StartUp dan UKM

Tipe-Tipe Orang yang Dibutuhkan untuk Membangun Sebuah Bisnis Start-Up, Apakah Anda Orangnya?

Membangun sebuah startup, memang tidak semudah yang dibayangkan. Karena untuk membangunnya dibutuhkan berbagai macam syarat seperti target, modal usaha, strategi pemasaran, lokasi yang strategis, tim solid dan masih banyak lagi. Salah satu faktor yang sangat penting dalam membangun sebuah startup adalah peran tim atau karyawan. Meskipun startup yang didirikan belum begitu tumbuh pesat, tetap saja tanpa adanya peran karyawan atau tim yang solid bisnis startup tidak akan berjalan dengan sempurna. Namun jika startup yang Anda dirikan diisi dengan tim yang solid, maka kesuksesan akan mudah diraih. Oleh karena itu, Anda perlu memilih orang-orang yang memiliki kemampuan dan minat yang bertanggung jawab dan sesuai dengan pekerjaannya. Sehingga, dia bisa membantu bisnis startup Anda dengan lancar dan mudah. Untuk mendapatkan orang yang tepat, sebaiknya Anda harus mengenal dengan sangat baik mengenai tipe-tipe orang yang diperlukan untuk membangun sebuah bisnis startup. Lalu, apa saja tipe-tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis startup tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Jenius

Pertama, tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun bisnis startup adalah orang jenius. Karena pada dasarnya setiap perusahaan pasti membutuhkan orang yang jenius agar bisa memberikan masukan seperti ide, inovasi ataupun gagasan luar biasa untuk menghasilkan produk unik yang belum pernah direalisasikan oleh siapapun sebelumnya. Jadi, tentu saja keenceran otak orang jenius sangat diperlukan untuk membantu bagaimana mengorganisir seluruh agenda bisnis dalam sebuah tim tersebut.

  1. Seorang Back End Engineer

Selanjutnya, tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis startup yaitu seorang back end engineer. Seorang back end engineer tentu sangat dibutuhkan, karena di sini dia memiliki peran penting dalam mengatur mekanisme kerja. Orang dengan tipe ini juga memiliki kewajiban dalam pembentukan sistem, mulai dari pembentukan hosting hingga penerjemah kode-kode ke dalam bahasa teknis. Kemudian, dia bisa memberikan jalan keluar terbaik untuk menciptakan teknologi yang akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan startup yang Anda jalankan.

  1. Seorang Front End Engineer

Selain tipe orang back end engineer, seorang front end engineer juga akan sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis startup. Ketika Anda baru memulai bisnis startup dan masih memiliki sumber daya terbatas, bahkan harus melakukan beberapa pekerjaan dalam sekaligus tentu Anda akan merasa kewalahan sehingga membutuhkan jasa orang lain yang bisa membantu Anda di bidang pemrograman. Oleh karena itu, Anda perlu merekrut seorang front end engineer yang memiliki kemampuan dan keahlian di bidang pemrograman. Dengan adanya seorang front end engineer ini, maka dia akan membantu untuk menentukan tampilan atau tema dekorasi web yang menarik serta interaktif. Hal ini bisa menarik perhatian siapa pun untuk berkunjung ke website bisnis startup milik Anda.

  1. Manajer Pemasaran

Salah satu bagian penting dalam sebuah bisnis startup yang harus diperhatikan adalah manajer pemasaran. Bidang pemasaran sendiri dituntut untuk memuaskan konsumen, karena konsumen merupakan sumber keuntungan dari profit perusahaan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kinerja manajer pemasaran yang cukup handal untuk bisa merealisasikan target utama manajemen perusahaan Anda. Selain itu, manajer pemasaran memiliki tugas dan peran yang besar terhadap peningkatan keuntungan serta profit yang didapatkan. Hal ini berarti bahwa manajer pemasaran memiliki target yang sama dengan tujuan didirikannya sebuah startup, yaitu mendapatkan laba yang sebesar-besarnya. Namun tugas manajer pemasaran juga cukup besar lho, mereka harus mengetahui banyak mengenai cara meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan oleh bisnis serta harus tau cara memperluas pangsa pasarnya. Kemudian karyawan di bidang manajemen pemasaran ini dituntut untuk bisa membaca, melihat, sekaligus memanfaatkan kesempatan yang ada baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Caranya, yaitu dengan membuat rumusan pemasaran agar dapat tercapai semua tujuan bisnis startup yang sedang dijalankan.

Demikian ulasan tentang tipe-tipe orang yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis startup. Saat membangun sebuah bisnis startup, tentukanlah orang-orang yang tepat untuk bekerja sama dengan tim Anda. Namun, usahakan mereka yang berpengalaman dan bisa dipercaya untuk melakukan tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin demi pencapaian bisnis startup yang sukses. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top