Tips

Tips Hemat Mengatur Biaya Persalinan

Menunggu kelahiran buah hati pastinya menjadi momen bahagia yang dirasakan setiap pasangan suami istri. Baik bagi mereka yang baru pertama kali memiliki buah hati, ataupun mereka yang menunggu anak kedua, ketika atau seterusnya. Kebahagiaan ini kerab ditunjukkan dengan membeli berbagai perlengkapan bayi, hingga pernak-pernik lucu untuk si kecil. Tapi tahukah anda bahwa membeli barang-barang atau pernak-pernik yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan oleh sang buah hati adalah suatu pemborosan. Terlebih perkembangan bayi biasanya sangat cepat, sehingga terkadang benda-benda yang ia butuhka cepat sekali berganti.

Sebenarnya tidak ada masalah jika anda ingin membeli segala sesuatu yang berhubungan dengan perlengkapan si bayi. Namun, alangkah lebih baik jika anda juga tidak lupa untuk focus pada persalinan nanti. Mempersiapkan kebutuhan untuk si kecil ketika lahir memang penting. Akan tetapi mempersiapkan kebutuhan dan biaya untuk persalinan juga tak kalah penting. apalagi biasa persalinan sekarang ini tidak murah. Jadi akan lebih baik jika anda mempersiapkan segala sesuatunya senormal dan sebaik mungkin.

Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghemat biaya persalinan :

  1. Siapkan BPJS Atau Kartu Asuransi Lain

BPJS merupakan program asuransi kesehatan yang khusus dikeluarkan untuk mempermudah masyarakat Indonesia memperoleh jaminan kesehatan. Oleh karena itu, bagi anda yang belum memiliki BPJS sangat disarankan untuk segera mengurus kartu ini. BPJS memberikan banyak sekali pilihan jasa kesehatan bagi semua kalangan. Begitu juga pilihan bagi ibu hamil yang akan melakukan persalinan. Terdapat program khusus pendaftaran bayi dalam kandungan sebagai peserta BPJS secara mandiri. Jika anda ingin menghemat pembayaran, anda bisa memanfaatkan program ini.

  1. Cek Polis Asuransi

Jika anda memiliki asuransi, atau perusahaan tempat anda atau suami bekerja mendaftarkan keluarkan anda pada asuransi tertentu, maka anda bisa coba cek apa saja program yang asuk dalam asuransi tersebut. Apabila anda membayar asuransi secara pribadi, anda bisa menanyakan benefit asuransi tersebut kepada agen asuransi yang menangani anda. Namun apabila perusahaan yang membiayai, anda bisa bertanya pada bagian personalian perusahaan. Jika biaya persalinan masuk didalamnya tentu hal ini akan menghemat pengeluaran anda.

  1. Survey Dokter Atau Bidan Berkualitas Dengan Biaya Terjangkau

Survey dokter atau bidan yang bisa membantu persalinan juga bisa anda lakukan demi menekan biaya persalinan. Anda bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya melalui teman-teman yang telah melahirkan sebelumnya. Jika ada bidan atau dokter berkualitas dengan biaya murah, kenapa harus memilih yang mahal ?

  1. Menggunakan Barang Bekas Dari Saudara

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika pertumbuhan bayi sangatlah pesat. Baju bayi yang baru berumur satu bulan pun terkadang sudah tidak akan muat digunakan ketika ia berumur 3 bulan. Tidak ada salahnya jika anda membeli sendiri perlengkapan baju, namun menerima pemberian teman atau saudara juga akan lebih menghemat pengeluaran. Atau jika anda melahirkan anak kedua atau ketiga anda juga masih bisa menggunakan barang-barang dari anak sebelumnya asalkan kondisinya masih layak pakai.

  1. Usahakan Melahirkan Secara Normal

Bagaimanapun melahirkan secara Caesar atau normal tentu memiliki tantangan tersendiri bagi seorang wanita. Namun tak bisa dipungkiri jika sebenarnya melahirkan secara normal memiliki banyak kelebihan, baik dari segi kesehatan, pengaruh setelah melahirkan, serta dalam hal biaya. Jika anda berkesempatan atau bisa melahirkan secara normal, jangan pernah memilih untuk melahirkan secara Caesar, karena biaya melahirkan secara caesar jauh lebih mahal dibanding melahirkan normal.

  1. Berikan ASI Kepada Si Kecil

Selanjutnya, sebisa mungkin jangan pernah memeberikan susu formula kepada si kecil. Berikan ASI eksklusif jika memang anda bisa memberikan. Selain gratis ASI eksklusif memiliki sumber nutrisi dan manfaat yang jauh lebih tinggi dari pada susu formula.

  1. Atur Keuangan Secara Bijak

Terakhir, apapun kebutuhan yang harus anda penuhi untuk si kecil, pastikan anda mengatur keuangan secara bijak. Karena bagaimanapun kunci utama pengeluaran terletak pada bagaimana anda mengaturnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: