Tips

Tips Cerdas Rampungkan Skripsi Tepat Waktu

Menjadi mahasiswa memang tidak semudah yang dibayangkan. Saat masih menginjak semester awal, mungkin sebagian seorang mahasiswa akan mengeluh jika mendapatkan tugas yang begitu banyak. Terlebih jika ia tidak bisa mengatur waktunya antara kuliah dengan berorganisasi. Pastinya kegiatan di kampus akan tak tertata. Kemudian ketika menginjak semester akhir, mahasiswa akan kebingunan menyelesaikan tugas akhir atau skripsi yang ia dapatkan. Tak sedikit mahasiswa yang harus molor karena merasa kesulitan menyelesaikan skripsi tepat waktu. Banyak sekali godaan yang mereka alami saat mengerjakan skripsi. Mulai dari rasa malas, susah mendapatkan referensi, dosen pembimbing yang sulit ditemui, hingga terlalu asyik menikmati masa-masa bermain dengan teman dan sahabat yang membuat lupa akan mengerjakan kewajiban tugas akhir.

Nah, godaan tersebut mau tidak mau harus dilawan mahasiwa untuk menyelesaikan skripsi. Sebab jika godaan tersebut tak dilawan, akan berdampak buruk pada IPK dan waktu kelulusan yang molor. Untuk itu, berikut tips cerdas yang dapat anda simak untuk membantu merampungkan skripsi agar selesai pada tepat waktu:

Pelajari Materi Sampai Tuntas

Dalam melakukan penelitian, pastinya anda memerlukan referensi yang banyak. Referensi ini akan anda gunakan sebagai rujukan untuk mendukung penelitian anda. Nah untuk menguasai semua materi itu, ada baiknya anda dapat menanyakan hal-hal yang dirasa belum paham ke dosen. Anda juga dapat memahaminya dengan cara membaca lebih dari satu buku dan beberapa jurnal untuk dijadikan patokan dalam mengerjakan skripsi anda. Biasanya, buku dan jurnal adalah referensi yang paling valid dan mudah diterapkan dalam beberapa penelitian. Berdiskusi dengan teman dan bertukar ilmu juga dapat anda lakukan untuk menambah pemahaman materi.

Hindari Mengulang Mata Kuliah

Hal yang paling dapat menghambat skripsi adalah mengulang mata kuliah yang nilainya masih dianggap kurang. Nah untuk menghindari hal tersebut, ada kalanya mulai dari semester awal anda harus memaksimalkan nilai mata kuliah yang anda tempuh. Namun jika masalah itu telah terjadi pada anda saat ini, anda dapat memanfaatkan semester pendek untuk mengulang mata kuliah yang dianggap kurang tersebut. So, jangan berkecil hati masih ada jalan untuk memperbaiki kekurangan nilai yang anda alami.

Membuat Target ‘To Do List’

Pada saat awal kamu mengerjakan skripsi, cobalah terlebih dahulu tuliskan ‘To do list’ pada selembar kertas. Tuliskan target-target yang harus anda selesaikan. Anda dapat membuat target tersebut menjadi target mingguan atau bulanan. Tempelkan kertas ‘To do list’ di tempat yang sering anda lihat seperti di tembok kamar atau di ruang belajar anda. Konsistenlah dengan apa yang anda tulis di kertas ‘To do list’. Nah, jangan lupa juga untuk mengatur jadwal konsultasi dengan dosen pembimbing. Targetkan sekali konsultasi anda harus membuahkan hasil. Jangan sekali-kali membuat masalah pada dosen pembimbing jika anda ingin cepat acc.

Kerjakan Di Tempat Yang Kamu Anggap Nyaman

Untuk proses pengerjaan skripsi ini, anda dapat memanfaatkan tepat ternyaman menurut anda. Jika anda lebih mudah fokus belajar di tempat terbuka, anda dapat memanfaatkan taman, gazebo, atau tempat terbuka lainnya yang menurut anda dapat menumbuhkan ide yang masuk dalam otak anda. Namun jika anda  lebih mudah belajar di tempat tertutup, anda dapat memanfaatkan kamar atau ruang belajar anda untuk mengerjakan skripsi. Buatlah semenarik mungkin tempat belajar anda agar anda lebih bersemangat mengerjakan skripsi.

Motivasi Dan Doa

Nah, cara yang paling terakhir adalah tanyakan pada diri anda siapa motivasi terbesar anda lulus kuliah dan berdoalah untuk kelancaran skripsi. Cara ini paling penting dilakukan. Sebab, tanpa doa usahamu akan sia-sia. Oleh karena itu, seimbangkan usaha keras mengerjakan skripsi dengan doa.

Nah, itulah kelima tips yang dapat anda terapkan untuk merampungkan skripsi agar selesai tepat waktu. Tetap konsisten dan bekerja keras. Jangan ragu untuk menjadi mahasiwa yang berprestasi. Good luck!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top