Tips

Tips Mengelola Keuangan untuk Pekerja Freelance yang Ingin Cepat Kaya

Freelance memang memiliki waktu kerja yang fleksibel, artinya mau bekerja kapanpun dan dimanapun bebas yang penting pekerjaan beres. Selain itu, pekerja freelance juga berpotensi mendatangkan penghasilan yang sangat besar lho dibandingkan pekerja full time. Itulah sebabnya, banyak orang yang sengaja bekerja sebagai freelance untuk menambah penghasilannya atau bahkan menjadi pekerjaan utamanya. Untuk menjadi sukses, pekerja freelance harus mengatur keuangannya dengan sebaik mungkin. Karena percuma saja jika pemasukan Anda selangit, namun tidak bisa mengelolanya. Khusus bagi pekerja freelance, sebaiknya harus lebih cermat dan bijak dalam mengelola keuangan. Untuk itu, yuk simak tips mengelola keuangan biar cepat kaya berikut ini.

  1. Memasang Target Pemasukan

Namanya juga freelance, pasti memiliki waktu kerja yang fleksibel. Ditambah lagi, pemasukan per bulannya yang bisa sedikit atau bahkan besar tergantung giat tidaknya bekerja. Oleh karena itu, sebagai freelancer Anda harus bisa memasang target minimal pemasukan yang didapatkan. Misalnya,  dalam sebulan Anda menargetkan pemasukan minimal Rp. 5 juta. Jika menjelang bulan target belum terpenuhi, maka segera cari pekerjaan atau job lagi. Ingat, target ini harus Anda penuhi jangan sampai hanya dijadikan sebagai formalitas saja.

  1. Mengatur Anggaran Pengeluaran

Cara yang satu ini masih berhubungan dengan poin pertama, yaitu memasang target pemasukan. Karena penghasilan seorang freelance tidak menentu, maka anggaran pengeluaran harus dijaga sebaik-baiknya. Oleh karena itu, aturlah pengeluaran untuk hal-hal yang bersifat kebutuhan yang memang sangat diperlukan. Jangan sampai Anda gelap mata untuk membeli barang yang sekiranya tidak penting. Hal ini hanya akan membuat Anda menjadi boros, alhasil keuangan pun tidak terkelola dengan baik. Apabila ada tagihan kartu kredit, sebaiknya lunasi terlebih dahulu sebelum utang semakin menumpuk. Dengan demikian, pengeluaran benar-benar terkelola dan Anda bisa mempunyai uang lebih untuk ditabungkan.

  1. Memperbesar Jaringan atau Koneksi

Selain memasang target pemasukan dan mengatur anggaran pengeluaran, selanjutnya perbesar jaringan pekerjaan Anda. Jika Anda mempunyai media sosial seperti Facebook atau Instagram, maka manfaatkan kedua media tersebut untuk memperluas jaringan. Dengan adanya media sosial, kesempatan mendapatkan job pun akan semakin terbuka lebar bukan? Selain itu, buatlah juga akun di layanan yang lebih besar dan profesional seperti LinkedIn. Jika sudah membuatnya, maka cobalah untuk lebih aktif dalam jaringan tersebut agar dikenal banyak orang. Namun, hal itu juga harus dibarengi dengan hasil kerja yang mumpuni. Dari sini, peluang Anda untuk memperbesar jaringan pun akan semakin besar. Dengan mempunyai jaringan yang besar, sip-siap penghasilan bertambah dan Anda pun akan jadi orang kaya.

  1. Mengalokasikan Dana Darurat

Sebaiknya, alokasikan juga dana darurat. Hal ini sangat penting, karena jika suatu saat Anda sedang memerlukan dana maka tidak akan kelimpungan. Contohnya, tiba–tiba keluarga Anda terkena musibah dan membutuhkan dana untuk biaya perawatan. Apabila ada dana darurat ini, maka Anda pun akan lebih mudah mendapatkan uang tanpa harus mengutang kepada orang lain. Selain mengalokasikan dana darurat, sebaiknya buatlah juga asuransi. Karena asuransi ini bisa membantu Anda, termasuk di saat Anda sedang terdesak masalah keuangan.

  1. Berinvestasi

Agar keuangan Anda lebih terkelola dengan baik, maka cobalah berinvestasi. Selain menyimpan dana, Anda pun akan mendapatkan keuntungan dari investasi ini. Sebab dengan berinvestasi, uang Anda justru akan semakin bertambah lho. Salah satu investasi yang bisa Anda pilih adalah reksadana. Investasi ini terbilang aman dengan hasil yang menjanjikan untuk pemula. Namun, Anda harus rajin-rajin mengecek hasil investasinya agar terkelola dengan baik. Alih-alih Anda sibuk bekerja, tetapi investasi Anda malah teranggurkan begitu saja. Bukannya jadi untung, tapi malah jadi buntung.

Demikian tips mengelola keuangan untuk pekerja freelance yang ingin cepat kaya. Untuk menjadi kaya, tentu saja dibutuhkan usaha dan kerja keras. Maka dari itu, berjuanglah dengan sekuat tenaga serta jangan pernah putus asa. Karena, kesuksesan itu bergantung kepada bagaimana seseorang mencarinya. Teruslah mencoba, tidak ada proses yang menghianati hasil. Jadi, bekerjalah dengan sekuat tenaga sampai Anda mampu mencapai kesuksesan yang di cari. Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top