Peluang Usaha

Tidak Ada Salahnya Mencoba Mandiri Sebelum Anda Meraih Toga

Tidak Ada Salahnya Mencoba Mandiri Sebelum Anda Meraih Toga – Setiap tahun lulusan sarjana semakin bertambah sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan lowongan kerja yang tersedia. Alhasil banyak pula yang menganggur berbulan-bulan bahkan hingga tahunan.  Menjadi pengangguran bukanlah takdir tapi pilihan anda sendiri sebab sebenarnya sebelum anda luluspun lowongan pekerjaan bisa anda sediakan sendiri. Salah satunya ialah dengan menjadi seorang pengusaha dengan mendirikan perusahaan sendiri. Tak harus mendirikan perusahaan besar bila modal tak mencukupi anda juga bisa memulainya dari bisnis kecil-kecilan.

Mendirikan bisnis sejak dini dapat memberikan anda pengalaman dan mempraktekkan ilmu yang telah di dapat dari kampus. Bisnis juga akan membentuk karakter diri anda menjadi lebih tahan banting dalam menghadapi kompetisi kehidupan yang ada saat ini. Berikut 10 bisnis yang bisa membuat Anda mandiri sebelum lulus kuliah:

  1. Jual beli buku bekas dan baru

Sebagai seorang mahasiswa buku menjadi salah satu benda yang amat penting untuk mendukung perkuliahan. Tak jarang beberapa orang tak mampu membeli buku-buku baru yang harganya lumayan mengocek kantong. Disinilah peluang bisnis anda bisa dimulai yakni jual beli buku bekas maupun baru. Anda bisa memulainya dengan menyediakan buku untuk kelas anda sendiri kemudian merambah kelas-kelas lainnya atau adik kelas.

  1. Servis computer dan printer

Bagi yang punya hobi otak atik computer dan teman-temannya bisa juga mencoba menyediakan jasa servis untuk computer dan printer. Terlebih bagi mahasiswa akhir dua benda ini bak sepasang sepatu yang wajib ada untuk penyusunan skripsi.

  1. Jasa pengetikkan

Selain servis computer dan printer anda juga bisa menyediakan jasa pengentikkan. Jasa satu ini sangat dibutuhkan khususnya bagi para mahasiswa akhir yang punya banyak revisi skripsi.  Anda bahkan cuman bermodal computer atau laptop saja dan bisa dikerjakan dimanapun selama anda senggang.

  1. Tour and travel

Bagi yang punya mobil bisa juga mendirikan bisnis tour and travel. Selain mendapatkan uang anda juga bisa jalan – jalan dan menambah relasi yang mungkin membawa anda pada pekerjaan kantoran yang didamba saat lulus kuliah nanti.

  1. Jasa pengiriman

Satu lagi bisnis sederhana tapi punya untung yang tidak bisa dipandang sebelah mata yakni jasa pengiriman. Kemudahan teknologi sangat berpengaruh pada kehidupan manusia dan bagaimana mereka berinteraksi dan beraktivitas. Kini banyak orang tidak memiliki waktu bahkan untuk membeli makanan mereka sendiri. Disinilah jasa pengiriman muncul dan memberikan layanan pesan antar makanan serta barang lainnya.

  1. Desain grafis

Ingin buka bisnis yang juga mengasah kemampuan desain grafis anda? Inilah saatnya membuka bisnis desain grafis rumahan. Anda bisa menyediakan jasa desain grafis untuk mendesain kaos, edit foto, website hingga desain lainnya.

  1. Bisnis kuliner

Makanan masih saja menjadi salah satu bisnis favorit di Indonesia begitu pula dengan mahasiswa yang hendak belajar berbisnis. Anda bisa membuka café yag menyuguhkan beragam kopi dan teh beserta snack. Bila anda tak memiliki banyak modal bisa mencoba dengan berjualan online maupun membuka stand kecil.

  1. Penulis lepas

Bila anda kerap membaca artikel yang mengangkat peluang bisnis maka profesi sebagai penulis lepas kerap disebutkan. Pekerjaannya tak selalu melulu di kantor dan bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

  1. Penerjemah

Bagi yang menguasai beberapa bahasa atau bahasa inggris juga bisa menjadi penerjemah. Menjadi penerjemah akan mengasah kemampuan anda serta memenuhi pundi – pundi keuangan diri sendiri.

  1. Salon untuk hewan

Salon untuk para wanita atau pria itu sudah biasa anda juga bisa membuka salon yang unik dan beda dari yang lainnya. Salon untuk hewan mungkin terdengar aneh namun beberapa orang yang memiliki hewan peliharaan pasti sangat ingin ke salon ini. Ingin mencoba bisnis satu ini?

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: