Tips

Tips Melatih Keberanian Bagi Anda Salesmen Pemula

Sekilas kita melihat bahwa menjadi salesman adalah pekerjaan yang mudah, namun bagi salesman sendiri tidak semua demikian. Anda tentu sudah paham bagaimana sistem kerja salesman. Salesman adalah profesi yang sangat erat dengan dunia marketing atau penjualan. Tugas seorang sales atau salesmen biasanya adalah menawarkan dan menjual roduk, dengan sistim berkeliling door to door. Tidak hanya menawarkan atau menjual, namun salesmen juga dituntut untuk memiliki kemamuan berbicara dengan baik sehingga mamu memengaruhi si pembeli. Jika produk yang ia tawarkan berhasil terjual dengan presentase yang tinggi, maka salesmen biasanya juga akan mendapat tambahan komisi yang tinggi pula.

Sampai disini anda mungkin masih saja menganggap jika salesmen merupakan pekerjaan yang sangat mudah, namun yang perlu di pahami adalah seorang salesmen harus memiliki mental dan keberanian yang kuat. Kemamuan tersebut harus dimiliki disamping bebera pa kemamuan lainnya. Akan tetai mental dan keberanian adalah kunci utama. Apabila seorang salesmen tidak memiliki keberanian yang kuat, maka akan sangat mustahil ia mampu bertemu dengan banyak customer dan menjual produk.

Berikut ini, ada beberapa tips melatih keberanian bagi anda salesmen pemula

  1. Latihan Berbicara Bersama Salesman Senior

Keberanian yang harus dimiliki seorang salesmen sebenarnya juga mencakup banyak hal, namun yang sering menjadi penghambat adalah keberanian dalam berbicara. Seorang salesmen bagaimanapun harus dituntut berani berbicara dan memengaruhi konsumen untuk mau membeli roduk. Salesman senior biasanya memiliki kemamuan ekstra dalam hal berbicara. Akan tetapi salesmen pemula biasanya juga akan mendaat training berbicara, namun memerdalam kemamuan bersama salesman senior juga tak ada salahnya.

  1. Mintalah Untuk Door To Door Secara Individu

Keberanian sebenarnya dimulai dari masing-masing salesman. Jika salesman berjalan berdua, biasanya salesman yang memiliki keberanian lebih yang akan sering berbicara atau mengambil keputusan. Berbeda hal nya jika masing-masing salesman diminta untuk berjalan sendiri, mau tidak mau ia harus mamu mengatasi ketakutan dan kekakuan lidahnya. Jika anda ditugaskan untuk door to door berdua, mintalah kepada atasan untuk berjalan sendiri. Cara ini biasanya efektif untuk melatih keberanian.

  1. Jangan Mudah Tersinggung Dengan Tanggaan Konsumen

Menawaran roduk door to door bagaimanaun kondisinya, salesman pasti akan bertemu dengan berbagai macam konsumen dengan tanggapan yang berbeda-beda. Ada konsumen yang mau menerima, ada yang menolak dengan cara halus, adapula yang menolak dengan perkataan kasar. Bagimanapun tanggaan yang diberikan konsumen jangan pernah diangap serius dan dimasukkan dalam hati. Jika anda memasukkan kedalam hati, atau dongkol,  biasanya kondisi tersebut akan berpengaruh pada penjualan selanjutnya.

  1. Anggap Konsumen Sebagai Saudara Sendiri

Nah, selanjutnya ketika anda bertemu dengan konsumen, janganlah anggap konsumen sebagai orang asing. Anggaplah konsumen sebagai saudara atau seseorang yang telah kita kenal jauh sebelumnya. Jika anda mampu melakukannya, maka anda akan lebih mudah menawarkan produk, berbicara, serta tidak ada istilah takut.

  1. Berbicaralah Dengan Santai Tidak Perlu Menggunakan Bahasa Formal

Tips terakhir adalah, berbicaralah secara santai dan mudah dimengerti konsumen. Jangan gunakan bahasa formal karena itu akan terkesan kaku. Selain mudah dimengerti, menggunakan bahasa sehari juga akan mendekatkan anda dengan konsumen. Sesekali anda juga boleh mengeluarkan kalimat-kalimat candaan untuk mendekatkan diri terhadap konsumen. Semakin akrab anda dengan konsumen, semakin banyak penawaran yang anda samaikan, biasanya konsumen akan sungkan untuk menolak membeli produk

 Itu tadi, beberaa tips yang bisa anda coba untuk melatih keberanian bagi anda salesman pemula. Ingat keberanian berawal dari masing-masing individu. Jika anda tidak memiliki keinginan untuk merubah keberanian, maka tetap saja anda tidak bisa bertahan lama dengan pekerjaan salesman.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top