Tips

Tips Mengubah Sikap Keras Kepala Sikecil Sejak Dini

Sejak dini buah hati tentu perlu dididik dengan kebijaksanaan agar ia menjadi pribadi yang mulia dan berbudi luhur ketika dewasa. Mendidik anak memang bukanlah pekerjaan yang mudah dan butuh perjuangan. Apalagi jika sikecil memiliki sikap keras kepala yang membuatnya sulit diatur. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengubah sikap keras kepala yang dimiliki anak anda. Akan lebih mudah merubah sikapnya sedini mungkin khususnya ketika masih anak-anak ketimbang merubah sikap saat beranjak dewasa. Yuk ikuti beberapa tips berikut ini agar anak anda tidak menjadi pribadi yang begitu kaku dan keras kepala dikemudian hari :

Beri Penguasaan Penuh

Anak yang memiliki sikap keras kepala terbiasa lebih aktif dan kurang sabaran. Ia cenderung mudah marah dan sulit sekali menurut perkataan anda. Inilah saatnya memperbaiki sikap buah hati dengan memberikan penguasaan penuh. Memberikan penguasaan penuh ialah memberikan ia pilihan untuk memilih. Biarkan ia merasakan imbas dari setiap pilihan yang ia ambil. Dengan begitu ia akan memahami kenapa anda melarang ia untuk melakukan hal-hal tertentu. Berikanlah kekebasan tapi dalam batas yang wajar.

Dengarkan Ia

Dengarkanlah kemauan anak anda agar anda sendiri juga memahami kenapa ia keukeuh dengan kemauannya. Berikanlah penjelasan untuk setiap larangan yang anda berikan kepada anak. Paparkan dampaknya sehingga ia memahami kenapa ia dilarang untuk melakukan hal tersebut. Sebagai contoh anda melarang sikecil untuk menonon TV lebih dari 5 jam. Anda perlu memberikan penjelasan bahwa terlalu lama menonton TV juga bisa merusak mata dan waktu sikecil juga terbuang sia-sia karena masih banyak kegiatan yang bisa dilakukannya jika mengurangi waktu jam nonton TV nya.

Jangan Memaksakan Keinginan Anda Pada Anak

Jangan memaksakan kehendak anda pada anak. Setiap anak memiliki kehidupannya masing-masing. Belum tentu keinginan anda sejalan dengan yang anak anda inginkan. Bebaskan ia menentukan hidupnya sendiri karena ia adalah tokoh utama dalam hidupnya bukan anda. Ia akan belajar tanggung jawab untuk setiap pilihan yang ia ambil dan mandiri.

Kuncinya Kesabaran

Usahakan jangan sampai membentak keras sikecil karena hal tersebut memberikan contoh marah yang buruk. Kuncinya ialah kesabaran untuk menasehatinya. Berbicara dengan nada yang rendah walau sulit untuk dilakukan. Berkatalah dengan tegas tanpa menggunakan suara yang keras. Jangan membalas teriakan dengan teriakan karena tidak akan ada ujungnya.

Berikanlah Contoh

Jangan mengguruinya malah buatlah diri anda sebagai contoh yang bisa ditiru oleh anak anda. Hindari membandingkannya dengan orang lain karena mampu membuatnya rendah diri dan merasa usahanya tidak dihargai. Pahami pola pikirnya dan ciptakan lingkungan yang menyenangkan sehingga ia nyaman dan berpikir positif.

Negosiasi Dan Lakukan Hal Bersama

Selanjutnya ialah utamakan negosiasi saat menemui masalah atau saat ia rewel. Cari jalan tengah yang bisa diterima sikecil dan anda. Selain itu anda juga bisa melakukan beberapa hal bersama-sama agar timbul keakraban diantara orang tua dan anak. Dengan begitu anak akan lebih terbuka dengan anda dan merasa nyaman didekat orang tuanya.

Tidak ada yang mudah dalam mendidik anak. Cerminan anak anda saat ini merupakan cerminan diri anda saat mendidiknya. Berikanlah pujian walau ia mengalai kegagalan sebagai tanda penghargaan atas usahanya. Ayo segera rubah sikap keras kepala anak anda kini sebelum sikap tersebut sulit dihilangkan saat ia sudah dewasa.        

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top