalin hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan customer dalam waktu jangka panjang. Jadi meski proses pembelian kepada seorang konsumen telah berakhir, bukan berarti dropshipper tak lagi menjalin komunikasi dengan customer tersebut. Jadi jalinlah terus komunikasi dengan sewajarnya supaya hubungan tetap berlanjut. Hanya bertanya kabar dan juga mengenalkan produk baru bisa menjadi cara tepat untuk selalu menjalin retensi baik dengan customer.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top