Keuangan

Tips Hindari Lilitan Utang Kartu Kredit, Lakukan 5 Cara Ini

hindari-hutang-kartu-kredit

Bagi sebagian orang, memiliki kartu kredit adalah sesuatu yang menakutkan. Memiliki dan menggunakan kartu kredit memang sama saja dengan berhutang karena Anda harus melakukan pembayaran di waktu depan. Meski Anda akan dimudahkan dengan metode pembayaran ini, tapi bila Anda ceroboh menggunakan kartu kredit, hal ini bisa membuat Anda merana karena terlilit oleh utang kartu kredit. Dan beberapa kasus pengguna yang terlilit utang karena tidak mampu membayar tagihan. Nah, untuk itulah menggunakan kartu kredit ini memang haruslah dilakukan sebijak mungkin. Bagi Anda yang memiliki kekhawatiran terlilit hutang saat menggunakan kartu kredit, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghindarinya.

  1. Pastikan Jenis Kartu Kredit Sesuai dengan Kebutuhan dan Kemampuan Anda

Pertama, tips untuk bisa menghindari lilitan utang kartu kredit adalah dengan memastikan jenis kartu kredit sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Jenis kartu kredit yang beragam memang membuat Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda. Secara umum, kartu kredit ini mempunyai tiga jenis yakni silver, gold dan platinum. Nah dari ketiga jenis kartu kredit ini memang akan dijumpai beberapa perbedaaan seperti limit belanja, bunga dan fasilitasnya. Karena Anda ingin terhindar dari lilitan hutang maka pilihlah kartu kredit yang sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

  1. Manfaatkan Keunggulannya Sesuai Kebutuhan

Tak jarang kartu kredit menawarkan beberapa promo belanja untuk para penggunanya. Dari sini banyak pengguna kartu kredit yang khilaf dan akhirnya melakukan berbagai pembelian yang bahkan itu tidak sesuai kebutuhan. Bila hal ini dilakukan, maka pemilik kartu kredit tersebut akan mengalami kesulitan ketika akan membayar. Dan dari sinilah kemudian terjadi kredit macet dan juga lilitan hutan. Jadi Anda yang memang mempunyai kartu kredit sudah seharusnya bisa menggunakannya dengan bijak. Tapi bila memang promo yang ditawarkan kartu kredit ini memang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk belanja murah. Jadi memiliki kartu kredit bukan berarti Anda harus acuh terhadap setiap kelebihan yang ditawarkan. Tapi Anda bisa memanfaatkan beberapa hal menarik yang ditawarkan kartu kredit asalkan wajar dalam penggunaan dan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Catat Setiap Transaksi Menggunakan Kartu Kredit

Sifat manusia yang mudah lupa dan ceroboh membuat Anda sebagai pemilik kartu kredit harus memiliki inisiatif mencatat transaksi yang telah dilakukan. Anda memang bisa melihat catatan transaksi kartu kredit dilembar tagihan. Tapi karena catatan ini hanya akan muncul satu bulan sekali ketika proses pembayaran maka Anda sebagai pemilik kartu kredit harus berinisiatif sendiri mencatat transaksi. Ketika Anda mencatat transaksi kartu kredit maka Anda bisa memantau batas wajar penggunaan kartu kredit. Tidak hanya itu, dari metode ini, Anda juga bisa melakukan antisipasi bila transaksi melebihi batas wajar. Dan saat Anda sadah bisa berbelanja atau bertransaksi dengan batas wajar penggunaan, maka Anda pun akan bisa terhindar dari lilitan hutang kartu kredit.

  1. Antisipasi Bunga Kreditnya

Selanjutnya, cara dan tips menghindari lilitan hutang kartu kredit adalah dengan selalu mengawasi bunga kreditnya. Dalam penggunaan kartu kredit ini memang ada ketentuan bunga yang harus Anda bayarkan. Dari sinilah maka transaksi yang telah Anda lakukan dengan kartu kredit akan ada biaya lebih yang harus dibayar. Nah bila seseorang tidak memahami adanya bunga ini maka mereka akan dipusingkan saat membayar tagihan. Dan bahkan tidak mungkin mereka juga bisa terlilit hutang kartu kredit karena tidak bisa membayar tagihan dalam jumlah besar tersebut. Dari sinilah Anda harus benar-benar mengetahui dan memahami bunga yang ditetapkan untuk kartu kredit agar Anda sudah bisa mengantisipasi saat pembayaran dan akhirnya terhindar dari lilitan hutang.

  1. Bayarlah Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu dan Juga Sesuai Jumlah Tagihan

Terakhir, tips menghindari lilitan hutang kartu kredit adalah dengan membayar tagihan tepat waktu dan sesuai jumlah tagihan. Keterlambatan dalam pembayaran tagihan kartu kredit ini memang memiliki konsekuensi yang memberatkan Anda. Ini karena jika Anda terlambat membayar tagihan kartu kredit maka akan ada bunga keterlambatan yang harus dibayar. Bunga keterlambatan ini sendiri terbilang tinggi dan pastikan akan semakin memberatkan Anda. Selain membayar tepat waktu, Anda juga perlu membayar tagihan kartu kredit ini sesuai jumlahnya. Tapi bila Anda membayar tidak sesuai jumlah tagihan atau kurang, maka Anda akan terkena bunga kredit terhadap sisa tagihan. Dari sini bila dibiarkan maka lama-kelamaan Anda bisa saja terlilit hutang kartu kredit.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top