Keuangan

Tips Bijak Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Cepat Habis

tips mengatur gaji bulanan

Banyak orang kesulitan mengatur keuangan, termasuk mengatur gaji bulanan. Bahkan, tidak jarang Anda pun mengalaminya dan sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan bukan? Hal ini bisa saja terjadi, karena Anda tidak mengelola keuangan dan gaji bulanan dengan baik. Namun dibalik kesalahan tersebut, ada cara-cara untuk mengatur gaji bulanan dengan bijak sebagai jalan keluar dari permasalah yang setiap hari Anda alami saat mengelolanya. Apa saja cara untuk mengatur gaji bulanan tersebut? Yuk, simak ulasan tentang tips bijak mengatur gaji bulanan agar tidak cepat habis berikut ini.

  1. Buatlah Anggaran Bulanan

Tips pertama untuk mengatur gaji bulanan agar tidak cepat habis adalah membuat anggaran bulanan. Rencanakan anggaran bulanan Anda, mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk mengatur kebutuhan sehari-hari Anda dengan membaginya menjadi 2 bagian. Buatlah anggaran dan daftar pengeluaran untuk kebutuhan primer seperti makan, tagihan listrik, ongkos bekerja, cicilan motor, cicilan rumah dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk kebutuhan tersier buatlah anggarannya seperti shopping, traveling dan lain-lain. Dengan membuat anggaran bulanan, maka gaji bulanan Anda akan lebih terkelola dengan baik dan tidak akan cepat habis oleh pengeluaran yang tidak terlalu penting.

  1. Segerakan Bayar Tagihan Anda

Selanjutnya, tips untuk mengatur gaji bulanan agar tidak cepat habis yaitu menyegerakan bayar tagihan. Saat Anda mendapatkan gaji, sebaiknya bayar tagihan di awal. Bayar tagihan Anda mulai dari cicilan, tagihan telepon, tagihan listrik dan lain-lain. Hal ini tentu sangat penting dilakukan, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari. Dengan cara memisahkan dan membayarkannya terlebih dahulu, maka akan membuat Anda lebih tenang dalam mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

  1. Sisihkan Sebagian Gaji Anda untuk Ditabungkan

Jika selama ini gaji Anda cepat habis, karena pengeluaran yang tidak terlalu penting. Maka cobalah menyisihkan gaji bulanan Anda untuk ditabungkan, sisihkanlah gaji Anda tersebut sebelum digunakan untuk keperluan sehari-hari. Hal ini tentu akan sangat berguna, termasuk untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting. Selain itu, dengan memiliki tabungan Anda akan memiliki uang lebih untuk pegangan kehidupan Anda di masa depan.

  1. Miliki Dua atau Lebih Rekening Bank yang Berbeda

Selain menyisihkan sebagian gaji Anda untuk ditabungkan, selanjutnya miliki juga dua atau lebih rekening bank yang berbeda. Anda bisa menggunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari,seperti membayar tagihan dan belanja bulanan. Sedangkan, rekening lainnya bisa Anda gunakan khusus untuk menabung. Dari sini, buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus Anda tabung dari gaji bulanan Anda. Sehingga, Anda bisa mengatur gaji bulanan agar lebih terkelola dengan baik. Lakukan ini, seperti halnya kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya.

  1. Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Tidak hanya rekening bank, kartu kredit juga bisa membantu Anda untuk mengelola keuangan jika bisa digunakan dengan cerdas. Misalnya, menggunakan promo yang diberikan untuk dibelikan barang-barang yang dibutuhkan ataupun untuk membayar semua tagihan-tagihan Anda. Namun, jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit Anda jika sudah waktunya membayar tagihan kartu kredit.

  1. Sesuaikan Anggaran dengan Pengeluaran

Jika keuangan Anda masih belum terkelola dengan baik, lakukanlah perbandingan antara pengeluaran dan anggaran. Hal ini juga wajib Anda lakukan untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat?Jika ternyata anggaran Anda tidak mencukupi dan pengeluaran Anda justru lebih banyak, maka Anda harus segera melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Bandingkan juga dengan catatan pengeluaran harian Anda, untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang sekiranya tidak terlalu penting.

Demikian ulasan tentang tips bijak mengatur gaji bulanan agar tidak cepat habis yang bisa Anda jadikan referensi. Tidak hanya membiasakan diri mencatat semua pengeluaran Anda saja, namun Anda juga harus membiasakan diri untuk selalu mematuhi peraturan keuangan yang sudah Anda buat. Ingat, gunakanlah gaji Anda dengan bijak. Hal ini merupakan salah satu cara menghargai usaha dan kerja keras yang sudah Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top