Tips

Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit

Kata aman dari judul diatas adalah keamanan kondisi keuangan saat Anda menggunakan kartu kredit. Anda harus tahu bahwa memiliki kartu kredit berarti Anda memiliki sejumlah hutan kepada pihak bank yang harus Anda bayar di setiap bulannya. Intinya kartu kredit memang bisa menjadi lading uang saat berbelanja namun disisi lain kartu kredit juga menjadi jurang yang bisa menarik Anda ke lembah hutang.

tips menggunakan kartu kredit

Nah berikut ini adalah beberapa tips agar Anda aman dalam menggunakan kartu kredit yang Anda milliki :

  1. Jangan Asal Punya Kartu Kredit

Jangan tergiur kemudahan memiliki kartu kredit, apalagi tergiur melihat teman memilikinya. Tujuan yang labil seperti ini akan membuat hidup Anda tidak tenang. Jika Anda memang membutuhkan kartu kredit dan tingkat mobilitas tinggi maka memiliki kartu kredit adalah pilihan bijak. Namun untuk Anda yang hanya ingin menjaga gengsi atau image, sebaiknya mundur teratur karena kedepannya Anda bisa terbebani oleh administrasi tahunan yang tentunya tidak sedikit.

  1. Pilih Kartu Kredit dengan Jaringan yang Luas

Salah satu kemudahan memiliki kartu kredit adalah dapat menggunakannya di berbagai belahan dunia. Anda juga harus tahu bahwa semakin luas jaringan yang dimiliki oleh bank penebit kartu maka Anda juga akan mendapat banyak keuntungan. Mulai dari promo belanja, hotel, restoran, pesawat hingga toko online. Rajin-rajinlah melakukan riset bank penerbit mana yang memberikan keuntungan terbaik sebelum memutuskan membuat kartu kredit.

  1. Pahami Batas Anda

Setiap orang yang memiliki kartu kredit sudah pasti punya limit plafond yang berbeda. Regulasinya limit plafond ini berpatokan pada besar penghasilan nasabah. Biasanya limit plafond yang diizinkan adalah dua atau tiga kali penghasilan. Jika Anda sudah mengetahui batasan ini maka pastikan untuk tidak melewatinya. Sekali Anda melewati batas ini maka kedepannya Anda bisa terjerat hutang yang sulit untuk dilunasi.

  1. Hindari Untuk Menunggak

Sebagai pemilik kartu kredit tentu Anda mendapatkan banyak sekali keuntungan. Mulai dari cicilan nol persen, mendapatkan promo atau diskon dan lain sebagainya. Nah keuntungan-keuntungan ini seringkali membuat nasabah lupa akan kewajiban mereka untuk melunasi tagihan. Banyak yang kalap di depan dan tidak mampu membayar di belakang. Anda perlu mengingat bahwa bunga kartu kredit itu sangat mahal jadi bijaklah dalam menggunakan kartu ajaib ini. Nikmati berbagai keuntungannya dan lunasi tagihan yang memang sudah Anda belanjakan sebelumnya. Jangan pernah menunggak atau Anda akan menyesalinya.

  1. Ingat Iuran Tahunan

Untuk semakin meningkatkan jumlah nasabah yang memiliki kartu kredit, kini banyak bank yang memberikan penawaran gratis iuran tahunan. Tentu penawaran ini cukup menarik dan pasti membuat Anda ingin memiliki kartu kredit. Namun sebelum mengambil keputusan final, sebaiknya Anda pastikan penawaran gratis iuran tahunan ini berlaku untuk berapa lama. Faktanya setiap bank memiliki penawaran yang berbeda tentang iuran tahunan ini. Ada bank yang memberikan penawaran iuran gratis 1 tahun saja, 2 tahun atau bahkan ada yang seumur hidup.

Di poin inilah banyak nasabah yang terjebak hingga akhirnya memiliki tunggakan kepada bank. Penawaran gratis ini membuat banyak nasabah melupakan kewajiban akan iuran tahunan ini. saat periode gratis iuran tahunan selesai dan Anda sebagai nasabah tidak menyadarinya maka pahamilah bahwa bank sudah mencatat sebagai hutang dan pastinya hutang ini memiliki bunga. Celakanya hutang iuran tahunan ini bisa membuat Anda dikejar oleh debt collector. Jadi cara amannya lebih baik Anda menutup kartu kredit yang Anda miliki jika memang sudah tidak digunakan. Jangan pernah berpikir bahwa saat Anda tidak memakai kartu tersebut lalu iuran tahunan Anda berhenti. Salah besar..

Semoga tips diatas dapat membantu Anda lebih bijak menggunakan kartu kredit..

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top