Tips

Tips dan Trik Membuat Nama Merek Usaha yang Baik dan Efektif

Merek adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah usaha, terutama dalam hal pemasaran dan penjualan. Hal ini dikarenakan nama merek yang baik dan efektif akan mudah diingat oleh konsumen, bahkan mampu menghipnotis mereka untuk tertarik pada produk yang Anda pasarkan. Oleh karena itu, merek seharusnya menjadi sebuah perhatian yang serius bagi kelangsungan produk bisnis Anda. Dengan menggunakan merek dagang yang baik dan efektif, maka  penjualan produk yang Anda pasarkan dapat berjalan lebih lancar.

Dalam menentukan nama merek memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Karena jika Anda membuat nama merek tersebut dengan asal, maka bisa berakibat fatal terhadap bisnis yang Anda jalani.  Maka dari itu, Anda harus berfikir secara matang untuk membuat nama merek yang menarik agar bisnis Anda dapat bersaing lebih lama dengan perusahaan yang memiliki produk serupa. Anda bisa menggunakan jasa brand consultan untuk menentukan nama merek usaha Anda. Namun, jika Anda tidak mempunyai dana yang cukup untuk menggunakan jasa brand consultan ini. Maka, gunakanlah cara lain yaitu dengan mengikuti tips untuk membuat nama merek usaha atau dagang yang baik dan efektif berikut ini.

  1. Gunakan Nama Merek yang Mudah Diingat

Untuk menentukan nama merek dagang, Anda jangan mencari nama merek yang terlalu panjang dan rumit untuk dibaca orang. Karena dengan nama yang rumit seperti itu, justru kebanyakan orang tidak tertarik dan cenderung sulit untuk mengingatnya. Usahakan Anda untuk memilih nama merek yang sederhana dan mudah diingat orang, sehingga merek dagang Anda akan mudah dikenal oleh konsumen dan berbekas di benak mereka. Selain nama merek yang mudah diingat konsumen, nama merek juga harus memiliki makna yang berhubungan dengan produk Anda sendiri. Maka, dari sini konsumen pun akan lebih mudah untuk mengingat usaha dagang Anda.

  1. Buat Nama Merek yang Mudah Diucapkan

Merek yang baik dan efektif adalah nama merek yang mudah untuk diucapkan. Untuk mendapatkan nama merek yang mudah diucapkan tersebut cukup mudah. Caranya yaitu Anda bisa memilih nama dari bahasa sehari-hari yang sering Anda dengar dan lihat seperti kata air, angin, anugerah dan lain-lain. Hal seperti ini ditujukan agar merek Anda bisa bersinergi dengan tingkat pendidikan konsumen dan pemasaran produk. Misalnya, jika pemasaran produk Anda di sebuah daerah maka Anda bisa menggunakan nama merek yang berkaitan daerah pemasaran tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memilih nama merek dengan kata berulang seperti Coca-Cola. Yang terpenting adalah kata tersebut mudah diucapkan dan tidak menimbulkan ambiguitas para konsumen.

  1. Tersirat Manfaat dan Citra Produk

Selain mudah diingat dan mudah diucapkan, nama merek juga sebaiknya harus memiliki manfaat terhadap produk misalnya manfaat ‘’segar’’. Salah satu merek yang menyertakan manfaat kata segar yaitu produk ’’Segar Dingin’’. Dalam produk dagang, Anda juga harus mempertimbangkan citra produk yang baik seperti layak dibeli dan dikonsumsi. Dari sini maka dapat disimpulkan bahwa manfaat dan citra produk sangatlah penting untuk kemajuan merek dagang Anda.

  1. Desain dengan Menarik dan Berbeda Dari yang Lain

Untuk membuat merek dagang semakin dikenal konsumen, maka buatlah sesuatu yang unik, menonjol dan menarik. Hal seperti ini bisa Anda terapkan pada desain merek produk Anda. Ciptakanlah desain produk semenarik mungkin agar konsumen semakin tertarik untuk membeli produk Anda. Desain yang Anda tampikan juga tidak boleh sembarangan, tapi ada cara-cara tertentu. Caranya yaitu Anda harus mendesain merek produk dengan menampilkan penulisan huruf yang jelas, warna yang tepat, gambar yang menarik dan berbeda dari produk yang serupa. Buatlah desain yang sangat unik tanpa meninggalkan tujuan produk dagang Anda.

  1. Jangan Sembarangan Memakai Nama Merek Berupa Inisial

Banyak perusahaan yang sukses dengan nama merek inisial. Salah satu nama perusahaan tersebut adalah provider telepon selular IM3. Namun, bagi Anda yang baru memulai dan merintis usaha sebaiknya jangan sembarangan menggunakan merek dagang inisial. Hal ini dikarenakan akan sangat besar kemungkinan untuk membuat kesalahan terhadap bisnis dagang Anda. Kalaupun Anda memang berniat untuk memakai nama merek inisial tersebut, maka gunakanlah inisial yang unik agar nama merek dagang Anda menjadi familiar di mata konsumen.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: