Peluang Usaha

Tinggal di Jogja? Ini Dia 6 Usaha Potensial untuk Dijalankan di Kota Gudeg

bisnis-jogja

Sebagai kota yang terus bertumbuh, Jogja atau Jogjakarta memang menarik untuk ditelusuri dan bahkan dijadikan tempat tingal. Mengapa? Selain memiliki sajian budaya yang kental, Jogja juga telah menjadi kota tujuan wisatawan dan juga para pelajar perguruan tinggi. Dari kondisi tersebut maka Anda yang tinggal di Jogja bisa membuka bisnis dengan yang peluang besar. Namun tidak semua usaha bisa potensial dijalankan di Jogja. Nah untuk Anda yang memang ingin berbisnis di kota Jogja maka berikut ini ada beberapa referensi bisnis potensial yang bisa dijalankan di Jogja.

  1. Usaha Penginapan

Pertama, peluang bisnis potensial yang bisa Anda jalankan di Jogja adalah usaha penginapan. Besarnya jumlah wisatawan yang datang ke Jogja membuat usaha penginapan memang tak akan pernah mati. Dari sini maka Anda bisa membuka usaha penginapan dengan peluang yang sangat besar. Jadi bila Anda punya rumah atau lahan kosong di Jogja, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mendirikan penginapan. Anda tak perlu juga membuat hotel dengan anggaran yang super besar. Tapi meski dengan dana terbatas, Anda masih berpeluang menarik wisatawan atau konsumen datang, dengan cara membuat konsep penginapan yang menarik. Konsep penginapan menarik contohnya adalah seperti penginapan berkonsep budaya Jogja atau juga penginapan bergaya backpacker dan lain sebagainya.

  1. Usaha Kuliner

Dengan banyaknya jumlah penduduk di Jogja ditambah lagi dengan jumlah pendatang membuat pasar usaha kuliner di sini begitu potensial. Nah Anda yang memiliki skill memasak atau membuat olahan makanan, maka peluang ini bisa Anda ambil untuk membuka bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini sendiri ada banyak ragam yang bisa Anda pilih, seperti membuka restoran, bisnis angkringan, bisnis makanan dan minuman serta yang lainnya.

  1. Usaha Rumah Kos

Banyaknya kampus atau perguruan tinggi yang ada di Jogja memang membuat banyak mahasiswa yang membutuhkan tempat untuk tinggal. Nah Anda yang belum tertarik bisnis kuliner atau bisnis penginapan untuk wisatawan, bisa membuka usaha rumah kos. Peminat rumah kos sendiri tidak hanya datang dari para mahasiswa, tapi para karyawan yang bekerja di kota Jogja yang berasal dari daerah jauh tentu juga membutuhkan tempat ini. Nah dari besarnya peluang usaha rumah kos ini maka Anda bisa menjadikan bisnis Anda laku keras.

  1. Usaha Souvenir Kerajinan Tangan

Jogja yang terkenal dengan budayanya memang menjadikan kota ini banyak dijumpai pusat-pusat kerajinan tangan beserta produknya. Tentu kemunculan pusat-pusat kerajinan ini bukan tanpa alasan. Besarnya permintaan yang muncul dari konsumen membuat banyak pihak yang memanfaatkannya untuk membuat produk kerajinan tangan. Nah Anda yang juga punya keahlian membuat produk kerajinan tangan bisa juga mengambil peluang ini untuk berbisnis produk souvenir kerajinan tangan. Dengan modal ketekunan dan kerja keras, maka bukan mustahil produk kerajinan tangan Anda banyak yang meminati, termasuk diminati para wisatawan mancanegara.

  1. Usaha Tour and Travel

Peluang usaha yang juga tumbuh pesat dan dapat Anda jadikan referensi untuk berbisnis di Jogja adalah usaha tour and travel. Tak jarang banyak wisatawan yang datang ke Jogja tidak tahu banyak tentang kota ini. Karena ketidaktahuannya akan potensi wisata di Jogja maka mereka pun ingin liburan yang praktis dengan pendampingan. Nah dari sinilah maka Anda bisa menghadirkan jasa layanan tour and travel. Paket layanan ini bisa terdiri dari berbagai macam hal seperti antar jemput, guide, penginapan, transportasi, dan lain sebagainya. Jadi tawarkan saja pada wisatawan paket mana yang akan dipilih untuk mengambil layanan tour and travel Anda.

  1. Usaha Produk Oleh-oleh

Terakhir, usaha potensial untuk dapat Anda dijalankan di Jogja adalah bisnis produk oleh-oleh. Saat liburan, pasti kebanyakan wisatawan akan mencari buah tangan untuk dibawa pulang. Nah dari sinilah muncul peluang usaha oleh-oleh. Anda yang ingin membuka bisnis ini bisa mengambil oleh-oleh khas Jogja seperti bakpia atau kaos dagadu. Tapi bila Anda punya ide terbaru untuk dihadirkan maka membuat produk oleh-oleh lainnya juga tidak menjadi masalah. Dengan besarnya pasar wisata di Jogja tentu produk oleh-oleh Anda akan berpeluang sukses.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top