StartUp dan UKM

Ternyata Pendanaan Startup Ada 4 Jenis Lho, Sudah Tahu Belum?

jenis-pendanaan-startup

Saat ini kita seringkali mendengar berita pendanaan dari investor pada sebuah startup tertentu. Pendanaan terhadap startup oleh investor ini bisa mencapai jutaan dolar atau miliaran rupiah. Sebagai sebuah usaha rintisan, startup memang membutuhkan banyak dana untuk bisa mengembangkan bisnisnya. Karena begitu maraknya bisnis rintisan berbasis digital saat ini membuat muncul beragam jenis pendanaan. Dengan adanya beberapa jenis pendanaan yang nilainya terbilang tidak sedikit ini membuat seseorang yang ingin membangun startup jadi lebih bersemangat lagi untuk merintisnya. Nah berikut ini empat jenis pendanaan startup yang diberikan investror yang perlu diketahui, terutama Anda yang sedang merintis startup.

  1. Putaran Pendanaan Tahap Awal (Seed Round)

Pada awal mula pendanaan startup, maka investor akan mengeluarkan seed round. Dilakukannya pendaaan seed round ini adalah guna menelaah dan meriset potensi produk yang sedang dibuat serta melakukan identifikasi target pasar yang sesuai dengan produk yang dikembangkan. Pendanaan awal berwujud seed round ini umumnya berkisar antara Rp 500 juta sampai dengan Rp 2,5 miliar yang dikucurkan investor. Besaran pendanaan seed round sendiri bergantung pada beberapa biaya yang diperlukan startup seperti biaya untuk kantor, pemasaran, gaji dan lain sebagainya.

  1. Putaran Angel Investor(Angel Round)

Pendanaan selanjutnya setelah seed round adalah angel round atau putaran angel investor. Jika pendanaan pertama bertujuan untuk menelaah potensi produk dan identifikasi target pasar, maka pendanaan kedua ini bertujuan guna memperoleh pengguna awal serta perbaikan produk. Umumnya investor yang mengucurkan dana jenis ini tertarik pada startup yang produknya telah ditulis media massa dan mencuri perhatian publik. Pada pendanaan ini juga startup boleh dikatakan sedang dalam masa pengembangan awal setelah usaha berjalan 6 hingga 12 bulan. Hal ini terlihat dari usaha mereka yang melakukan uji coba produk, menawarkan demo dan juga meluncurkan ke publik. Dalam tahap ini, startup umumnya juga sudah mempunyai inti utama dari produk beserta fitur-fiturnya. Agar tetap eksis, pada tahap angel round ini, startup biasanya juga akan mencari dana tambahan.

  1. Putaran Seri A (Series A Round)

Selanjutnya, jenis pendanaan startup adalah putaran Seri A atau Series A Round. Pendanaan yang satu ini umumnya diberikan investor ketika startup sudah mencapai tahap Beta. Pada tahap beta sendiri biasanya startup telah siap meraih pengguna dengan jumlah tertentu. Selain itu pada tahap pendanaan seri A ini founder startup biasanya akan melakukan pencarian model bisnis dengan cara melakukan scaling produk ke area lain dengan ciri khas yang sama.

Dengan adanya pengguna dalam jumlah tertentu ini maka investor jadi tak ragu-ragu untuk mengucurkan Series A Round. Series A Round sendiri biasanya memiliki jumlah yang lebih besar. Besaran dana untuk pendanaan seri A ini juga beragam bergantung dari besaran kemampuan dan potensi startup. Biasanya untuk ukuran di Indonesoa, Series A Round ini berkisar antara Rp10 miliar hingga Rp33 miliar. Pada pendanaan seri A sendiri umumnya berasal dari para investor yang memiliki jaringan luas.

  1. Putaran Seri B (Series B Round)

Tahapan penadaan akhir yang ada pada startup adalah Putaran Seri B atau Series B Round. Dana dari Putaran Seri B ini biasanya setelah didapat founder startup akan dimanfaatkan untuk optimalisasi basis pengguna, model bisnis dan perluasan pasar yang lebih besar. Sayangnya sampai sekarang tidak banyak startup lokal Indonesia yang mampu menyerap dana ini. Hal ini dikarenakan startup lokal yang masih belum mempunyai basis pengguna besar yang mampu membuat investor mendapatkan keuntungan. Pendanaan untuk Putaran Seri B ini sendiri umumnya berkisar antara Rp 22 miliar sampai dengan Rp 80 miliar.

Inilah beberapa jenis pendanaan dari investor pada sebuah startup. Dari beberapa pendanaan inilah maka sebagai founder startup Anda seharusnya lebih giat dan rajin berusaha membangun startup agar lebih maju dan berkembang lagi. Pasalnya semakin maju dan bertumbuh startup maka akan semakin besar peluang Anda untuk memperoleh pendanaan yang lebih besar lagi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top