StartUp dan UKM

Tips Jitu Bagi Ibu Rumah Tangga Jalankan Bisnis dan Mengurus Keluarga, Coba Saja!

pebisnis-ibu-rumah-tangga

Bagi ibu rumah tangga, menjalankan bisnis merupakan salah satu kegiatan yang cukup berat dilakukan. Hal ini dikarenakan ketika ibu rumah tanga memutuskan untuk menjalankan bisnis maka mereka pun seketika akan memiliki dua tanggung jawab sekaligus. Dua tanggung jawab yang harus dipikul ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis adalah tanggung jawab pada perkembangan usaha da juga pada keluarga. Di tangan ibu rumah tangga, urusan keluarga memang menjadi tanggung jawabnya. Dengan adanya dua tanggung jawab ini maka kegiatan bisnis yang dijalankan ibu rumah tangga terbilang berat. Tapi meski berat, bukan berarti tidak ada jalan untuk ibu rumah tangga  menjalankan bisnis. Sebab berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjadi ibu rumah tangga yang sukses berbisnis dan mengurus keluarga.

  1. Minta Izin Suami untuk Berbisnis

Pertama, tips bagi ibu rumah tangga yang akan menjalankan bisnis adalah dengan meminta izin pada suami. Sebagai istri yang baik, Anda memang membutuhkan izin dan ridho dari suami. Sebab segala apa yang Anda akan lakukan bila mendapat izin dan ridho dari suami maka akan muncul keberkahan dan kebaikan di dalamnya. Dan bukan tidak mungkin juga dari izin dan ridho suami, Anda juga bisa berhasil dan sukses menjalankan bisnis. Sebab, ketika meminta izin dan suami tahu bahwa Anda akan berbisnis, suami bisa jadi ikut membantu perkembangan usaha yang Anda jalankan. Jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika berniat akan menjalankan bisnis adalah meminta izin suami.

  1. Pilih Bisnis yang Fleksibel

Agar Anda tak kerepotan menjalankan dua tugas dan tanggung jawab, maka cobalah memilih bisnis yang fleksibel untuk dijalankan. Bisnis yang fleksibel sendiri adalah bisnis yang bisa Anda jalankan dengan leluasa tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Dalam istilah zaman sekarang bisnis yang memiliki ciri-ciri yang telah disebutkan disebut freelance. Orang yang menjalankan bisnis freelance sendiri disebut freelancer. Bisnis freelance sendiri saat ini sangat banyak macam dan pilihannya. Hal ini dikarenakan dengan adanya perkembangan teknologi dan internet menjadikan Anda bisa mengerjakan pekerjaan dari jarak jauh. Beberapa pilihan bisnis fleksibel yang dapat Anda pilih yaitu bisnis online, menjadi designer, penerjemah, penulis online dan lain sebagainya.

  1. Cintai Apa yang Anda Lakukan

Untuk menjalankan bisnis dengan maksimal maka Anda memang tidak bisa melupakan apa itu yang namanya passion. Passion sendiri adalah bentuk totalitas dalam melakukan sesuatu yang didasari atas kecintaan pada pekerjaan tersebut. Dengan menjalankan bisnis berdasarkan passion ini maka apa yang Anda harapkan yakni hasil yang optimal akan bisa diraih. Nah untuk bisa menghadirkan passion ini sendiri Anda harus memilih bidang yang yang Anda cintai. Dari bidang bisnis yang Anda sukai dan cintai inilah maka bisa lahir sebuah passion dan kecintaan pada apa yang Anda kerjakan.

  1. Pisahkan Masalah Bisnis dan Rumah Tangga

Selanjutnya, tips bagi ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis adalah memisahkan masalah bisnis dan rumah tangga. Dalam menjalankan dua kegiatan secara sekaligus memang tak pelak kemudian memunculkan masalah di salah satu atau kedua urusan. Tapi sebagai seorang ibu rumah tangga yang sejati, Anda tentu harus bisa mengatasi permasalahan yang muncul. Tapi ketika menyelesaikan sebuah permasalahan, Anda harus bisa memisahkan antara persoalan bisnis dan rumah tangga agar profesionalisme Anda tetap terpancar.

  1. Keluarga Tetap Nomor Satu

Terakhir, tips untuk ibu rumah tangga yang akan menjalankan bisnis adalah dengan menjadikan keluarga sebagai prioritas. Jika disuruh memilih antara bisnis dan keluarga, pastinya Anda akan memilih keluarga kan. Semua pencapaian dan masa depan kehidupan Anda memang bermula dari keluarga. Maka dari itulah menjadikan keluarga nomor satu memang sebuah pilihan yang tak bisa diganggu gugat. Tapi dalam menjalankan bisnis tak jarang urusannya menyita perhatian lebih. Tapi sebagai ibu rumah tangga yang sejati, maka Anda harus bisa memilah-milah mana urusan terpenting yakni urusan keluarga yang perlu didahulukan dibadingkan urusan bisnis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top