Lainnya

Tidak Melulu Soal Gaji, Tapi Beberapa Faktor Ini Juga Dapat Mempengaruhi Kenyamanan Karyawan

kenyamanan-kerja

Kenyamanan memang menjadi sebuah prioritas bagi pekerja atau karyawan. Sebab dengan kenyamanan inilah karyawan bisa bekerja dengan baik dan bertahan lama di perusahaan. Tapi bila karyawan tidak mendapati kenyamanan saat bekerja maka hal ini akan sulit baginya untuk bertahan. Maka dari itu Anda sebagai owner bisnis (perusahaan) harus benar-benar memperhatikan kenyamanan pada karyawan. Tidak hanya sekedar berfokus untuk menaikkan gaji. Sebab, kenyamanan karyawan juga dipengaruhi oleh beberapa hal atau faktor di bawah ini.

  1. Penghargaan oleh Atasan

Pertama, faktor yang dapat mempengaruhi kenyamanan karyawan selain gaji adalah penghargaan. Setiap orang, termasuk karyawan memang sangat menyukai penghargaan. Apalagi bagi para pekerja atau karyawan yang telah membuktikan prestasinya, tentu penghargaan menjadi hal yang begitu penting dan diperlukannya. Saat karyawan sudah menunjukkan prestasi dan tidak ada bentuk penghargaan dari atasan maka mereka bisa saja kemudian menjadi tidak nyaman dan tidak betah. Dan bila Anda biarkan hal ini lama-kelamaan mereka bisa saja resign karena merasa pekerjaannya tidak mendapatkan penghargaan. Meskipun Anda telah menaikkan gajinya, tapi bentuk penghargaan dari Anda tetap bisa saja mereka jadikan acuan.

  1. Teman Kerja yang Saling Mendukung

Kenyamanan seorang karyawan saat bekerja ternyata juga dipengaruhi oleh teman atau rekan sekerjanya. Dalam bekerja seorang karyawan memang akan banyak berinteraksi dengan karyawan lainnya. Nah dari sinilah karena mereka adalah seorang manusia yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, bisa saja kemudian muncul ketidaknyamanan pada karyawan. Biasanya karyawan yang merasa tidak nyaman adalah mereka yang mendapati rekan kerjanya tidak saling support atau tidak saling mendukung. Dalam sebuah kerja tim dalam perusahaan memang dibutuhkan dukungan dari sesama karyawan. Apalagi bila hal ini diperparah dengan sikap karyawan yang tidak respect pada karyawan lain, maka hal ini akan membuat karyawan jadi tidak nyaman dan tidak betah.

  1. Fasilitas dari Perusahaan yang Memadai

Berikutnya, faktor yang mempengaruhi kenyamanan karyawan selain gaji adalah fasilitas dari perusahaan yang memadai. Hal yang juga paling disukai oleh karyawan selain gaji memang adalah fasilitas yang mumpuni dari perusahaan. Semakin banyak dan mumpuni fasilitas yang diberikan perusahaan maka karyawan akan semakin nyaman. Fasilitas untuk karyawan sendiri wujudkan bisa bermacam-macam. Dari asuransi, jatah libur cuti, hingga mungkin makan siang dan liburan akhir tahun merupakan beberapa comtoh fasilitas yang bisa dihadirkan pemilik bisnis kepada para karyawannya. Efketivitas pemberian fasilitas untuk membuat karyawan merasa nyaman dapat dibuktikan oleh perusahaan Google. Google memang dikenal sebagai perusahaan yang mampu menghadirkan banyak fasilitas bagi karyawannya. Dari banyaknya fasilitas yang diberikan Google inilah membuat banyak karyawannya yang betah dan nyaman bekerja di sana.

  1. Kesempatan untuk Berkembang

Setiap orang termasuk karyawan pasti menginginkan hidup yang terus berkembang. Termasuk saat bekerja dan meniti karir, mereka pastinya ingin terus berkembang hingga mencapai puncak karir. Dari sini kemudian banyak karyawan yang selalu melihat besar atau kecilnya kesempatan mereka untuk berkembang dalam perusahaan. Jika mereka melihat peluang untuk berkembang dan meniti karir yang lebih baik ini tertutup, maka karyawan biasanya menjadi tidak nyaman saat bekerja. Ini karena mereka saat bekerja seperti tidak memiliki semangat dan harapan untuk bisa mengembangkan diri. Jadi Anda yang ingin membuat karyawan betah dan nyaman, pastikan Anda menghadirkan kesempatan untuk mereka agar bisa berkembang. Membuka peluang untuk karir yang lebih tinggi juga dapat menjadi cara membuat karyawan betah.

  1. Kantor yang Representatif

Terakhir, hal yang juga dapat membuat karyawan nyaman selain gaji yakni kantor yang representatif. Kantor sebagai tempat bekerja bagi Anda dan karyawan memang sudah selayaknya untuk didesain sedemikian rupa agar mereka bisa bekerja dengan nyaman. Anda di sini bukan berarti harus membuat desain kantor seperti Google yang begitu representatif. Tapi kantor yang representatif ini bisa Anda ciptakan dengan beberapa cara lain seperti menghadirkan suasana yang baru pada cat dinding atau menambahkan aksesoris ruangan kantor untuk membuatnya terlihat lebih cantik. Selain itu menghadirkan kursi kerja yang nyaman juga bisa menjadi salah satu contoh membuat kantor yang representatif. Dengan kantor yang representatif maka karyawan akan merasakan kenyamanan saat bekerja dan berada di kantor.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top