Tips

Tidak Ingin Omset Usaha Anda Menurun di Bulan Ramadhan? Simak 6 Tips Jualan Laris Manis Berikut Ini

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Berbagai macam aktivitas pada bulan Ramadhan pun mulai digiatkan kembali. Di bulan Ramadhan ini, pasti ada perubahan pola hidup seseorang, salah satunya yaitu perubahan pola belanja. Perubahan pola belanja ini akhirnya akan membuka kesempatan para pedagang untuk meningkatkan peluang usaha bulan Ramadhan. Dari sini akhirnya banyak masyarakat yang memanfaatkan moment Ramadhan untuk membuka bisnis dadakan. Meski menguntungkan, namun aktivitas berdagang bulan usaha Ramadhan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, jika tidak didasari oleh strategi yang tepat, maka bisa saja aktivitas jualan tidak akan selaris yang diharapkan. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba untuk mencari peruntungan di bulan Ramadhan. Sebaiknya, simak 6 tips jualan laris sepanjang bulan Ramadhan berikut ini.

1. Tentukan Jenis Produk yang Akan Anda Jual

Sebelum Anda memutuskan untuk berjualan di bulan Ramadhan, Anda harus merencanakan jenis produk yang akan dijual. Anda bisa melakukan survey pasar terlebih dahulu, yaitu dengan melakukan pengamatan mengenai minat para konsumen. Ada beberapa jenis produk yang sangat cocok untuk dijual di bulan Ramadhan, mulai dari makanan untuk sahur maupun berbuka. Misalnya es cincau, es kelapa, es buah dan lain sebagainya. Selain produk makanan, ada juga produk lain yang cocok untuk dijual di bulan Ramadhan, diantaranya produk peralatan sholat, busana muslim, kue-kue lebaran dan pakaian untuk lebaran.

2. Tentukan Harga Jual Produk yang Dijual

Setelah menentukan jenis produk yang Anda jual, selanjutnya, tentukan harga jual produk yang akan dijual. Untuk tips ini Anda juga bisa melakukan survey terlebih dahulu, untuk bisa menentukan harga jual yang tepat. Namun Anda harus berhati-hati, jangan sampai harga yang ditetapkan terlalu rendah ataupun mahal. Karena, masing-masing harga tentu memiliki resiko. Dikhawatirkan, jika harga terlalu murah keuntungan yang didapatkan juga akan semakin rendah. Sedangkan, jika harganya terlalu mahal maka bisa membuat dagangan Anda menjadi tidak laku. Dengan demikian, pastikan harga yang Anda pasarkan ini kompetitif, sehingga, produk Anda mampu bersaing untuk menarik minat para konsumen.

3. Pilihlah Lokasi yang Strategis dan Setting Tempat dengan Semenarik Mungkin

Selanjutnya, pilih lokasi yang strategis untuk berjualan. Pilihlah, lokasi yang ramai dan mudah di akses. Selain itu, tampilan tempat juga sangat penting untuk diperhatikan. Tempat berjualan yang bersih, menarik dan rapi tentu akan menarik minat para konsumen.

4. Atur Strategi Marketing dan Teknik Promosi dengan Tepat

Tips selanjutnya, atur strategi marketing dan teknik promosi dengan tepat. Langkah pertama, Anda bisa melakukan penawaran berupa diskon dengan jumlah barang tertentu atau menawarkan bonus jika pembelian mencapai jumlah tertentu. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan produk Anda di media sosial agar produk yang Anda jual selama bulan Ramadhan semakin banyak diminati. Semakin banyak masyarakat mengetahui bisnis yang sedang Anda jalankan, maka akan semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan banyak konsumen.

5. Menjaga Kualitas Produk Anda

Pertimbangkan juga kualitas produk dagangan Anda. Karena, dari sini akan banyak konsumen yang berdatangan kembali pada Anda jika barang jualan Anda punya kualitas yang baik dibandingkan dengan produk yang dijual oleh pedagang lain. Dari sini, Anda juga bisa membangun kepercayaan para pembeli. Ingat, jangan pernah menurunkan kualitas barang dagangan Anda. Karena, hal ini sama saja dengan mempertaruhkan kepercayaan para konsumen terhadap bisnis yang sedang Anda jalani.

6. Pelayanan yang Ramah

Terakhir, tips jualan laris di bulan Ramadhan yaitu pelayanan yang ramah. Tanamkanlah dalam pikiran Anda, bahwa pembeli adalah raja. Oleh karena itu, lakukan hal terbaik untuk melayani para pembeli dengan sepenuh hati. Dengan menerapkan sikap ramah dan murah senyum, maka ini bisa menjadi strategi agar produk jualan Anda menjadi laris manis. Hindari juga untuk bersikap ketus dan cuek kepada para pembeli. Karena, bisa dipastikan tidak akan ada pembeli lagi yang mau melirik produk jualan Anda.

Demikian, 6 tips jualan laris sepanjang bulan Ramadhan. Jangan lupa, perbanyak doa agar Anda selalu diberikan kemudahan. Kemudian, sertakan juga usaha dengan semaksimal mungkin dan selalu berikhtiar. Dengan hal-hal tersebut semua aktivitas jualan Anda akan dapat bernilai ibadah dan mendapat pahala yang penuh keberkahan. Semoga bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: