Keuangan

Tinggal di Luar Negeri dan Ingin Keadaan Finansial Selalu Aman? Terapkan 5 Trik Berikut Ini

hemat-hidup-di-Luar-Negeri

Berada dan tinggal di luar negeri membuat kita akan mendapati banyak hal yang berbeda dengan di dalam negeri. Salah satu perbedaan yang bisa kita rasakan adalah harga-harga barang yang lebih mahal. Karena harga barang-barang di luar negeri ini terbilang mahal-mahal, maka Anda yang tinggal di sana sudah seharusnya dapat mengatur keuangan dengan baik. Kemampuan mengatur keuangan di luar negeri ini sendiri dilakukan agar keadaan finansial Anda tetap sehat. Nah untuk mencapai kondisi keuangan yang selalu sehat saat berada dan tinggal di luar negeri, maka ada beberapa trik yang bisa Anda jalankan. Berikut beberapa trik untuk Anda yang tinggal di luar negeri dan ingin membuat keadaan finansial selalu sehat.

  1. Utamakan Pemenuhan Kebutuhan bukan Keinginan

Pertama, trik agar keadaan finansial Anda tetap aman selama tinggal di luar negeri adalah dengan rajin mencatat semua kebutuhan. Ingat catat kebutuhan, bukan keinginan. Kebutuhan memang lebih penting karena lebih diperlukan dan bersifat urgent. Ketika bicara kebutuhan, maka list makanan dan beberapa tagihan bulanan haruslah Anda pentingkan dulu. Jangan sampai kebutuhan pokok ini jadi terabaikan karena sifat konsumtif Anda untuk hal-hal yang tidak perlu. Untuk membuat Anda bisa memproritaskan kebutuhan utama, maka Anda bisa mencatatnya di selembar kertas besar dan menempelkannya di dinding agar tidak lupa.

  1. Buatlah Anggaran Mingguan

Setelah mencatat beberapa kebutuhan penting yang harus dipenuhi, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran mingguan. Membuat anggaran memang penting untuk dilakukan, terutama di tempat yang memiliki biaya hidup tinggi seperti di luar negeri. Dengan membuat anggaran mingguan, maka Anda bisa melihat secara terang benderang besaran biaya hidup Anda dalam seminggu. Nah dengan mengetahui besaran biaya hidup Anda selama seminggu maka Anda akan bisa menyesuaikannya dengan pemasukan yang dimiliki. Dari langkah ini pun maka Anda akan terhindar dari keuangan yang tidak sehat.

  1. Membuat Tabungan Khusus

Tabungan memang akan menjadi sebuah hal yang selalu banyak membantu keadaan finansial kita dalam keadaan yang terdesak. Dengan adanya tabungan maka dalam keadaan darurat sekalipun akan membuat keadaan finansial kita terus terjaga sehat. Namun untuk menabung memang tidak mudah dijalankan. Banyak rintangan yang membuat kita selalu gagal untuk mempertahankan tabungan. Maka dari itu solusinya, Anda harus membuat tabungan khusus yang tidak bisa diambil dalam periode tertentu. Tabungan khusus ini misalnya deposito, rekening khusus atau juga tabungan dalam bentuk celengan yang sulit untuk dibuka.

  1. Cobalah untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Bila Anda merasa dengan pekerjaan utama belum cukup untuk memenuhi kebutuhan, maka mau tak mau Anda harus mencari penghasilan tambahan. Untuk memperoleh penghasilan tambahan di luar negeri sendiri kesempatannya cukup besar, asal Anda sungguh-sungguh berusaha mencarinya. Membuka bisnis atau mencari side job merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna memperoleh pekerjaan tambahan. Dengan adanya penghasilan tambahan tersebut maka Anda akan bisa membuat keadaan finansial selalu sehat selama berada dan tinggal di luar negeri.

  1. Jangan Malas Memasak Sendiri

Terakhir, trik untuk bisa membuat keadaan finansial kita selalu sehat selama tinggal di luar negeri adalah dengan memasak makanan sendiri. Jangan malas untuk memasak makanan untuk diri sendiri karena hal ini menghadirkan banyak manfaat yang bisa diperoleh. Manfaat pertama dan utama pastinya akan membuat Anda bisa menghemat pengeluaran. Sebab bila Anda membeli dari restoran maka harganya bisa lebih mahal. Manfaat kedua adalah Anda akan bisa mendapatkan asupan makanan yang lebih sehat dan bergizi. Sebab dengan memasak sendiri Anda lebih paham dan mengerti dengan kualitas bahan baku serta komposisi kandungannya.

Itulah beberapa trik atau cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat keadaan finansial selalu sehat saat tinggal di luar negeri. Tapi agar trik ini benar-benar manjur maka Anda yang menjalankannya harus benar-benar dan sungguh-sungguh untuk melaksanakannya. Untuk itu dibutuhkan komitmen yang kuat dari Anda untuk melaksanakan trik ini dengan sebaik-baiknya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top