Keuangan

Teruntuk Anda yang Ingin Berbisnis, Jangan Pinjam Modal dari Kartu Kredit Yah!

 

Hampir semua orang ingin memiliki usaha sendiri, bahkan dengan gaji yang tinggi. Bagaimana tidak, berbisnis sendiri memiliki kebebasan waktu untuk bekerja serta bisa mendapatkan hasil dari jerih payah sendiri dan memberi peluang kerja bagi orang lain. Akan tetapi, dalam menjalankan bisnis ini selalu saja ada kendala yang membuat mereka jadi enggan memulai bisnisnya. Salah satu kendala yang paling umum terjadi yaitu modal bisnis. Padahal, modal adalah salah satu hal yang paling penting untuk bisa mulai menjalankan bisnis. Namun bagi sebagian orang malah mengambil jalan yang beresiko tinggi demi mendapatkan modal untuk membuka bisnis, seperti meminjam modal menggunakan kartu kredit. Anda sendiri pasti mengetahui bahayanya penggunaan kartu kredit jika tidak bisa bijak dalam menggunakannya bukan? Bagi Anda yang ingin meminjam modal dengan menggunakan kartu kredit, sebaiknya ketahui 6 bahayanya berikut ini.

  1. Menggantungkan Suatu Hal yang Tak Pasti dengan Hal yang Pasti

Jika Anda meminjam modal dari kartu kredit, maka Anda malah akan memiliki kewajiban lain karena harus membayar tagihan kartu kredit. Padahal, bisnis yang Anda rintis tersebut belum tentu menghasilkan keuntungan besar. Bukannya Anda bisa mendapatkan profit sebanyak-banyaknya, namun malah harus mengeluarkan pengeluaran setiap bulannya. Oleh karena itu, pikirkan hal ini dengan matang sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk meminjam modal dari kartu kredit.

  1. Seringkali Tergoda untuk Membeli Perlengkapan yang Tidak Begitu Dibutuhkan

Saat memiliki modal awal yang cukup besar, mungkin Anda akan sering tergoda untuk membeli perlengkapan yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan bukan? Misalnya membeli hiasan dinding, dekorasi dan barang-barang yang tidak diperlukan lainnya. Bukannya membeli perlengkapan yang dibutuhkan untuk keperluan bisnis, tapi uang tersebut malah dibuang sayang hanya untuk menuruti keinginan saja. Lain halnya dengan memulai bisnis modal kecil, Anda tentu akan lebih menghemat keuangan karena mengingat uang cash yang dimiliki itu terbatas.

  1. Jika Daya Juang untuk Mengumpulkan Modal Kurang, Maka Penghargaan Terhadap Proses Pun Akan Kurang Juga

Merintis bisnis dari nol hingga sukses, tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi pengembangnya. Dibalik kesuksesan tersebut pasti ada suatu proses dan perjuangan, baik dari segi modal maupun cara menjalankannya. Agar Anda dapat menghargai arti sebuah proses dan perjuangan menuju kesuksesan, maka Anda harus mengetahui secara langsung dengan mempraktikkan hal yang sama untuk berjuang mengumpulkan modal sendiri tanpa harus meminjam. Jika Anda benar-benar sudah bisa merasakan bagaimana perjuangan tersebut, maka Anda pasti akan menghargai jerih payah orang lain yang sedang berusaha dengan menggunakan keringatnya sendiri. Yah, kurang lebih lelahnya akan sama seperti apa yang Anda rasakan. Dengan begini, Anda pasti akan lebih terpacu untuk terus berjuang mengembangkan bisnis Anda sampai berhasil.

  1. Sekali Meminjam, Anda Akan Ketagihan Mengandalkan Pinjaman dari Bank Lagi

Jika sekali Anda berhasil menggolangkan dana pinjaman dari bank untuk usaha, maka Anda akan cenderung menggunakannya lagi di lain waktu. Bahkan, meski pinjaman sebelumnya belum lunas Anda malah akan tetap meminjam demi usaha Anda. Jika hal ini membuat Anda jadi terbiasa, ketahuilah ini akan berdampak buruk untuk keuangan Anda nanti. Percuma saja bisnis Anda menghasilkan uang, tapi setiap bulannya mempunyai tagihan utang kepada bank.

  1. Bunga Kartu Kredit yang Besar

Dalam muslim, memakai kartu kredit itu tidak disarankan. Selain bisa merugikan Anda, bunga yang di tetapkan oleh pihak bank juga termasuk ke dalam riba. Nah, bunga tersebutlah yang nantinya akan membuat hutang Anda seolah-olah tidak akan pernah selesai. Itupun kalau bisnis Anda maju dan bisa melunasinya sampai selesai, tapi kalau ternyata sebaliknya? Maka dari itu, sebagai pebinis yang cerdas Anda harus teliti dan seksama dalam menyikapi modal usaha. Jangan sampai bisnis Anda gulung tikar, sehingga membuat Anda jadi terlilit tumpukan hutang yang tidak ada habisnya.

  1. Tawaran dari Bank yang Terus Menaikkan Plafon

Jika Anda berhasil membayar cicilan dengan tepat waktu, maka biasanya pihak bank akan menawarkan Anda untuk menaikkan plafon pinjaman kartu kredit. Sebaiknya, jangan cepat tergiur pada tawaran tersebut karena hal ini bisa membuat Anda terjebak ke dalam tumpukan hutang lebih besar dari sebelumnya. Bukankah Anda tidak akan tahu bagaimana kondisi keuangan nanti? Jadi, bersikaplah lebih bijak dalam mengelola dan mengatur keuangan. Toh, ini juga demi kebaikan bisnis dan kehidupan pribadi Anda bukan?

Itulah dia 6 bahaya meminjam modal dari kartu kredit yang semestinya Anda pikirkan dengan baik sebelum membuka usaha sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda tidak terjerumus ke dalam hal yang tidak disarankan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top