Tips

Terapkan 8 Tips Agar Usaha Kuliner Pinggir Jalan Anda Sukses dan Laris Manis

kuliner-pinggir jalan

Seiring dengan meningkatnya mobilitas manusia, maka usaha kuliner pinggir jalan pun mulai tumbuh dan berkembang secara cepat. Kuliner pinggir jalan merupakan salah satu usaha yang potensial dan modal minim. Meskipun hanya dengan modal minim, sudah banyak bukti usaha kuliner pinggir jalan mampu menghasilkan omset yang menggiurkan. Namun, pada kenyataanya usaha kuliner pinggir jalan tidaklah selalu berjalan dengan mulus. Ada juga usaha yang mengalami kegagalan dan hanya bertahan dalam hitungan bulan saja. Tentu saja hal ini menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin atau sedang merintis usaha kuliner pinggir jalan, khususnya untuk memilih jenis kuliner dan cara mengembangkan usaha tersebut. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini adalah 8 tips agar usaha kuliner pinggir jalan Anda menjadi sukses dan laris manis.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Dalam menjalankan usaha kuliner pinggir jalan, ada faktor utama yang dapat menunjang kesuksesan yaitu lokasi usaha yang strategis. Sebaiknya, lokasi usaha harus mudah dijangkau banyak orang dan terlihat jelas oleh kendaraan yang berlalu lalang melewati tempat usaha Anda. Dengan demikian, peluang untuk ramai dikunjungi oleh konsumen akan semakin besar. Jangan lupa, pilih juga lokasi usaha yang memungkinkan usaha Anda untuk buka secara full time.

  1. Tempat Usaha yang Bersih dan Nyaman

Di era sekarang ini, tempat makan tidak hanya menjadi sekedar lokasi untuk makan saja. Namun, banyak tempat makan yang berlomba-lomba untuk membuat lokasi usaha yang menyajikan keindahan dan kenyamanan. Hal ini, tentu membuat para konsumen menjadi betah berlama-lama untuk makan di tempat usaha yang bersih dan nyaman. Tidak hanya itu, jika tempat usaha Anda bersih dan nyaman maka bisa jadi para pelanggan akan mengajak keluarganya atau bahkan memberi referensi kepada sahabatnya untuk makan ditempat usaha kuliner milik Anda. Oleh karena itu, desainlah tempat usaha Anda secantik dan sekreatif mungkin agar menjadi tempat unik yang menyajikan kenyamanan dan kebersihan.

  1. Memberi Pelayanan yang Terbaik Bagi Konsumen

Setelah membuat tempat usaha yang bersih dan nyaman, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memberi pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Pelayanan merupakan hal yang sangat penting dan wajib diberikan oleh Anda selaku pengelola usaha kepada konsumen. Semakin cepat dan baik pelayanan yang Anda berikan, maka konsumen pun akan merasa senang dan puas.

  1. Menyajikan Menu yang Enak dan Beragam

Jika usaha kuliner hanya menyajikan makanan yang itu-itu saja, konsumen pun akan cepat bosan. Oleh karena itu, sajikan menu yang beragam varian. Dengan menghadirkan berbagai varian menu yang enak, tentu akan membuat konsumen senang karena memiliki banyak pilihan makanan untuk dinikmati. Jangan lupa juga untuk mempertahankan ciri khas sajian makanan Anda, sehingga konsumen akan tertarik dan enggan melupakan makanan yang Anda sajikan.

  1. Harga yang Pas di Kantong (Murah)

Kuliner pinggir jalan, dikenal sebagai jajanan yang memiliki harga murah. Itulah sebabnya, mengapa banyak kalangan menyukai  kuliner pinggir jalan. Meskipun harganya murah, namun Anda tetap tidak boleh melupakan cita rasa dan kualitas kuliner yang disajikan. Jika hal ini terjadi, maka Anda bukan akan mendapatkan untung tetapi rugi.

  1. Beri Promosi yang Menarik Bagi Konsumen

Promosi adalah salah satu cara untuk memperkenalkan usaha Anda ke mata publik agar mendapatkan keuntungan. Dengan promosi, maka akan menarik minat pembeli dalam jumlah yang banyak serta membuat usaha Anda laris manis dan sukses.

  1. Kreatif dan Inovatif dalam Menjalankan Usaha

Seiring berkembangnya tren makanan yang ada dan diminati masyarakat, maka kreatifitas dan inovasi semakin diperlukan. Apalagi dalam bisnis kuliner, termasuk soal tampilan dan rasa yang disajikan. Agar usaha kuliner Anda tetap dilirik oleh masyarakat, kembangkanlah kreatifitas dan inovasi yang kekinian dan hits. Dengan hal ini, keuntungan yang didapatkan akan semakin besar.

  1. Berikan Layanan Tambahan Pada Konsumen

Langkah terakhir, agar usaha kuliner pinggir jalan Anda sukses dan laris manis yaitu dengan memberikan layanan tambahan pada konsumen. Salah satunya adalah memberi layanan delivery order. Sebab, di era mobilitas seperti saat ini banyak masyarakat yang lebih mengandalkan layanan delivery order praktis. Untuk mengakomodir upaya pengembangan layanan, Anda bisa bekerja sama dengan transportasi online seperti grab dan gojek.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: