Bisnis Online

Tips dan Trik Agar Toko Online Anda Dapatkan Review Positif dari Konsumen

dapatkan-review-positif-konsumen-toko-online

Tren bisnis online yang saat ini semakin menjadi-jadi memang membuat banyak pihak pun kemudian mencoba mengalihkan bisnisnya ke dunia daring. Dalam bisnis online sendiri ada banyak perbedaan yang muncul jika dibanding bisnis offline. Salah satu perbedaan dalam bisnis online adalah adanya kemampuan konsumen untuk melakukan review pada produk yang sudah dibeli. Dari kemampuan pembeli untuk melakukan review maka muncul dua sisi positif dan negatif bagi penjual. Sisi positif bagi penjual dari adanya review ini adalah bila muncul review yang baik hingga membuat penjual diuntungkan. Tapi bila penjual memperoleh review yang buruk maka penjual akan mendapati sisi negatifnya karena akan merasa dirugikan. Maka dari itu mengusahakan mendapat review yang baik dan positif dari konsumen adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik toko online. Lalu bagaimana cara toko online untuk bisa mendapatkan review positif dari konsumen? Berikut tips dan triknya.

  1. Pastikan Produk Anda Berkualitas

Pertama, tips dan trik agar toko online mendapatkan review positif dari konsumen adalah memastikan produk Anda berkualitas. Dengan produk yang berkualitas maka pastinya konsumen akan suka dan senang saat menerima barang yang dibeli dari toko online Anda. Ketika para konsumen merasa senang dengan barang yang dibeli dari toko online Anda maka pastinya mereka tak akan ragu untuk memberikan review yang baik dan positif. Namun sebaliknya bila produk yang Anda jual tidak berkualitas maka konsumen akan kecewa dan review buruk tentang toko online Anda bukan tidak mungkin akan muncul.

  1. Jangan Sampai Melakukan Kesalahan dalam Pengiriman Barang

Dalam setiap percakapan dengan pembeli, maka Anda harus memperhatikan dengan baik apa yang dibicarakan. Jangan sampai lupa dengan apa-apa yang dipesan oleh konsumen. Sebab bila Anda teledor dengan pesanan konsumen dan kemudian mengirim barang yang tidak sesuai pesanan maka akan muncul kekecewaan dan review buruk dari pembeli. Meski produk Anda sangat baik dan berkualitas, tapi bila Anda mengirim barang yang tidak sesuai pesanan maka hal ini bisa jadi blunder buat toko online dan bisnis Anda. Maka dari itu agar yang muncul dari pembeli ini adalah review yang positif maka Anda wajib memperhatikan apa yang dipesan pembeli dan mengirimnya sesuai pesanan.

  1. Respon dengan Cepat Chat Dari Konsumen

Berikutnya, tips dan trik untuk mendapat review positif dari konsumen toko online adalah dengan merespon cepat chat dari konsumen. Jangan meremehkan chat atau SMS dari calon pembeli meski hanya sekedar bertanya-tanya saja. Sebab jika Anda menganggap remeh dan kemudian lama untuk membalas chat dari calon konsumen maka mereka bisa saja kemudian kesal dan tidak respect lagi pada Anda. Bila pun kemudian terjadi pembelian, konsumen yang terlanjur kesal karena sebelumnya chat-nya lama dibalas, maka review positif akan sulit untuk diperoleh.

  1. Layani Konsumen dengan Sabar

Bila Anda ingin mendapat review yang baik dari konsumen maka Anda harus ekstra sabar saat melayani konsumen. Saat Anda berdiskusi dengan konsumen soal pesanan memang bisa jadi akan ada pembicaraan yang menyinggung. Nah ketika Anda mendapati pembicaraan yang menyinggung, jangan langsung marah. Tapi hadapi dan layani dulu konsumen dengan sabar. Hal ini dilakukan karena Anda tidak tahu bagaimana sikap konsumen ke depannya. Siapa tahu kemudian konsumen melunak dan kemudian ingin membeli produk Anda. Nah saat Anda tidak terpancing untuk marah saat pemesanan lalu konsumen membeli, maka Anda akan terhindari dari review buruk.

  1. Selalu Berikan Tanggapan Kembali Pasca Penilaian dari Konsumen

Terakhir, tips dan trik supaya toko online Anda mendapatkan review positif dari konsumen adalah dengan memberikan tanggapan balik pasca pembelian. Apapun review atau penilaian yang Anda dapatkan dari konsumen maka Anda harus membalasnya atau memberi tanggapan kembali yang baik. Bila review dari konsumen baik, ucapkan terima kasih atas reviewnya dan tawarkan bila ingin berbelanja lagi. Dan bila Anda mendapat review buruk maka balas dengan ucapan maaf atas kesalahan yang ada dan akan berjanji ke depannya tidak melakukan kesalahan yang sama. Dari sini maka jika konsumen di kemudian hari melakukan pembelian di toko online Anda maka review positif akan bisa diperoleh.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top