Tips

Tips Mengelola Bisnis Wedding Organizer, Agar Bisnis Anda Lancar dan Mencapai Kesuksesan

Wedding Organizer (WO) adalah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, terutama di Indonesia. Hal ini dikarenakan, pernikahan akan terus berlangsung untuk mereka para pasangan yang merencanakan pernikahan. Apalagi setiap pasangan pasti menginginkan pesta pernikahannya menjadi momen yang paling berkesan dan terindah dalam hidupnya bukan? Nah, disitulah peran WO yang membantu setiap calon pengantinnya dalam merencanakan pesta pernikahan mulai dari make up pengantin, katering, dekorasi, fotografi, vidio dan lain sebagainya. WO juga membantu setiap pasangan untuk mewujudkan pesta pernikahan yang sesuai dengan konsep dan keinginan, mulai dari konsep tradisional hingga konsep internasional pun bisa terwujudkan. Baiknya lagi, WO ini bisa dilakukan dengan fleksibel lho meskipun saat memulainya membutuhkan kerja keras dan waktu untuk mencapai kesuksesan. Jadi, WO bisa dilakukan di rumah dan tentunya bisa mendatangkan omzet yang sangat besar. Bagi Anda yang berniat untuk menjalankan bisnis Wedding Organizer, simaklah 5 tips berikut ini yuk agar bisnis WO Anda berjalan dengan lancar dan sukses.

  1. Menentukan Target Pasar

Dalam bisnis WO, menentukan target pasar yang dijadikan sasaran konsumen sangat penting dilakukan. Pasalnya, menentukan target pasar yang tepat sasaran adalah hal utama yang harus dilakukan baik itu masyarakat kalangan menengah atau kalangan menengah ke atas. Dengan menentukan target pasar, maka akan memudahkan Anda untuk melakukan perencanaan bisnis selanjutnya mulai dari perencanaan keuangan, proses marketing, hingga konsep. Jadi sebelum Anda terjun ke lapangan langsung, alangkah baiknya untuk menentukan target pasar terlebih dahulu.

  1. Membentuk Tim yang Kuat

Pekerjaan menyangkut organizer pasti tidak dikerjakan oleh sendirian, karena tugas-tugasnya harus dilakukan dengan cepat. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya tim yang bisa bekerja sama untuk mencapai kesuksesan di dunia bisnis Wedding Organizer yang sedang dijalankan. Anda tidak perlu mencari banyak orang, cukup rekrut orang yang sesuai dengan kriteria usaha. Seperti di bidang marketing, dekorasi dan keuangan, temukanlah orang-orang yang benar memahami jobdesknya sehingga lebih mudah mengarahkan orang tersebut. Dari sini, bisnis WO pun dapat berjalan dengan lancar dan mudah meraih kesuksesan yang diinginkan.

  1. Bekerjasama dengan Banyak Partner

WO yang baru berdiri, biasanya akan melibatkan banyak pihak dari luar untuk melengkapi kebutuhan seperti busana pengantin, katering, tata rias, dokumentasi vidio dan foto, toko bunga, hiburan, aula resepsi dan lain sebagainya. Nah, untuk mengatur semua ini tentu saja tidak bisa dilakukan sendirian. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama dengan banyak mitra atau partner yang baik. Terlepas dari kebutuhan tersebut, hal ini juga akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis WO termasuk dalam menentukan konsep yang sesuai dengan budget calon pengantin.

  1. Membuat Paketan Konsep yang Menarik

Dalam dunia bisnis, persaingan memang tidak ada habisnya. Karena, setiap bisnis memiliki kompetitor yang bersaing ketat guna mendapatkan pelanggan yang sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah menyuguhkan penawaran paketan konsep yang unik dan menarik, hal ini pun menjadi faktor dan daya tarik yang menentukan berhasil tidaknya WO dalam menarik perhatian para calon konsumen. Untuk membuat paketan konsep yang menarik, Anda harus mengikuti tren pasar terkini baik itu tradisional maupun modern. Lalu, jadikan sebagai bahan untuk berinovasi dengan kombinasi sehingga lebih menarik. Contohnya adat tradisional dengan menyuguhkan konsep mewah, mulai dari dekorasi hingga menu makanan yang bervariasi antara modern dan tradisional. Namun, pastikan paket konsep yang ditawarkan memiliki harga yang pas dan sesuai dengan target pasar Anda. Jadi, para calon konsumen pun akan lebih tertarik untuk menggunakan jasa WO Anda.

  1. Mempromosikan Secara Online dan Offline

Berbicara soal bisnis, setiap pebisnis pasti ingin bisnisnya dikenal oleh banyak orang agar mendapatkan banyak pelanggan. Nah, agar dapat diwujudkan Anda harus mempromosikan WO kepada orang lain, baik secara online maupun offline. Jika promosi secara online, Anda bisa memanfaatkan akun facebook, youtube atau instagram dengan cara mempostingkan jasa WO Anda di internet. Sedangkan promosi secara offline bisa menggunakan brosur atau pamplet dan memanfaatkan event tertentu guna untuk membuka stand, sehingga bisa mempromosikan WO milik Anda. Agar kedua cara promosi terlihat lebih menarik lagi, maka buatlah desain semenarik mungkin pada brosur atau pamplet serta postingan yang disertai beberapa foto dari contoh pernikahan. Dengan begini, promosi Anda pasti akan terlihat lebih menarik dan bisa menarik banyak konsumen.

Setelah Anda dapat melakukan tips di atas, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memberikan pelayanan terbaik. Layani konsumen dengan sebaik mungkin, jangan sampai pelanggan menjauh karena ketidakpuasan pelayanan WO milik Anda. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top