Tips

Tips Belajar Bisnis yang Mudah dan Murah, Khusus Bagi Pemula

Bagi seorang pemula, berniat memulai usaha seringkali terlihat rumit karena kenyataannya tidak semudah membalikan tangan. Tidak sedikit mereka melihat dari pengalaman orang lain yang mengalami jatuh bangun, bahkan ada juga yang dengan mudahnya gulung tikar saat menjalankan bisnisnya. Untuk itu, berbisnis membutuhkan nyali dan tekad yang kuat serta sikap pantang menyerah agar bisnis yang dijalankan dapat terus berjalan dengan lancar. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pengusaha, sebaiknya jangan menjalankan bisnis yang besar resiko terlebih dahulu. Mulailah saja bisnis yang mudah dan murah, namun minim resiko dan besar pendapatannya. Nah, bagaimana caranya? Yuk, simak tips belajar bisnis yang mudah dan murah berikut ini.

  1. Mulai Bisnis dari Level yang Paling Rendah

Sama seperti kehidupan, bisnis pun ada tingkatannya. Tidak ada yang spontan, tiba-tiba sukses begitu saja. Para pebisnis yang sudah sukses, mereka menjalankan usahanya mulai dari level bawah kemudian meningkat hingga level menengah lalu berhasil ke atas. Oleh karena itu, sebagai pemula Anda bisa mulai menjalankan bisnis dari yang kecil dahulu. Contohnya dalam bisnis online, Anda bisa mulai menjadi reseller hingga lambat laun menjadi produsennya. Ingatlah, kesuksesan berdasarkan usaha keras dan bukan karena hal yang spontan akan menciptakan hasil yang memuaskan. Jika Anda sudah menemukan bisnis apa yang cocok, segeralah rencanakan dengan matang dan lakukan sesuai rencana yang sudah ditentukan.

  1. Perbanyak Membaca Buku Tentang Bisnis

Saat ini internet memang cukup lengkap, termasuk penyediaan berbagai informasi yang dibutuhkan. Meski informasi tentang bisnis pun sudah cukup banyak di internet, sehingga Anda seringkali melupakan budaya membaca dari buku. Namun, pada kenyataannya tetap saja Anda harus banyak meluangkan waktu untuk membaca buku. Karena, informasi dari buku jauh lebih lengkap dan mendalam dibandingkan dari internet.

  1. Miliki Pola Pikir Seperti Pebisnis yang Baik

Tahukah Anda bahwa memiliki pola pikir seperti layaknya pebisnis yang sukses ternyata akan membantu Anda untuk menggapai kesuksesan lho. Hal ini dikarenakan, pola pikir yang seperti demikian akan mengubah cara pandang mengenai bisnis. Jadi, Anda akan lebih menikmati segala proses dalam menjalankan bisnis serta memiliki kemauan belajar memperbaiki kesalahan untuk menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

  1. Miliki Mimpi Setinggi Langit

Bagi para pebisnis, kalimat yang mengutarakan “jangan mimpi terlalu tinggi, karena jika tidak kesampaian bisa sakit” itu tidak berlaku. Sebab, bagaimanapun sukses bermula dari mimpi. Apabila Anda tidak memiliki mimpi, maka bisnis akan stagnan bahkan tidak berkembang. Tapi sebaliknya, bermimpi justru membantu Anda untuk memiliki gambaran yang jelas agar dapat merancang proses bisnis dengan baik. Sehingga, bisnis yang diidamkan bisa terwujud dan menjadi kenyataan. Dibalik mimpi yang tinggi tersebut seseorang harus memiliki mental kuat, karena dunia bisnis itu tergolong cukup kejam dan banyak persaingan. Tidak semua hal dapat berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan, ada saatnya akan menghadapi berbagai macam masalah yang mungkin terjadi dalam kehidupan Anda.

  1. Lakukan Penelitian

Dalam bisnis, penelitian sangat diperlukan untuk mengetahui selera konsumen sehingga produk yang ditawarkan laku dipasaran. Apalagi di era sekarang yang sudah semakin canggih, tentu hal ini akan membantu Anda untuk mengandalkan internet agar pelaksanaan penelitian dapat dilakukan lebih efektif dan efisien. Namun jika penelitian melalui internet belum begitu memuaskan, maka Anda bisa terjun langsung ke lapangan. Misalnya mengambil sample data, melakukan sesi wawancara, hingga mengamati pola kebiasaan masyarakat.

  1. Perbanyak Bergaul dengan Pebisnis

Biasanya, bergaul dengan orang yang itu-itu saja tidak akan membuat Anda berkembang lho. Dengan memperluas pertemanan, secara otomatis Anda juga akan menerima banyak pelajaran serta pengalaman. Nah, pelajaran dan pengalaman inilah yang bisa diterapkan dalam membangun bisnis yang kuat. Lalu, bagaimana cara menjalin relasi dengan para pebisnis? Cukup mudah, manfaatkan serta ikuti berbagai macam forum yang di isi oleh para pebisnis. Dengan begini, Anda akan lebih mudah untuk bergaul dan mengenal para pebisnis yang sukses.

  1. Ikuti Seminar Kewirausahaan

Saat ini ada banyak sekali seminar yang menyelenggarakan tema kewirausahaan, baik swasta maupun negeri. Agar pengetahuan Anda semakin bertambah, maka sebaiknya ikuti seminar kewirausahaan secara rutin. Dengan mengikuti seminar kewirausahaan, Anda tentu akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari para pakar atau pelaku usaha yang sudah sukses. Selain itu, di tempat seminar Anda juga akan memperluas jaringan pergaulan dengan para pebisnis lainnya.

Demikian ulasan mengenai tips belajar bisnis yang mudah dan murah, agar Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses dan berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top