Tips

Tips Bijak Menggunakan Dana Pensiun Anda

Tips Bijak Menggunakan Dana Pensiun Anda – Kenyataan waktu pensiun yang harus kita masuki mungkin merupakan sebuah pilihan yang berat bagi sebagian orang. Memiliki bayangan hidup tanpa pekerjaan padahal sebelumnya selalu dijalani dengan melakukan aktivitas tentu bukan hal yang mudah diterima. Tidak heran jika orang memiliki banyak kekhawatiran menghadapi hal ini. Namun ada juga yang beranggapan bahwa pensiun merupakan waktu yang tepat untuk memulai menjalankan profesi baru atau menekuni hobi yang selama ini tidak dapat terjamah secara maksimal akibat waktu yang terkuras oleh pekerjaan. Selain itu pensiun juga menjadi kesempatan untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan apa yang diinginkan seperti berlibur hingga berwirausaha.

Kendati jika anda baru masuk dalam ruang waktu ini perlu adanya analisis resiko sebelum memutuskan apa yang akan dilakukan. Resikonya pasti adalah kita tidak bisa mendapatkan pemasukan rutin bulanan seperti waktu-waktu sebelumnya dan tidak bisa menggantungkan hidup kepada perusahaan dimana anda bekerja sebelumnya. Biasanya rasa senang karena lepas dari tanggungjawab kerja hanya akan terasa diawal saja. Setelahnya bisa saja menjadi masa yang paling sulit. Namun anda bisa tetap dapat merasa bahwa masa pensiun ini menyenangkan jika anda mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu diawal masa itu datang.

Berikut beberapa tips penting yang wajib anda ketahui sebagai modal untuk menyiapkan keuangan yang sehat saat anda pensiun:

Kalkulasikan perkiraan biaya kebutuhan saat pensiun – Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menghitung besar pengeluaran bulanan yang kira-kira kita keluarkan setelah pensiun. Ketika situasi sudah berbeda, anda tidak memiliki pandapatan tetap, anda harus menyesuaikan kebutuhan dengan keinginan anda. Perhitungan sederhannya adalah dengan menghitung biaya dasar kebutuhan hidup saat pensiun, menghilangkan liburan dan memasukkan dana darurat dalam perhitungan.

Tetapkan prioritas – Tidak adanya pengkalkulasian dan perkiraan masa mendatang terkadang membuat seseorang salah mengambil tindakan setelah menerima uang pensiun. Melihat jumlah uang yang ‘masih banyak’ membuat terlena dan mengalokasikan untuk hal yang tidak perlu seperti membeli mobil dan liburan. Padahal untuk hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memenuhi prioritas kebutuhan dasar, dana darurat dan melunasi segala hutang yang dimiliki. Sehingga anda akan merasa tenang menjalani hari-hari pensiun anda.

Investasi? Jangan dulu – Jangan memikirkan bagaimana caranya ‘menganakkan’ uang seperti dengan investasi. Pertama kita harus menganalisis bahwa investasi di pasar saham sangat beresiko dan bukan hal yang tepat jika dilihat dalam kondisi anda baru saja pensiun. Apalagi jika anda belum berpengalaman dengan dunia investasi, bisa-bisa anda akan kehilangan satu-satunya sumber uang yang anda miliki saat ini.

Mencari alternatif pekerjaan – Kebutuhan dan keinginan manusia tentu akan terus ada ketika orang tersebut msih bernafas. Hal ini juga berlaku bagi anda yang baru saja pensiun. Tidak lantas keinginan anda untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan ikut berhenti juga seiring pensiun anda. Malah bisa saja menjadi lebih besar. Jika sudah begini anda harus mencari alternatif pekerjaan yang bisa menopang kebutuhan. Anda bisa memulai dengan usaha kecil-kecilan atau jika memang tidak bisa, anda yang harus mengalah dengan mengurangi konsumsi gaya hidup berlebihan dan sedikit menurunkan keinginan yang anda miliki.

Bantuan profesional – Ketika anda sudah jatuh dalam kondisi keuangan yang tidak memungkinkan untuk bertahan, tidak salah untuk meminta saran dari para profesional tentang apa yang harus dilakukan terhadap kebutuhan finansial anda. Minta mereka untuk menyarankan antara kebutuhan, jumlah dana pensiun dan investasi yang akan dipilih. Anda pasti akan memperoleh jawaban yang kira-kira bisa dipertimbangkan.

Anda memang harus bisa menyiasati bagaiman perputaran uang setelah masa pensiun anda datang. Keputusan ada ditangan anda. Apakah anda bisa mengubah pola hidup sehingga dapat bertahan atau tetap mempertahankan keinginan diatas kebutuhan?

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: