Tips

Tips Memulai Bisnis Travel Online

Tips Memulai Bisnis Travel Online – Memiliki hobi memang adalah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi jika hobi itu bisa menjadi sesuatu yang berguna di kehidupan kita. Terutama jika hobi tu bisa menghasilkan pundi-pundi uang untuk kelangsungan hidup. Tentu menguntungkan bukan? Salah satu hobi yang dimiliki oleh banyak orang, tak lain adalah traveling. Hobi bepergian dari satu tempat ke tempat lain memang memakan banyak biaya. Namun, sekarang banyak orang yang hobi traveling bisa sekalian untuk menghasilkan uang dengan cara membuka usaha di bidang traveling tersebut. Dengan begini, uang yang keluar saat hobi traveling bisa dengan mudah kita dapatkan kembali dengan membuka usaha tersebut.

Karena sekarang jamannya sudah serba praktis melalui dunia maya, maka sudah banyak pula berbagai macam peluang usaha yang berbasis online. Salah satunya usaha travel online yang memang sekarang banyak juga ditekuni beberapa orang. Dan memang usaha tersebut banyak yang berkembang pesat. Namun ada kalanya ketika keberuntungan kurang berpihak kepada kita. Oleh karena itu, kita perlu tahu bagaimana tips dan trik yang pas untuk mencegah kemungkinan terburuk terjadi. Sehingga usaha kita bisa sukses besar dan bukannya gulung tikar.

  1. Membangun jiwa traveler di dalam diri

Membuka usaha yang sesuai dengan hobi memang mendatangkan kesenangan sendiri. Selain karena kita sudah mengetahui seluk-beluk dunia traveling, saat kita menggeluti dunia usaha itu pun akan terasa senang karena kita menyukainya. Biasanya kesenangan itu akan memberikan energi tersendiri bagi si pengusaha agar tidak mudah bosan. Namun bagi kita yang mungkin kurang suka dunia traveling tetapi ingin membuka usaha di dunia traveling maka mau tidak mau kita harus menumbuhkan jiwa seorang traveler di dalam diri kita. Tidak perlu terlalu memaksa diri untuk mencintainya, karena jika kita sudah memiliki niat besar untuk membuka usaha di bidang itu dan menggelutinya, cinta akan tumbuh dengan sendirinya. Seperti pepatah Jawa yang mengatakan “witing tresna jalaran soko kulino”.

  1. “Persenjataan” lengkap berupa software dan hardware dan basis rumahan

Usaha ini akan lebih mudah jika dapat dilakukan di dalam rumah. Langkah selanjutnya kemudian adalah menyiapkan peralatan yang akan mendukung pekerjaan kita berupa alat-alat software dan hardware yang mumpuni karena jika tidak, alat-alat tersebut akan cepat rusak. Alasan lainnya mengapa kita harus memiliki peralatan baik software dan hardware yang baik adalah karena tuntutan dunia kerja yang menginginkan semua serba cepat.

  1. Hardware komputer yang lengkap untuk menunjang kerja
  2. Software komputer berupa aplikasi dan jaringan internet yang mumpuni agar tidak lelet. Selain itu mengapa internet? Karena satu-satunya jalan agar kita bisa terhubung dengan maskapai penerbangan, pemesanan tiket lewat online, dan membantu proses biling transaksi agar lebih mudah. Lalu jaringan telepon dengan sinyal yang kuat untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
  3. Branding bisnis travel yang unik dan menarik

 

Penamaan suatu usaha akan menjadi pintu pertama dalam menarik minat pelanggan. Oleh karena itu kita harus membangun brand yang unik agar masyarakat yang pertama kali mendengarnya, setidaknya memiliki rasa penasaran untuk mengetahui lebih lanjut mengenai brand tersebut. Banyak orang memiliki ide nama yang unik, namun terkadang nama itu terlalu aneh atau terlalu sulit dihafalkan. Maka pilihlah nama yang belum pernah ada dan mudah untuk dihafalkan. Hal ini juga akan memudahkan pelanggan mencari alamat dan contact person dari bisnis travel kita.

  1. Promosi besar-besaran

Jika menurut pada BCG Matrix atau suatu diagram yang menunjukkan bagaimana aliran suatu unit bisnis berjalan, saat kita baru memulai suatu usaha, maka kita akan berada pada tahap “question mark” artinya kita belum memiliki apa-apa selain produk yang akan kita jual. Maka untuk menarik minat pelanggan kita harus memperbanyak promosi dan diskon agar orang yang belum tahu tentang usaha kita, tertarik untuk mencoba.

  1. Bangun hubungan baik dan perluas usaha

Setelah banyak orang yang sudah mencoba memakai usaha travel kita, sebaiknya kita menjaga kepercayaan mereka dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka. Jika mereka sudah nyaman, maka tidak jarang ada yang akan menawarkan kerjasama dengan anda untuk memperluas bisnis. Namun kita harus tetap berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tidak sulit bukan membuka usaha bisnis travel secara online? Meski memang modal yang dibutuhkan tidak sedikit, namun jika kita memiliki niat yang besar, maka pasti akan ada jalan keluar di setiap masalah.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: