Keuangan

Tips Mudah Pulihkan Keuangan Usai Liburan, Coba Yuk!

pulihkan-uang-usai-liburan

Saat liburan, pasti Anda banyak mengeluarkan uang bahkan menguras isi dompet. Apalagi, selama liburan pasti akan ada pengeluaran lebih atau yang tidak terduga di luar yang sudah direncanakan. Terkadang, hal tersebut tidak Anda sadari asalkan kebutuhan Anda selama liburan terpenuhi. Alhasil, keuangan Anda pun berkurang dan tidak terkontrol. Memulihkan keuangan usai liburan, memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab, Anda harus berusaha mengumpulkan pundi-pundi uang lagi agar keuangan kembali pulih seperti semula. Namun jangan khawatir, untuk memulihkan keuangan Anda kembali. Yuk, simak saja tips mudah pulihkan keuangan usai liburan berikut ini.

  1. Mengecek Pengeluaran Selama Liburan

Tips pertama, pulihkan keuangan usai liburan yang harus Anda lakukan adalah mengecek pengeluaran selama liburan. Usai liburan, badan dan fikiran memang terasa lebih fresh. Namun, Anda harus ingat dan segera kembali ke dunia nyatauntuk mencatat semua pengeluaran yang Anda keluarkan selama liburan. Hal ini penting dilakukan, agar Anda tahu berapa jumlah uang yang telah dikeluarkan saat liburan. Dari sini, Anda bisa memulihkan keuangan dengan mengumpulkan pundi-pundi uang agar terkontrol kembali.

  1. Simpanlah Dana Secara Terpisah

Tips selanjutnya, untuk pulihkan keuangan Anda usai liburan yaitu menyimpan dana secara terpisah. Setelah Anda mengetahui berapa jumlah total pengeluaran, cobalah untuk mulai mengembalikan uang tersebut. Jangan lupa membuat target, kira-kira berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengembalikan uang yang dipakai saat liburan. Namun, agar tidak membuat Anda bingung dan tidak membuat dana sehari-hari terpakai maka lebih baik simpan dana tersebut ditempat terpisah. Contohnya membuat tabungan khusus, jadi uang Anda tidak akan tercampur dengan kebutuhan sehari-hari. Dengan cara menyimpan dana secara terpisah , Anda akan lebih bisa mengontrol jumlah uang yang sudah terkumpul.

  1. Membatasi Penggunaan Kartu Kredit

Tips berikutnya untuk pulihkan keuangan usai liburan, Anda harus membatasi penggunaan kartu kredit. Untuk menghindari penumpukan utang dan terbebas dari gaya hidup yang konsumtif, sebaiknya tahan diri terlebih dahulu dari penggunaan kartu kredit. Jangan hanya karena terbawa nafsu melihat diskon di mall, tanpa pikir panjang Anda pun membelinya. Padahal, sebenarnya barang yang Anda beli tersebut tidak terlalu diperlukan. Bukan seperti itu cara penggunaan kartu kredit yang baik, gunakanlah kartu kredit dengan bijak agar keuangan Anda kembali stabil usai berlibur.

  1. Mengatur Prioritas Pengeluaran

Jika selama ini Anda sering nongkrong dan berhura-hura, mungkinini waktu yang tepat untuk membatasinya. Contohnya Anda suka ngopi di cafe dua minggu sekali, buatlah janji dan menyiasatinya dengan makan terlebih dahulu di rumah sebelum nongkrong. Jadi, ketika di cafe Anda bisa pesan minumnya saja. Hal ini penting Anda lakukan, guna untuk menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting. Jika Anda mau mengembalikan pengeluaran usai liburan, maka kurangilah aktivitas hura-hura.

  1. Mencari Uang Tambahan

Terakhir, tips pulihkan keuangan usai liburan yang harus Anda lakukan yaitu mencari uang tambahan. Setelah berlibur, keuangan pasti berkurang dan menyebabkan penurunan. Jika selama ini Anda bekerja tetapi memiliki gaji yang pas-pasan dan hendak ingin mengembalikan keuangan agar pulih kembali, maka solusi yang paling tepat adalah mencari uang tambahan. Dengan uang tambahan,ini akan sangat membantu Anda untuk memisahkan mana uang yang harus dikeluarkan untuk sehari-hari dan mana yang harus dikumpulkan guna mengembalikan keuangan usai liburan tersebut. Karena seiring berjalannya waktu, Anda pasti akan membutuhkan uang yang lebih untuk digunakan kebutuhan sehari-hari dan keperluan yang mendadak. Dengan demikian, Anda tidak akan kewalahan karena sudah memiliki tambahan uang. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan, seperti menulis atau freelancer. Jika Anda suka dan hobi ber-makeup, maka Anda bisa mengandalkan hobi tersebut sebagai makeup artis. Dari sini, waktu Anda tidak mubadzir bahkan bisa meraup pundi-pundi uang.

Nah, itu dia tips pulihkan keuangan usai liburan yang bisa Anda praktikan di kehidupan sehari-hari. Tips-tips di atas memang terlihat simple dan mudah, namun yang paling susah dilakukan adalah kedisiplinan untuk tetap konsisten saat melakukannya. Demikian artikel mengenai tips keuangan, semoga bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top